Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 20 Jul 2022 23:15 WIB

TRAVEL-TIPS

Telinga Tiba-tiba 'Budek' Saat Naik Pesawat? Ini Cara Mengatasinya

bonauli
detikTravel
Telinga berdengung saat naik pesawat
Telinga berdengung saat naik pesawat (Getty Images/iStockphoto/Atstock Productions)
Jakarta -

Saat pesawat lepas landas, telinga penumpang pesawat umumnya berdengung sampai budek. Tapi ini hal yang wajar dan harus terjadi.

Telinga yang tiba-tiba budek sementara adalah respon dari tubuh saat terjadi perbedaan ketinggian. Tekanan udara di saluran telinga akan berubah saat pesawat naik dan turun.

Seorang Co-pilot Boeing 737 yang berbasis di AS, Morgan, memberi penjelasan mengapa hal tersebut terjadi ketika naik pesawat.

"Telinga yang terasa penuh adalah cara tubuh Anda menghilangkan tekanan apa pun yang menumpuk, sehingga gendang telinga Anda tidak pecah," ucapnya dilansir dari Australia News.

Kadang tekanan itu terasa sakit dan agak sulit hilang. Jadi Morgan memberikan tips agar penumpang bisa mengatasinya.

"Menguap, berbicara, makan, mengunyah permen karet, menelan, benar-benar apa pun yang akan menggerakkan rahang Anda akan membantu mengaktifkan tabung Eustachius dan membuka telinga Anda," katanya.

Jika masih tidak berhasil, Morgan menyarankan penumpang untuk melakukan manuver Valsava. Penumpang bisa menutup hidung dengan dua jari dan mendorong napas lewat hidung.

Tapi gerakan ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Karena kalau terlalu kencang meniup napas, gendang telinga bisa pecah.

Kalau masih sulit juga, cobalah untuk menggunakan semprotan hidung Afrin. Semprotan ini bisa ditemukan dalam berbagai macam merk.

"Cairan itu akan membantu membuka sinus Anda dan membuatnya sedikit lebih mudah bagi Anda untuk membuka telinga."



Simak Video "Penumpang Pesawat Domestik Enggak Perlu Tes Antigen-PCR, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA