Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 23 Feb 2023 19:11 WIB

TRAVEL-TIPS

Simak Tips Liburan ke Singapura agar Berkesan untuk Anak

Angga Laraspati
detikTravel
Liburan Keluarga di Singapura
Foto: Singapore Tourism Board
Jakarta -

Membawa anak berlibur bukan perkara yang mudah bagi orang tua. Sebab selama di perjalanan bukan tidak mungkin terjadi drama anak rewel yang membuat Anda jadi kerepotan.

Namun, hal tersebut jangan menjadi hambatan untuk mengajak anak untuk berlibur, ya. Karena, traveling bersama sebetulnya dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak, sekaligus mengajarkan anak banyak hal.

Nah, bagi yang sudah punya rencana liburan bareng, Anda bisa memilih destinasi yang tidak hanya dekat, tapi juga memiliki banyak tempat wisata yang ramah anak. Singapura contohnya.

Agar agenda liburan tetap nyaman dan seru, simak dulu sederet tips dan trik membawa anak berlibur ke Singapura seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini:

1. Pilih Hotel yang Family and Kids Friendly

Selain transportasi, aspek penting yang perlu diperhatikan saat pergi berlibur yaitu soal akomodasi. Sebaiknya pilih hotel yang terletak di lokasi strategis serta memiliki fasilitas yang menunjang kebutuhan anak.

Adapun salah satu rekomendasi hotel di Singapura yaitu Resorts World™ Sentosa's Festive Hotel™. Hotel ini memiliki desain dan dekorasi yang lucu, dengan berhiaskan warna-warna cerah. Di sini tersedia opsi kamar tipe Deluxe Family King rooms yang bisa Anda pilih. Kamar ini dilengkapi kasur bermodel ala rumah pohon untuk anak-anak, serta fasilitas Kids Club.

Selain itu, Anda dan keluarga bisa memilih Shangri-La's Rasa Sentosa Resort & Spa. Resor ini dilengkapi fasilitas mini water theme park dan Toots Club yang merupakan program bermain bagi anak usia 5-12 tahun. Keunggulan lainnya, lokasi hotel ini dekat dengan Siloso Beach.

Alternatif lainnya yaitu The St. Regis Singapore. Hotel ini cocok bagi Anda yang bepergian dengan bayi dan balita, karena tersedia berbagai macam keperluan seperti pemanas dan sterilizer untuk botol susu bayi. Jadi nggak perlu repot bawa banyak barang ketika berlibur di Singapura.

2. Mengunjungi Restoran yang Ramah Anak

Jurassic ParkJurassic Park (Foto: Instagram.com/@jurassicnestsg)


Liburan seru ke Singapura, tentu tidak boleh melewatkan kegiatan kulineran. Anda bisa mengajak anak untuk mencicipi aneka hidangan lezat khas Negeri Singa. Apalagi di Singapura ada banyak restoran ramah anak, dengan fasilitas yang beragam dan sajian kuliner yang pasti disukai anak.

Salah satunya yaitu Cafe Melba at Goodman Arts Centre. Resto yang berlokasi di 90 Goodman Road Block N #01-56, Goodman Arts Centre, Singapura ini terkenal akan menu sandwich dan breakfast meal yang nikmat. Sambil menunggu orang tua menyantap makanan, anak bisa bergabung di Kids Club untuk mendapatkan mystery gifts. Ataupun ikut seru-seruan main di Bouncy Castle yang buka setiap pukul 3 sore hingga 8 malam pada weekday, dan 9 pagi hingga 8 malam di akhir pekan.

Ingin pengalaman kuliner yang berbeda? Jurassic Nest di Gardens by The Bay tempatnya. Food court tematik ini merupakan satu-satunya di Singapura yang mengusung konsep unik dinosaurus. Saat masuk ke dalam, Anda serasa bersantap langsung di Jurassic Park, lho.

Nggak cuma interiornya saja yang menarik, tapi pilihan makanan yang tersedia juga dijamin lezat. Apalagi pusat kuliner ini memiliki 4 restoran dengan rating Michelin, di antaranya resto Bismillah Biryani yang halal hingga Tsuta yang menyajikan kuliner Jepang.

3. Bermain Sambil Belajar di Wisata Edukasi

Jangan cuma sekadar jalan-jalan. Liburan ke Singapura juga bisa Anda manfaatkan sebagai sarana untuk memperkaya wawasan ilmu pengetahuan anak. Ajak anak untuk berkeliling ke wisata edukasi menarik yang ada di Singapura, seperti Singapore Zoo untuk belajar berbagai macam kehidupan alam liar dari berbagai pelosok bumi. Mulai dari padang rumput Afrika tempat hidupnya singa, zebra, dan badak hingga gurun Australia yang dihuni kawanan kanguru.

Atau Anda juga bisa mencoba The Pink Tour. Educational tour ini akan membawa anak untuk menjajal pengalaman menjadi penjaga kebun binatang dalam sehari, serta belajar menjadi dokter hewan yang merawat satwa-satwa di kebun binatang. Seru banget, bukan?

Nah rekomendasi wisata edukasi lainnya yaitu Singapore Botanic Gardens dan the Jacob Ballas Children's Garden. Di sini, anak dapat menjajal permainan 'treasure hunt' serta workshop untuk belajar macam-macam tanaman yang ada di sana.

Alamat:

Singapore Zoo: 80 Mandai Lake Rd, Singapura
Singapore Botanic Gardens: 1 Cluny Rd, Singapura
Jacob Ballas Children's Garden: 481 Bukit Timah Rd, Singapura

4. Belanja di Mal dengan Tenang

byKidoFoto: byKido

Singapura dikenal sebagai surga belanja favorit banyak orang. Karena itu, jika sedang liburan ke Singapura, belum afdol kalau melewatkan kegiatan berbelanja. Namun yang menjadi tantangannya, anak sering rewel dan merengek ketika sedang belanja.

Sebagai alternatifnya, Anda bisa memilih pusat perbelanjaan yang ramah anak. Singapura memiliki banyak mal yang sudah dilengkapi fasilitas lengkap, sehingga memudahkan keluarga yang bepergian sambil membawa anak-anak. Sebut saja fasilitas ruang ganti popok hingga kiddy cabs dan peminjaman stroller.

Adapun salah satu opsinya yaitu City Square Mall. Mal ini memiliki fasilitas eco-playground dan play fountain untuk anak-anak bermain. Lalu ada pula Westgate Wonderland yang merupakan pusat perbelanjaan dengan fasilitas rooftop playground terbesar. Mal ini juga memiliki shower room khusus anak, serta ruang menyusui yang berada di basement 1 dan lantai 4.

Alamat:

City Square Mall: 180 Kitchener Rd, Singapura
Westgate Wonderland: 3 Gateway Dr, Level 4 Westgate, Singapore

Itulah tadi 4 hal yang perlu diperhatikan ketika hendak mengajak anak berlibur ke Singapura. Tunggu apalagi, yuk segera atur jadwal liburan seru dan tak terlupakan bersama keluarga di Singapura!

Anda dapat manfaatkan penawaran spesial dari agen travel pilihan, seperti paket kolaborasi menarik dari Travel Partner Antavaya dengan Singapore Tourism Board. Ayo Hidupkan Kembali Impian Berlibur ke #VisitSingapore SingapoReimagine.

Singapore Tourism BoardFoto: dok. Singapore Tourism Board



Simak Video "Inilah List Event Menarik di Singapura Untuk Kalian!"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA