detiktravel

Pantai Goa Cina, Keindahan Kota Malang yang Tersembunyi

Mohammad Haris Suhud - d'Traveler - Senin, 16/04/2012 11:52:00 WIB
detikTravel Community -  

Pantai Goa Cina merupakan salah satu keindahan yang tersembunyi dari Malang. Kealamian alam pantai yang berada di Malang ini mirip dengan pantai Pulau Komodo. Bedanya, jalan menuju pantai ini masih sangat sulit.

Pantai Goa Cina merupakan salah satu pantai di Malang yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya itu, pantai yang berada di Desa Bantengan, Malang, Jawa Timur ini masih belum mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. Bukti dari kurangnya perhatian pemerintah setempat adalah jalan menuju ke arah pantai sepanjang 1 km dari jalan raya masih berbatu. Bila hujan turun, perjalanan akan menjadi lebih susah dan sangat licin.

Masyarakat sekitar mengatakan pantai ini dinamakan Goa Cina karena dahulu kala ada seorang biksu yang sedang bertapa di dalam gua yang berada di pinggir laut. Namun, ketika seseorang masuk ke dalam gua tersebut hanya tulang belulang sang biksu yang ditemukan. Selain tulang-tulangnya, sang Biksu juga meninggalkan tulisan mandarin di langit-langit gua beserta sebuah mangkuk. Menurut warga, keponakan dari Biksu tersebut masih sering berkunjung ke gua untuk mengirimkan doa.

Inilah yang paling membuat orang penasaran. Konon gua tersebut juga sering dijadikan sebagai tempat mencari nomor keberuntungan untuk togel. Mitosnya, 2 orang yang mencari peruntungan datang membawa batang pohon pepaya ke gua tersebut untuk bermalam. Batang pohon pepaya dipercaya akan membisikan nomor keberuntungan.

Terlepas dari mitosnya, pantai tersebut juga menawarkan keindahan tersendiri daripada pantai lainnya yang ada di Malang. Selain kebersihan pantai yang masih terjaga, di pantai tersebut juga menyediakan area kemping untuk Anda yang suka berkemah.

Untuk menuju pantai tersebut, bisa menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Hari itu, hujan menemani sepanjang perjalanan. Layaknya jalan di daerah perbukitan selain berbatu dan licin, jalanannya juga naik turun. Ketika memasuki kawasan Pantai Goa Cina, gemuruh ombak menyambut kedatangan Anda. Dari jauh, suara ombak itu sudah bisa kami dengarkan dengan jelas.

Pemandangan saat itu sungguh indah mempesona. Kami dapat merasakan keharmonian alam, cahaya bulan jatuh di atas ombak yang bergulung-gulung di tengah laut yang sedang berkejaran. Saling berebut lebih dulu mengencup pantai. Bintang-bintang berkelip di atas, tepat di atas kepala Anda. Seakan-akan bintang itu dapat Anda ambil hanya dengan tangan telanjang.

Keindahan alam yang ada di sekitar Pantai Goa Cini masih sangat perawan. Semoga saja pemerintah daerah setempat memberikan perhatiannya untuk mempromosikan kecantikan yang tersembunyi ini.

Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com