detiktravel

Travel Highlight Jakarta

Hermes & 6 Monumen di Jakarta yang Wisatawan Tidak Ngeh

Afif Farhan - detikTravel - Kamis, 30/08/2012 11:28 WIB
Jakarta - Hermes, menyebut namanya orang pasti teringat merk tas mahal. Padahal Hermes adalah dewa Yunani yang patungnya ada di Jakarta! Masih ada juga 6 monumen keren lainnya yang luput dari perhatian orang-orang. Yuk tengok!

Ada banyak monumen bersejarah saat Anda menjelajahi Jakarta. Selain Tugu Tani, Patung Pancoran, atau Tugu Selamat Datang di Bundaran HI, masih terdapat banyak monumen yang luput dari perhatian traveler. Disusun detikTravel, Kamis (30/8/2012), inilah monumen atau patung di Jakarta yang Anda belum tahu:

1. Patung Hermes di Harmoni

Patung Hermes adalah peninggalan bangsa Belanda saat menjajah Indonesia. Jakarta yang dahulu disebut Batavia, menjadi salah satu titik penting Belanda untuk mempertahankan kekuasannya. Oleh sebab itu, Anda akan menemukan banyak peninggalan bangsa Belanda di ibukota, seperti Patung Hermes di Harmoni.

Memang, patung ini tidak terlihat mencolok. Patung ini persis berada di Jembatan Harmoni dan terbuat dari perunggu seberat 70 kg dibuat sejak abad ke-18. Dalam mitologi Yunani, Hermes dianggap sebagai Dewa Keberuntungan. Tak heran, kolonial Belanda begitu mengagungkan patung ini dan meletakannya di wilayah sentral Batavia pada saat itu. Anda mungkin sering melintasi perempatan Harmoni, tapi lupa memperhatikan patung ini.

2. Patung Peringatan Raden Ajeng Kartini di Monas

Saat berkunjung ke Monas, jangan lupa berfoto bersama Patung Peringatan Raden Ajeng Kartini atau yang dikenal Patung Kartini. Patung ini berada di dalam wilayah Monas yang berseberangan dengan Stasiun Gambir. Patung Kartini tersebut menggambarkan tiga pose Kartini yang berbeda, yaitu Kartini yang sedang berjalan, menyusui, dan sedang menari.Next


Wow! Ada Kartini di Monas (Afif/detikTravel)
Halaman 123
Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com