DetikTravel









Travel Highlight

8 Water Park Paling Seru di Jabodetabek

Putri Rizqi Hernasari - detikTravel - Kamis, 13/09/2012 08:31 WIB
Jakarta - Water park kini sudah menjamur di berbagai daerah, terutama Jakarta dan sekitarnya. Kehadiran tempat bermain air ini pun menjadi alternatif liburan bagi Anda dan keluarga. Mau tahu dimana saja?

Dikumpulkan detikTravel, Kamis (13/9/2012), berikut adalah 8 water park di Jakarta dan sekitarnya:

1. Snowbay, Jakarta

Snowbay adalah water park yang berada di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah. Water park ini menjadi salah satu tempat bermain air yang ramai dikunjungi warga Jakarta saat akhir pekan atau ketika liburan tiba.

Sesuai namanya, Snowbay menyuguhkan taman bermain air dengan suasana pegunungan salju. Hampir 70% kawasan snowbay diberi ornamen mirip salju.
Masuk ke dalam, pengunjung dihadapkan dengan 4 jenis wahana air seluncur dengan berbagai macam model. Snowbay juga memiliki satu kolam arus dan kolam ombak.

Snowbay dibuka setiap hari, Senin-Minggu mulai pukul 09.00-18.00 WIB. Harga dipatok berbeda sesuai umur dan hari kedatangan. Setiap hari Senin-Jumat, tiket masuk Snowbay adalah Rp 100.000/orang untuk dewasa dan Rp 85.000/orang untuk anak-anak. Sedangan hari Sabtu, Minggu/libur nasional, tiket masuk naik menjadi Rp 120.000/orang untuk dewasa dan Rp 100.000/orang untuk anak-anak.

2. The Jungle Adventure, Bogor

Untuk Anda yang berada di Bogor, tidak perlu jauh-jauh mencari water park yang asyik untuk dikunjungi. Kota Hujan ini punya The Jungle Adventure. Sesuai namanya, The Jungle Adventure mengambil tema hutan.

Liburan ke The Jungle Adventure, Anda bisa menikmati serunya bermain berbagai wahana menarik untuk anak-anak, sebut saja Kiddy Pool. Ini adalah kolam yang berisi beragam permainan air untuk anak-anak. Sebut saja, seluncuran mini dan ember tumpah.

The Jungle Adventure juga punya Fountain Futsal. Ini adalah lapangan futsal yang dibuat seru dengan adanya pancuran air di tengah lapangan. Nah, untuk orang dewasa, Anda bisa menikmati serunya memicu adrenalin di seluncuran spiral.

Masuk ke dalam The Jungle, pengunjung tidak hanya dihadapkan dengan kolam renang dan berbagai seluncuran menarik, tetapi juga sebuah taman burung. Bird Park ini berisi burung-burung eksotis di sangkar-sangkar besar. Anda bisa melihat burung elang, rangkong, merah, beo dan jalak berkepala emas.

Tiket masuk saat hari kerja atau Senin-Jumat adalah Rp 40.000 dan akhir pekan seharga Rp 60.000. Saat musim liburan, harga disamaratakan jadi Rp 75.000 per orang. Sedangkan untuk jam operasional, The Jungle buka dari pukul 09.00-17.30 WIB.

3. Atlantis Water Adventures, Jakarta

Selain pantai, Gelanggang Samudera dan Dufan, Taman Impian Jaya Ancol juga memiliki water park yang sudah ada sejak lama, Atlantis Water Adventures namanya.

"Dulu tempat ini Gelanggang Renang Ancol. Ganti nama jadi Atlantis tahun 2009. Unit rekreasi ketiga yang dikembangkan oleh Ancol," kata staf humas PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Aldhita Prayudi Putra kepada detikTravel, Senin (10/9).

Kini, Atlantis memiliki wahana permainan air yang lebih variatif dibanding dulu. Water park ini memiliki banyak jenis kolam, seperti kolam arus, ombak, kolam yang cocok untuk anak-anak, hingga kolam olympic.

Atlantis Water Adventures juga dilengkapi dengan fasilitas gazebo untuk Anda yang ingin bersantai. Gazebo yang berbentuk seperti pendopo disewakan seharga Rp 250.000. Sedangkan lesehan masing-masing disewakan seharga Rp 200.000.

Mau tahu berapa harga tiketnya? Untuk hari kerja Rp 90.000 per orang dan untuk akhir pekan atau high season Rp 110.000 per orang.

4. Ocean Park Water Adventure, Tangerang

Berada di BSD City, dekat dengan Mal Teras Kota, Tangerang, Ocean Park Water Adventure menjadi solusi untuk Anda, yang ingin merasakan liburan di water park namun jauh dari Jakarta. Ada banyak wahana air yang bisa Anda temukan di sini, sebut saja Splash Town.

Splash Town adalah wahana air yang selalu dipadati anak-anak. Ada banyak seluncuran unik dan sebuah ember raksasa yang siap tumpah. Selain wahana anak-anak, Ocean Park Water Adventure juga menyediakan kolam ombak dan kolam arus.

Di kolam arus, Anda akan merasakan air kolam bergelombang seperti air laut selama 15 menit. Sedangkan di kolam arus, pengunjung diajak mengarungi kolam dengan air yang bergerak seperti aliran sungai.

Tidak ada perbedaan tiket masuk bagi orang dewasa dan anak-anak. Pada hari kerja yaitu Senin-Jumat, harga tiket adalah Rp 40.000 dan pada akhir pekan Rp 70.000. Jam buka pada Senin hingga Jumat adalah pukul 11.00-19.00 WIB, sedangkan akhir pekan dan libur nasional adalah pukul 08.00-19.00 WIB.

5. Depok Fantasy Water Park, Depok

Nah, water park lain yang juga bisa Anda jajal ketika liburan tiba adalah Depok Fantasy Water Park di Depok, Jawa Barat. Water park ini menarik karena dibangun dengan mengambil teman "Cerita 1.001 Malam".

Sama seperti water park lain yang memiliki ciri khas, Depok Fantasy Water Park juga punya ciri, yaitu bentuk bangunan yang mirip istana di padang pasir. Selain itu, ikon Depok Fantasy juga terpampang di bagian depan bangunan, seperti Aladdin dan Putri Jasmine.

"Water park ini yang terbesar di depok sampai saat ini," kata Staf Promosi Depok Fantasy Water Park, Maival kepada detikTravel, Minggu (9/9).

Masuk ke dalam, ada 4 jenis wahana, yaitu Jasmine Pool, kolam olympic, dan Kiddy Pool. Yang terakhir adalah wahana air yang paling difavoritkan anak-anak.

Depok Fantasy Water Park juga menyediakan flying fox setinggi 50 meter untuk segala umur. Tempat bermain air ini biasanya ramai saat pagi dan sore hari, sedangkan siang sepi karena udara yang panas.

Tertarik datang? Pengunjung bisa datang pada hari Senin-Jumat adalah Rp 28.000/orang. Harga akan sedikit melambung pada hari Sabtu yaitu jadi Rp 40.000 per orang. Sedangkan pada hari Minggu dan libur nasional, harga menjadi Rp 50.000 per orang. Jam buka mulai dari pukul 09.00-18.00 WIB.

6. El Dorado Water Park, Cibubur

El Dorado Water Park yang berada di Kompleks Legenda Wisata menyajikan taman hiburan air yang berbeda. Water park ini mengambil tema Suku Aztec yang akan membawa setiap pengujungnya ke dunia bermain paling seru.

El Dorado yang berada di antara perumahan Cluster Napoleon dan Washington ini memiliki banyak wahana menarik dan ramah anak. Sebut saja Kiddy Pool. Kiddy Pool adalah kolam yang sengaja dibuat untuk anak-anak, dengan ketinggian air hingga 60 cm.

Sedangkan yang menjadi wahana unggulan adalah Baby Pool. Sesuai namanya, Baby Pool adalah kolam yang dibuat khusus untuk bayi. Kolam ini memiliki ketinggian air hanya 20 cm, jadi aman untuk bayi.

"Kolam ini beda dengan kolam anak yang kedalamannya 60 cm," tutur Therresia, El Dorado Water Park & Morrocan Sport Club Section Head, saat ditemui detikTravel pada Minggu (9/9) lalu.

Untuk mencicipi semua wahana menarik di El Dorado, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk adalah Rp 25.000/orang saat hari kerja, dan akhir pekan Rp 35.000/orang. Jam operasional pada hari kerja adalah pukul 07.00-18.00 WIB dan akhir pekan pukul 07.00-20.00 WIB.

Saat musim liburan, harga akan sedikit berubah menjadi Rp 40.000 per orang. Khusus Kamis, ada paket murah yaitu Remat (renang hemat) Rp 20.000 per orang.

7. Waterboom Lippo Cikarang, Cikarang

Taman bermain air Waterboom Lippo Cikarang adalah salah satu taman bermain air yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Water park ini mengambil konsep nuansa alam Bali yang eksotis. Berbagai wahana air yang menarik untuk anak-anak dan dewasa tersedia di sini.

Salah satu yang paling difavoritkan adalah seluncuran. Ada dua jenis seluncuran air atau water slide yang tersedia di Waterboom Lippo Cikarang, yaitu slide dewasa dan anak-anak. Meluncurlah dari ketinggian dan hempas air di kolam besar.

Khusus anak-anak, taman bermain air ini menyediakan kolam khusus untuk anak-anak bermain, Kiddy Area namanya. Di sini, buah hati bisa mencoba berbagai wahana khusus untuk anak-anak. Dijamin aman!

Nah, untuk Anda yang tidak ingin berlelah-lelah berenang, dan ingin bersantai bisa mencoba kolam arus. Dengan menggunakan ban, santaikan tubuh Anda di atas ban dan biarkan arus di kolam yang menggerakkan ban.

Harga tiket untuk masuk ke taman bermain air ini berbeda tergantung hari. Setiap Senin hingga Jumat, tiket yang berlaku untuk satu orang adalah Rp 55.000. Sedangkan untuk akhir pekan dan libur nasional, tiket menjadi seharga Rp 75.000. Tidak ada perbedaan harga bagi anak-anak atau orang dewasa. Jam buka selama Senin-Jumat adalah pukul 10.00-17.00 WIB dan akhir pekan pukul 08.00-18.00 WIB.

8. Waterbom Jakarta, PIK, Jakarta

Selain Atlantis, Jakarta masih punya taman bermain air lain yang tak kalah menari, yaitu Waterbom Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Berada di daerah Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Waterbom Jakarta menyajikan sensasi berenang di tengah kawasan hijau. Tidak hanya itu, berbagai wahana air yang menarik juga ada di sini.

Beberapa wahana menarik yang ada di Waterbom PIK adalah Aquatube, Kiddy Slide, dan Twizter. Aquatube adalah wahana yang menggabungkan tiga jenis seluncuran, yaitu seluncuran tertutup, setengah terbuka dan terbuka. Pengunjung akan diajak meluncur dari ketinggian 14,5 meter dan panjang 118 meter.

Nah, untuk anak-anak bisa bermain di wahana khusus yang diberi nama Kiddy Slide. Di area, buah hati bisa meluncur di 3 jenis seluncuran untuk anak usia 5-12 tahun. Tiap seluncuran akan berakhir di kolam dangkal sedalam 70 meter.

Wahana seru lain yang patut dijajal ketika liburan ke Waterbom Jakarta adalah Twizter. Ini adalah wahana yang akan membawa setiap pengunjungnya menukik dan meluncur di dinding wahana yang berbentuk mangkuk. Tak tanggung-tanggung, Twizter akan mengajak pengunjungnya untuk meluncur hingga kecepatan 70 km/jam. Wuss!

Tiket per orang saat hari kerja untuk masuk ke dalam sini seharga Rp 150.000 untuk dewasa, Rp 100.000 untuk anak-anak dan Rp 130.000 untuk pelajar. Sedangkan pada akhir pekan, tiket masuk mengalami kenaikan. Rp 200.000 untuk dewasa, Rp 150.000 untuk anak-anak dan Rp 160.000 untuk pelajar. Jam operasional selama Senin-Jumat adalah pukul 11.00-21.00 WIB dan akhir pekan serta libur nasional adalah 08.00-21.00 WIB.

(sst/fay)
Waterboom Lippo Cikarang, Cikarang (Sastri/ detikTravel)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com