DetikTravel









Aaah... Segarnya Berendam Air Panas di Ciseeng, Bogor

Fitraya Ramadhanny - detikTravel - Senin, 21/01/2013 18:38 WIB
Bogor - Bogor punya beberapa tempat asyik untuk menikmati air panas yang alami. Tirta Sanita Hot Springs & Outbound, di Desa Ciseeng, Parung, bisa menjadi pilihan yang asyik dan tidak jauh dari Jakarta.

Akses menuju Tirta Sanita Hot Springs & Outbound tidak sulit. Dari Jl Raya Parung, berbeloklah di pertigaan Jampang ke arah Ciseeng. Dari Bogor pertigaan ini hanya 200 meter setelah gerbang kompleks Telaga Kahuripan. Sedangkan dari arah Jakarta, pertigaan ini hanya 200 meter juga setelah RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

detikTravel datang sudah sore hari pada hari Minggu beberapa waktu lalu. Destinasi ini, juga dikenal dengan nama Gunung Kapur Ciseeng. Selain kolam pemandian air panas, Tirta Sanita juga dilengkapi dengan outbound, wahana permainan anak, water park mini, tempat makan, dan penginapan.

Tiket masuknya Rp 8.000 untuk dewasa dan Rp 6.000 untuk anak. Bila Anda ingin naik wahana dan berendam air panas, harus membeli tiket lagi mulai Rp 5.000-Rp 50.000.

"Jam buka Tirta Sanita ini pukul 07.00-20.00 WIB," kata Bambang, petugas sekuriti Tirta Sanita kepada detikTravel.

Yang menarik mata adalah bukit kapur di tengah-tengah kawasan wisata ini. Berdiri sendirian dengan bentuk membesar ke arah belakang. Bukit kapur ini adalah sumber mata air air panas Tirta Sanita. Air panas bukit kapur mengandung tiga unsur, yakni garam, belerang, dan kapur. Air panas ini dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan, seperti masalah kulit, pegal-pegal, rematik, dan lain-lain.

"Saya biasa berendam 20 menit. Lumayan, Mas, bisa menghilangkan penyakit kulit dan rematik," kata Dadang, seorang pengunjung dari Jakarta.

Adapun pemandian air panas Tirta Sanita terbagi menjadi kamar air panas dan kolam rendam. Kolam rendam ini tiketnya Rp 5.000 per orang. Karena berada di area terbuka, air di kolam rendam sudah tidak begitu panas dan murni lagi. Akan tetapi, khasiatnya masih tetap terjaga. Selain itu ada water park mini yang airnya tidak panas dengan tiket Rp 20.000 per orang.

Jadi kalau mau yang panas, Anda bisa memilih kamar mandi air panas dengan tarif Rp 10.000 per 15-20 menit. Mukri, yang menjaga kaman mandi air panas ini mengatakan, ada 9 kamar mandi air panas yang digunakan. Kalau musim kemarau, debit airnya lebih tinggi dan airnya lebih panas dari pada musim hujan.

"Nggak boleh dipakai pacaran, aturannya ketat. Suami-istri saja nggak boleh masuk ke kamar mandi bersama-sama, kecuali membawa anak kecil," kata Mukri serius.

Tirta Sanita juga punya penginapan dengan 10 kamar yang disebut Pasanggrahan. Tarifnya permalam Rp 140.000 untuk kamar standar tanpa kamar mandi dan Rp 170.000 untuk kamar ekonomi (kamar mandi dalam). Kamar ini bisa juga disewa untuk 6 jam dengan tarif Rp 110.000 untuk kamar standar dan Rp 130.000 untuk kamar ekonomi.

Ternyata, di belakang parkiran resmi Tirta Sanita, ada lagi pemandian air panas Gunung Hitam namanya. Fasilitas pemandian ini masih sangat alami dan terlihat seadanya. Saat ini pemandian tersebut masih dikelola oleh penduduk setempat dengan tarif Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Walaupun kamar bilasnya tampak seperti jamban kampung, Gunung Hitam punya pemandangan yang dahsyat. Kolam rendamnya menghadap lembah di Parung dengan pemandangan yang hijau asri. Desain kolamnya pun tidak sengaja berbentuk seperti infinity pool dimana air jatuh langsung ke tebing.

Kalau ingin berendam air panas sambil berekreasi, Tirta Sanita bisa menjadi pilihan wisatawan. Tapi, jika naluri petualangan Anda cukup tinggi, naik saja ke puncak Gunung Hitam untuk kolam rendam biasa, namun dengan pemandangan luar biasa.

(fay/ptr)
Kalau ingin berendam air panas, ada kamar-kamar berendam di Tirta Sanita (Fitraya/detikTravel)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com