detiktravel

Travel Highlight Palembang

Nyam! Nikmatnya 6 Wisata Kuliner Khas Palembang

Dicky Ardian - d'traveler - Kamis, 07/02/2013 16:43 WIB
Palembang - Palembang bukan cuma Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Kota ini juga terkenal dengan berbagai makanannya yang khas dan nikmat. Traveling ke Palembang, belum sah jika tidak mencicipi 6 kulinernya berikut ini.

Sebagian besar traveler pasti mengatakan pempek jika ditanya soal makanan khas Kota Palembang, Sumatera Selatan. Tapi, kota dengan landmark Jembatan Ampera ini tidak hanya punya itu saja. Masih ada lagi berbagai makanan khasnya yang tak kalah lezatnya. Disusun detikTravel, Kamis (7/2/2013), ini dia 6 kuliner khas Palembang:

1. Pempek & es kacang merah

Terasa ada yang kurang kalau berwisata ke Palembang tapi belum makan pempek. Ada banyak warung yang menjual makanan berbahan dasar ikan dan sagu ini. Tapi yang paling terkenal adalah Pempek "Saga" Sudi Mampir yang beralamat di Jalan Merdeka (depan Kantor Walikota). Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 12.00-22.00 WIB.

Berbahan dasar ikan, kadang membuat beberapa pempek berbau amis. Tapi hal tersebut tidak akan Anda temukan di sini. Sebab Pempek "Saga" Sudi Mampir menggunakan ikan tenggiri yang masih segar. Rasa gurih pempek juga makin terasa nikmat saat dicampur dengan kuah cuka. Untuk menu penutupnya, Anda bisa memesan es kacang merah yang juga terkenal di nikmat di sini.

2. Mie Celor

Selain pempek, Palembang juga punya mie celor yang tak kalah nikmatnya. Dalam bahasa lokal, celor berarti diseduh. Biasanya mie ini dinikmati untuk menu sarapan oleh warga Palembang. Selain mie, di dalamnya ada juga tauge, irisan telur, kuah santan, dan kaldu udang kental.Next


Segarnya es kacang merah (Yusman Firmansyah/ACI)
Halaman 123


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com