Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Kongres Kebudayaan Indonesia 2013

Fetry Wuryasti - d'traveler - Jumat, 17/05/2013 17:33 WIB
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar Kongres Kebudayaan Indonesia. Jika tahun lalu kongres digelar di Kota Bogor, tahun ini Yogyakarta-lah yang akan menjadi tuan rumah.

Kongres Kebudayaan Indonesia 2013 akan digelar pada 8-11 Oktober 2013. Tema kongres tahun ini adalah 'Kebudayaan untuk Keindonesiaan'.

"Karena tahun lalu sudah diadakan di Bogor, saya mengusulkan kepada teman-teman, jangan di Jakarta. Akhirnya dipilihlah Yogyakarta karena kotanya memiliki unsur kebudayaan yang kuat," tutur Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Kacung Maridjan, dalam konferensi pers di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2013).

Tema 'Kebudayaan untuk Keindonesiaan' diangkat karena adanya pertanyaan, seperti apa pemahaman masyarakat tentang konsep 'keindonesiaan' di masa sekarang. Kacung Maridjan menjanjikan adanya pengembangan kebudayaan Indonesia, tak hanya dalam negeri tapi juga di luar negeri.

"Tahun ini kita akan merintis 9 rumah budaya di 9 negara," tuturnya.

9 Negara itu adalah Jerman, Belanda, Turki, Singapura, Australia, AS, Timor Leste, Jepang, dan Prancis. Konsep rumah budaya itu tak berbentuk fisik, melainkan dengan cara menggaet kedutaan Indonesia di negara bersangkutan.

Rumah budaya itu nantinya akan terfokus di aktivitas dan komunitas setempat. Kemendikbud akan mulai mengirim alat-alat kesenian, juga SDM seperti koki untuk memperkenalkan kuliner khas Indonesia di beberapa negara.Next

Halaman 12


Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com