Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Mei 2019 00:00 WIB

ADVERTORIAL

Yuk, Arungi Nuansa Mistis Nan Eksotis di Tana Toraja

Advertorial
detikTravel
Tana Toraja (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Keunikan dan nuansa mistis nan eksotis di kabupaten Tana Toraja tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia. Berbagai media asing kerap meliput salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan itu karena memiliki tradisi dan kebudayaan yang lain daripada yang lain.

Selain memiliki rumah adat yang bentuknya sangat khas, suku Toraja sebagai penduduk asli Tana Toraja pun dikenal memegang erat tradisi yang telah turun temurun dari nenek moyang. Suku Toraja mempercayai bahwa mereka adalah suku yang turun langsung dari surga. Maka segala tradisi harus dijaga dengan baik.

Salah satu destinasi yang khas jika Anda berkunjung ke Tana Toraja adalah Londa, kompleks makam yang diletakkan di tebing-tebing batu. Dari Rantepao, tempat yang menjadi pusat kota di Tana Toraja ini terletak di 7 km ke arah Selatan. Kompleks pemakaman Londa memiliki tebing yang dipahat untuk meletakkan peti mati berisi jenazah yang mana letaknya di sesuaikan dengan garis keluarga.

Yuk, Arungi Nuansa Mistis Nan Eksotis di Tana TorajaLonda, kompleks makam yang diletakkan di tebing-tebing batu (Foto: Shutterstock)

Bagi suku Toraja, orang yang sudah meninggal dianggap seperti orang yang sedang sakit. Mereka masih harus dirawat sebaik mungkin jika warga yang masih hidup tidak mau tertimpa kemalangan. Lebih unik lagi, terdapat ukiran Tau-tau yang dipahat menyerupai fisik jenazah kemudian diletakkan berderet di depan jenazah bersemayam.

Jika Anda tertarik menjelajahi keunikan budaya Indonesia, Tana Toraja merupakan destinasi yang tidak bisa dilewatkan. Saat ini, bandara yang paling dekat dengan Tana Toraja adalah Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Dari Makassar, Anda bisa meneruskan dengan perjalanan bus sepanjang 7 jam perjalanan. Perjalanan yang cukup panjang ini dijamin akan terbayarkan ketika Anda melihat langsung kebudayaan Tana Toraja yang mengagumkan.

Tiket dari berbagai kota di Indonesia menuju Makassar kini bisa ditemukan di aplikasi Traveloka. Bukan hanya pilihan maskapai dan berbagai rute, Traveloka juga memudahkan Anda untuk mendapatkan harga tiket yang sesuai dengan kantong. Jadi, Anda tidak perlu bolak-balik buka website hanya untuk memantau harga tiket untuk liburan selanjutnya.

Waktu Keberangkatan yang Sesuai Untuk Anda

Salah satu tradisi yang unik dari Tana Toraja adalah tradisi Ma'nene. Untuk menyaksikan acara adat ini, wisatawan baik dari luar negeri maupun dari nusantara berkumpul untuk melihat sendiri upacara mengenang leluhur suku Toraja yang dirayakan dengan membersihkan dan menggantikan baju para mayat. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Baruppu di pedalaman Toraja Utara.

Upacara Ma'nene yang digelar tiga tahun sekali ini biasanya diadakan pada saat lewat masa panen pada Agustus. Tentunya, Anda tidak mau kehilangan kesempatan untuk melihat tradisi yang langka ini bukan?

Fitur Price Alert yang dapat ditemukan di Traveloka dapat Anda manfaatkan untuk berburu tiket yang sesuai dengan jadwal keberangkatan. Fitur ini mempermudah Anda untuk mengatur jadwal liburan yang sesuai dengan keinginan. Meski jadwal liburan belum pasti, Price Alert memungkinkan Anda untuk mengatur pilihan 'Flexible Date' di aplikasi Traveloka.

Harga Tiket Sesuai Budget

Di aplikasi Traveloka, Anda tidak perlu repot-repot memantau tiket-tiket incaran yang sesuai dengan bujet yang telah direncanakan. Setelah memasukkan destinasi dan waktu keberangkatan yang diinginkan, Anda bisa memasukkan informasi mengenai harga tiket yang sesuai dengan budget liburan. Ketika ada tiket yang sesuai dengan keinginan, Anda tinggal mengeksekusi booking tiket tanpa harus repot cek tiket kesana kemari.

Aplikasi Traveloka akan mengirimkan notifikasi kepada Anda jika tiket incaran yang sesuai dengan keinginan tersedia di Traveloka.

Notifikasi Sesuai Kebutuhan Anda

Yuk, Arungi Nuansa Mistis Nan Eksotis di Tana TorajaLewa aplikasi Traveloka, Anda bisa menerima notifikasi dari berbagai macam pilihan maskapai yang sesuai dengan keinginan (Foto: Shutterstock)

Bukan hanya waktu keberangkatan dan harga, Anda juga bisa mengatur notifikasi yang diterima ketika Anda mengaktifkan fitur Price Alert Traveloka. Lewa aplikasi Traveloka, Anda bisa mengatur sendiri jumlah transit yang diinginkan lengkap serta durasi penerbangannya.

Selain itu, Anda dapat mengatur sendiri mengenai seberapa sering akan mendapatkan notifikasi mengenai penerbangan yang diinginkan. Bisa harian, bisa mingguan, atau bisa juga hanya saat tiket yang Anda mau tersedia. Anda bisa mendapatkan pemberitahuannya melalui notifikasi di handphone atau browser, atau bisa juga melalui email.

Saat ini, Traveloka melayani seluruh rute penerbangan domestik di nusantara. Anda bisa terbang dari Jakarta, Medan, Surabaya, Yogyakarta, maupun Denpasar dengan penerbangan langsung ke Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar dengan maskapai Lion Air, Batik Air, Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, dan lain-lain. Fitur Price Alert memungkinkan Anda untuk menerima notifikasi dari berbagai macam pilihan maskapai yang sesuai dengan keinginan. Bagaimana, sudah siap mengarungi nuansa mistis dan eksotis di Tana Toraja? (adv/adv)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya