Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Sep 2019 00:00 WIB

ADVERTORIAL

Muslim Traveler Wajib Cek Rekomendasi ke Singapura Ini & Ikuti Kuisnya

Advertorial
detikTravel
Sentosa Island (Foto: Singapore Tourism Board)
Jakarta -

Pesona Negeri Singa Singapura seolah tak pernah ada habisnya. Singapura layaknya surga bagi para traveler lintas generasi yang juga mempunyai beragam minat.

Tak heran, para pelancong atau traveler selalu datang berbondong-bondong ke negara tetangga Indonesia ini untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Bagi para foodies tentu saja mencicip aneka hidangan lezat yang menggugah selera. Sementara untuk petualang, Singapura memanjakan mereka dengan ragam aktivitas yang memicu adrenalin. Singapura juga jadi tempat terbaik menghabiskan waktu berbelanja brand ternama yang tak ada habisnya.

Gak percaya? detikcom merangkum beberapa destinasi favorit yang selalu jadi tempat singgah para traveler dunia di Singapura. Ini daftarnya!

1. Pulau Sentosa

Pulau Sentosa adalah tempat yang sempurna bagi kamu yang suka tantangan. Sebab di pulau ini, tersedia beragam atraksi yang menantang adrenalinmu, seperti AJ Hacket yang menawarkan Bungy Jumping tertinggi di Singapura.

Kamu bisa menantang dirimu sendiri untuk melompat dari ketinggian 47 meter.

Tenang, kamu didampingi profesional serta peralatan yang sudah sesuai standar keamanan. Bahkan kamu yang tetap mau eksis saat melompat, bisa minta paket lengkap dengan video. Sehingga momen melompat bisa terekam tuh. Seru kan!

Selain bungy jumping, AJ Hacket juga memiliki beberapa aktivitas adrenalin lainnya. Seperti skybridge, giant swing, dan vertical skywalk.

AJ Hacket (Foto: Singapore Tourism Board)

Kalau kamu lapar, jangan khawatir. Di sekitar sini tersedia banyak restoran halal, seperti Good Old Days dan Goldilocks. Cicipi menu Beef Hor Fun yang nikmat dan Nasi Briyani yang kaya akan rempah baik disajikan ala-carte maupun prasmanan di Good Old Days. Sementara Goldilocks adalah restoran Barat dengan menu andalan seperti ayam goreng, ikan dan keripik, dan kentang dengan saus yang lezat.

Good Old Days (Foto: Singapore Tourism Board)

Masih belum puas? Mampir deh ke Universal Studios Singapore (USS). Taman rekreasi ini punya 24 wahana seru yang tersebar di 7 zona berbeda yakni Hollywood, New York, Sci-Fi City, Ancient Egypt, Lost World, Far Far Away, dan Madagascar.

Dari semua wahana, 18 di antaranya khusus dibuat untuk Universal Studios di Singapura. Beberapa wahana yang wajib dinaiki adalah Transformers the Ride, Revenge of the Mummy, sampai studio 4D di zona Madagascar.

2. Esplanade

Jika siang hari sudah puas bermain-main di Resort World Sentosa alias Pulau Sentosa maka saatnya rileks dan menikmati sajian kelas dunia di Esplanade.

Gedung Esplanade yang terletak di kawasan Marina Bay memang prestisius dan memiliki desain yang menarik. Dengan bentuk seperti kulit durian, Esplanade dapat menampung hingga 2.000 penonton dan penampil. Namun selain punya desain dan fungsi yang menarik, Concert Hall Esplanade juga menampilkan pertunjukan teater kelas dunia ala Broadway.

Esplanade (Foto: Singapore Tourism Board)

Dekat dari Esplanade kamu bisa menikmati makan malam di Aquamarine yang terletak di Marina Mandarin Hotel. AquaMarine menyajikan hidangan ternama dari seluruh dunia dengan sajian mewahnya. Kamu bisa menikmati prasmanan hidangan favorit Asia dan internasional yang halal. Para koki menampilkan keterampilan mereka dalam dapur kaca, yang memberikan kesan luas dan terbuka pada seluruh dekorasi restoran ini.

Aquamarine (Foto: Singapore Tourism Board)

Bagian dalam bangunan ini pun memperlihatkan sisi seni. Ada beberapa lorong yang menjelaskan tentang asal muasal bangunan ini. Di bagian tengah bangunan terdapat panggung kecil untuk musisi. Jika senja tiba, cobalah jalan-jalan di sekitaran Esplanade akan ada penyewaan sepeda di sana. Sambil bersepeda santai kamu pun bisa menikmati suasana Marina Bay yang syahdu yang berpadu dengan gedung-gedung artistik nan modern.

3. Little India

Jika masih belum puas dengan dua destinasi di atas, kamu bisa menjelajah Singapura lebih dalam dengan pergi ke Little India. Siapa sangka, Little India dulunya pernah memiliki pembakaran batu bata, gembala ternak juga pacuan kuda. Perdagangan ternak sempat menjadi yang utama bagi orang India. Namun kini, Little India dipenuhi dengan toko, restoran dan juga kuil.

Sebelum menjelajah, kamu bisa mampir untuk sarapan dulu di Berseh Food Center. Dari deretan makanan khas China di sini, direkomendasikan memilih noodlelicious yang memang sudah berlabel halal. Jangan lewatkan mie nikmat yang berpadu dengan fish ball serta udang rebus.

Little India (Foto: Singapore Tourism Board)

Bukan cuma itu, Little India juga penuh dengan bangunan berwarna-warni sehingga membuat siapapun tak tahan ber-selfie ria. Tidak hanya dinding, jendela dengan bentuk khas tidak luput dari warna-warna cerah. Inilah kawasan yang dinamakan Little India Arts Belts.

Selepas mengeksplor bangunan-bangunannya, yang juga harus dicoba di Little India adalah makanan khas India. Seperti nasi briyani, roti prata, dan tentu saja minuman yang menurut sejarahnya juga berasal dari daratan India, yaitu teh tarik.

4. Orchard Road

Di malam harinya kamu bisa mampir dan cuci mata di Orchard Road. Banyak yang bilang belum ke Singapura kalau belum pergi ke jalanan sepanjang 2,2 km ini. Di Orchard Road terbentang pusat perbelanjaan, mulai dari mal-mal besar yang diisi oleh toko brand ternama, hingga restoran, kafe, hingga hotel.

Trotoar di jalan ini memang memanjakan para pejalan kaki. Trotoar yang sangat lebar membuat pengunjung merasa nyaman dan leluasa mengeksplor dan menikmati jalan ini.

Orchard Road (Foto: Singapore Tourism Board)

Pusat perbelanjaan yang terdapat di sini di antaranya adalah Ion orchard, Wisma Atria, Lucky Plaza, Tang Plaza, Ngee Ann City, dan banyak lagi. Tak cuma soal belanja, di malam hari kamu bisa menikmati alunan musik dan nyanyian dari musisi jalanan. Bukan sembarang musisi jalanan, karena para pekerja seni ini memberikan penampilan yang apik dengan alat musik yang juga memadai.

Untuk makan siang ada dua rekomendasi restoran yang bisa dipilih, yaitu Carousel di Royal Plaza on Scotts Hotel dan Kintamani. Di Carousel, pencinta makanan laut akan dimanjakan akan makanan laut segar. Jangan lewatkan juga hidangan penutup berupa es krim buatan sendiri. Sementara bagi kamu yang kangen makanan Indonesia bisa mampir di Kintamani yang didirikan sejak 1985. Chef I Gusti Nyoman Kaler akan menyajikan beragam masakan tradisional Bali serta hidangan modern khas Indonesia.

Carousel (Foto: Singapore Tourism Board)

Bagi kamu yang muslim jangan khawatir enggak bisa salat di sini. Datang saja ke Masjid Al Falah. Alamatnya di 22 Bideford Rd, Singapura 229923 atau tepat di samping Hotel Holiday Inn Express Orchard Road. Masjid ini bersih dan ramah disabilitas, bahkan cantik dengan hiasan dinding di lorong masuk Masjid Al Falah Orchard Road yang berisi tentang sejarah Islam.

5. Kampong Glam

Kampong Glam konon dulunya adalah desa nelayan di tepi Rochor River. Nama Glam diambil karena area ini dipenuhi oleh pohon "gelam" yang biasa digunakan untuk membuat kapal. Banyak juga yang mengidentikkan "glam" dengan arti kata mempesona karena kawasan ini memiliki perpaduan budaya, sejarah dan juga gaya hidup trendi.

Di sini banyak atraksi dan spot yang bakal memikat hatimu. Contohnya, Haji Lane yang terletak di kawasan Arab Street. Di sini kamu bisa menemukan berbagai galeri, kafe, dan label fashion yang tidak mudah diperoleh. Sebagai kawasan favorit anak mudah Singapura berkumpul, yang menjadi ciri khas yang dicari wisatawan di kawasan ini adalah mural dengan warna-warni eye catching dan instragammable.

Kalau waktu salat tiba, kamu mampir saja dulu ke Masjid Sultan. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1826 oleh orang Jawa yang melakukan perdagangan dengan orang Arab juga Bugis di negeri Singa ini. Sebab sudah tak mampu menampung jemaah yang semakin besar, pada tahun 1924 masjid baru dibangun di lokasi yang sama hingga akhirnya selesai pada tahun 1928.

Selesai salat dan saat lapar mendera buruan deh melipir ke pusat kuliner. Paling favorit tentu saja Hjh. Maimunah! Resto yang masuk rekomendasi Michelin Guide ini punya menu tradisional Melayu yang sedap. Masakan yang ditawarkan berupa sajian Malaysia dan Indonesia yang dimasak dengan cara tradisional. Saking terkenal dan enaknya hidangan di sini tak jarang kamu harus antre mengular.

Hjh. Maimunah (Foto: Singapore Tourism Board)

Pengunjung bisa melihat deretan lauk menggoda selera dipajang di balik etalase kaca. Ada lebih dari 40 pilihan menu yang tersedia seperti paru balado, ikan asam manis, pari asam pedas, lemak siput sedut, rendang, ayam bakar, ikan bakar, ayam masak merah, tahu telur, kari ayam, dan perkedel. Bikin ngiler kan!

Menariknya kamu dan teman atau keluarga bisa mengeksplorasi Singapura dengan e-scotter yang pasti mengurangi rasa capek. Segala destinasi yang menggoda ini bikin kamu ingin ke Singapura kan? Nah, pas banget nih. Wujudkan mimpimu ke Singapura dengan ikuti kuis ini.

Caranya gampang, cukup isi data diri kamu dan jawab pertanyaan seputar Singapura yang ada pada formulir yang tersedia dibawah ini. Untuk memperbesar kesempatan menang silahkan share foto yang ada di akhir formulir ke feed akun instagram pribadi masing-masing dengan mention ke @detikcom dan sertakan #TemukanImpianmuDiSingapura.



Jangan lupa juga untuk baca syarat dan ketentuan dibawah ini yaa

1. Dibuka untuk umum Pria/wanita.

2. Mengisi data dengan lengkap dan sebenar-benarnya.

3. Periode Kuis Temukan Impianmu Di Singapura : 18 September - 11 Oktober 2019.

4. Akan dipilih 3 orang pemenang yang beruntung untuk menjelajah dan mengikuti tantangan bersama dengan 3 pemenang Hijab Hunt 2019 di Singapura.

5. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 21 Oktober 2019.

6. Jadwal Keberangkatan ke Singapura adalah sekitar bulan November 2019 (*tbc) berangkat dari Jakarta. Biaya transportasi pemenang dari daerah asal ke Jakarta dan biaya pembuatan passport tidak ditanggung oleh panitia.

7. Akun Instagram tidak boleh di-protect/private.

8. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa persetujuan peserta terlebih dahulu.


Jadi tunggu apa lagi! Yuk, segera ikuti kuisnya dan wujudkan mimpimu traveling ke Singapura. (adv/adv)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA