Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Feb 2020 00:00 WIB

ADVERTORIAL

Ingin Melihat Indahnya Sakura? Coba Berkunjung ke Tohoku Mulai April

Advertorial
detikTravel
adv
Hirosaki Castle (Foto: Dok. Kota Hirosaki, JNTO)
Jakarta - Musim bunga Sakura di Jepang bisa dibilang singkat karena di kebanyakan tempat bunga Sakura hanya mekar di awal hingga pertengahan April saja, apalagi dengan adanya pemanasan global dan perubahan iklim secara ekstrem seperti saat ini.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena Tohoku yang letak geografisnya terbentang di sepanjang utara dan timur Jepang bisa menjadi lokasi yang wajib kamu kunjungi jika ingin melihat Sakura di bulan April hingga awal Mei.

Berikut rencana perjalanan yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Tohoku di musim semi, ada tempat-tempat menarik, lengkap dengan makanan yang bisa kamu cicipi saat berkeliling Tohoku.

Jika kamu berencana pergi ke Tohoku dalam waktu dekat, lebih baik pergi dengan menggunakan JR East Pass. Pasalnya kamu bisa pergi ke semua tempat indah dan menarik untuk melihat bunga Sakura sepuasnya dengan biaya yang lebih ekonomis!

Kelebihan JR East Pass ini tidak hanya bisa kamu pakai selama lima hari, tetapi kamu juga bisa memilih sendiri kelima hari tersebut dengan fleksibel. Berikut rincian itinerary yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Tohoku.

Itinerary 1: Awal April hingga Pertengahan April di Wilayah Selatan Tohoku

1. Hari Pertama, dari kota Tokyo menuju Fukushima.

Stasiun Tokyo-Stasiun Fukushima, 80 menit dengan menggunakan Shinkansen.

Rekomendasi Hotel: Hotel METS Fukushima.

Sesampainya di stasiun Fukushima, kamu bisa naik bus 15 menit ke Hanamiyama Park. Lalu jalan kaki sedikit dari pemberhentian bus menuju Hanamiya Park. Di taman ini, kamu tidak hanya akan menemukan bunga Sakura saja, tetapi juga ada bunga lainnya seperti Pink Peach Blossoms dan Yellow Forsythia.

Di daerah Fukushima ini, kamu bisa mencicipi Enban Gyoza yang digoreng sangat renyah.

2. Hari Kedua, Fukushima menuju Sendai

Stasiun Fukushima-Stasiun Sendai, 10 menit dengan menggunakan Shinkansen.

Stasiun Sendai-Stasiun Funaoka, 25 menit dengan kereta lokal Jalur Utama Tohoku.

Rekomendasi Hotel: Hotel Metropolitan Sendai.

Lokasi selanjutnya adalah Funaoka Castle Park. Di kastil tersebut kamu bisa naik kereta retro seharga 500 yen per orang dan menikmati lorong Sakura sepanjang 300 meter. Setelah itu, kamu juga akan menyebrangi jembatan di pinggiran Sungai Shiroishi dan melihat Hitome Senbonzakura atau '1000 sakura dengan sekilas' di sepanjang sungai dengan panjang 8 km.

Tidak berhenti sampai di situ, kamu akan semakin terpana dengan pemandangan indah Gunung Zao yang diselimuti salju, dan bunga sakura bermekaran yang melengkapi pemandangan tersebut. Pemandangan unik ini hanya bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke wilayah Tohoku.

Ingin Melihat Indahnya Sakura? Coba Berkunjung ke Tohoku Mulai AprilHitome Senbonzakura (Foto: Dok. Prefektur Miyagi)

Setelah puas berjalan-jalan, kamu bisa ke kota Sendai untuk menjelajahi kota dan berwisata kuliner! Di daerah Sendai, kamu wajib mencoba Gyutan, makanan yang terbuat dari lidah sapi dan dipanggang, minuman Shake Edamame Zunda, dan Oysters.

Ada juga rekomendasi tempat wisata Lainnya, yaitu Aoba Castle, Zuihoden dan berbelanja di Kota Sendai; Teluk Matsushima, 40 menit dengan kereta lokal Jalur Senseki; dan tempat Pemandian Air Panas Akiu, 50 menit dengan bus dari stasiun Sendai.

Untuk pass kereta yang bisa digunakan yaitu JR East Sendai Area Pass http://sendaitravelpass.jp/en/. Pass ini bisa kamu gunakan khusus di daerah Sendai, di saat kamu sedang tidak menggunakan JR East Pass kamu. Sendai Area Pass ini juga bisa digunakan untuk kereta lokal, subway, dan bus.

3. Hari Ketiga, Sendai menuju Yamagata

*Khusus di hari akhir pekan*

Stasiun Sendai-Stasiun Fukushima, 10 menit dengan Shinkansen.

Stasiun Fukushima-Stasiun Yamagata, 1 jam dengan kereta Joyful Train Toreiyu Tsubasa.

Rekomendasi Hotel: Hotel Metropolitan Yamagata.

Kalau hari ketigamu jatuh di akhir pekan, maka kamu bisa mencoba Joyful Train Toreiyu Tsubasa di mana kamu dapat menikmati pengalaman unik footbath di atasnya. Interiornya dilengkapi dengan tempat duduk yang terbuat dari tatami khusus, meja bar lengkap dengan sake khas Yamagata dan minuman lainnya yang diseduh secara lokal.

Footbath ini bisa dinikmati dengan harga 450 yen saja selama 15 menit, lengkap dengan handuk Toreiyu Tsubasa yang bisa dibawa pulang sebagai cenderamata. Sesampai di Stasiun Yamagata, kamu bisa jalan kaki 10 menit menuju Kajo Park yang dahulunya adalah tempat Yamagata Castle. Di sini ada 1.500 pohon sakura, lho!

Kalau hari ketigamu jatuh di hari biasa, kamu bisa langsung naik kereta dari Stasiun Sendai-Stasiun Yamagata, 80 menit dengan kereta lokal Jalur Senzan, dan berjalan kaki selama 10 menit ke Kajo Park dari Stasiun Yamagata.

Setelah itu kalau kamu masih belum puas, bisa mengunjungi Yamadera, 20 menit dengan kereta lokal Jalur Senzan dari Stasiun Yamagata; Memetik buah-buahan di perkebunan buah Yamagata; Ginzan Onsen; dan Mogami River Cruise.

4. Hari Keempat, Yamagata menuju Morioka

Stasiun Yamagata-Stasiun Sendai, 80 menit dengan kereta lokal Jalur Senzan.

Stasiun Sendai-Stasiun Ichinoseki, 30 menit dengan Shinkansen.

Stasiun Ichinoseki-Stasiun Geibikei, 40 menit dengan kereta lokal Jalur Ofunato.

Jika hari keempat kamu adalah weekend, tanggal merah, dan liburan musim semi, kamu bisa naik kereta POKÉMON with YOU dari Stasiun Ichinoseki menuju Stasiun Geibikei! Kereta ini diciptakan untuk menghibur anak-anak yang terkena musibah tsunami dan gempa di 2011. Hanya ada 2 gerbong kereta di mana satu gerbong adalah tempat duduk dan satunya lagi adalah playroom. Jadi pastikan kamu membeli tiket terlebih dahulu!

JR East memperkenalkan Online Reservation System

Reservasi tempat duduk bisa dilakukan sebulan sebelum tanggal keberangkatan hingga maksimal reservasi untuk 14 orang untuk shinkansen, kereta ekspress, dan Joyful Train secara gratis!

https://www.eki-net.com/pc/jreast-shinkansen-reservation/English/wb/common/Menu/Menu.aspx

Sesampainya kamu di Geibikei, cobalah naik kapal selama 90 menit untuk menikmati pemandangan tebing dan batu yang tersusun mengesankan. Setelah puas naik kapal, kamu bisa naik kereta lokal untuk kembali ke Ichinoseki dengan waktu tempuh 40 menit. Dari Stasiun Ichinoseki kamu bisa naik shinkansen 17 menit ke Stasiun Kitakami, di sana terdapat Kitakami Tenshochi Park yang bisa kamu akses dengan kapal selama 5 menit atau jalan kaki 20 menit.

Di Kitakami Tenshochi Park ini terdapat 10 ribu pohon Sakura dengan 150 jenis sakura yang tumbuh subur di taman seluas 293 hektare. Di sini bunga Sakura mekar dari pertengahan April hingga awal Mei. Kalau kamu malas jalan kaki, bisa naik kereta kuda yang hanya ada saat musim Sakura.

Setelah puas, kamu bisa kembali ke Stasiun Kitakami dan naik Shinkansen selama 20 menit menuju Morioka, ibukota dari Prefektur Iwate. Bagi penggemar mie, Morioka terkenal dengan kuliner mienya, lho. Wajib cobain Wanko Soba (lomba makan mie all-you-can-eat bite-sized), Reimen (mie dingin) dan Jajamen (mirip mie Korea jajangmyeon)!

5. Hari Kelima, Morioka Kembali ke Tokyo

Stasiun Morioka-Stasiun Tokyo, 2 jam 10 menit dengan Shinkansen.

Jika kamu melanjutkan liburanmu di Tokyo, kamu bisa day trip dari Tokyo ke Arakurayama Sengen Park di mana pemandangan terkenal seperti Gunung Fuji, bunga Sakura dan Chureito Pagoda menjadi satu.

Itinerary 2: Pertengahan April hingga Awal Mei di Wilayah Utara Tohoku

1. Hari Pertama, Tokyo Menuju Yamagata

Stasiun Tokyo - Stasiun Yamagata, 2 jam dengan menggunakan shinkansen.

Rekomendasi Hotel: Hotel Metropolitan Yamagata.

Untuk tempat wisata yang direkomendasikan di daerah Yamagata, kamu bisa merujuk ke Itinerary 1 hari ketiga di atas.

2. Hari Kedua, Yamagata menuju Morioka.

Kamu bisa merujuk ke Itinerary 1 hari keempat di atas.

3. Hari Ketiga, Morioka menuju Akita.

Stasiun Morioka - Stasiun Kakunodate, 50 menit dengan Shinkansen.

Rekomendasi Hotel: Hotel Metropolitan Akita.

Bagi yang tertarik dengan samurai, kamu bisa mengunjungi Kakunodate Samurai Residences (15 menit jalan kaki dari Stasiun Kakunodate) di mana bunga Sakura Shidarezakura yang berwarna pink dramatis tumbuh bermekaran di sini. Setelah itu, kamu bisa jalan kaki 10 menit ke Sungai Hinokinai untuk menikmati bunga Sakura jenis Someiyoshino yang berwarna pink keputihan.

Ingin Melihat Indahnya Sakura? Coba Berkunjung ke Tohoku Mulai AprilKakunodate Samurai Residences Sakura (Photo: Doc. Pref. Akita)

Setelah puas, kamu bisa kembali ke Stasiun Kakunodate untuk naik shinkansen ke Stasiun Akita selama 45 menit.

Untuk makanan khas Akita, kamu wajib mencoba Kiritanpo (nasi yang ditumbuk lalu dipanggang) dan Hinajidori (ayam lokal khas Akita, mirip dengan ayam kampung Indonesia). Hinajidori banyak ditemukan di dalam ekiben (bento box yang dijual di stasiun) yang bisa kamu beli dan nikmati di atas kereta dalam perjalananmu.

Jika kamu ingin pergi ke tempat lainnya di daerah ini, cobalah berkunjung ke Danau Tazawa yang dikenal sebagai danau terdalam di Jepang, hanya 12 menit dari Stasiun Tazakawako. Lalu coba pemandian air panas Nyuto Onsen dengan waktu tempuh 50 menit menggunakan bus dari Stasiun Tazawako.

4. Hari Keempat, Akita menuju Hirosaki

Stasiun Akita-Stasiun Odate, 100 menit dengan menggunakan kereta Jalur Ou.

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan anjing Hachiko kan? Kota Odate adalah kota kelahiran Hachiko, jenis anjing Akita-inu yang terkenal besar namun setia. Jika kamu berkunjung ke sini, terdapat Akita Dog Visitor Center yang terletak di seberang Stasiun Odate. Di tempat ini, kamu bisa bermain dengan anjing-anjingnya dan bertemu dengan Omochi dan Shodai, dua anjing selebriti di sini.

Jangan lupa mencoba es krim Edamame yang hanya bisa kamu temui di wilayah Akita, karena Akita terkenal dengan edamamenya. Selain itu kalau kamu tertarik dengan kesenian, bisa mencoba Magewappa (seni melenturkan kayu).

Selesai berwisata kuliner, cobalah naik Joyful Train Resort Shirakami untuk melanjutkan 4 jam perjalananmu ke Hirosaki di Prefektur Aomori. Kereta Resort Shirakami ini beroperasi di sepanjang Jalur Gono yang memiliki pemandangan laut spektakuler yang bisa kamu nikmati sambil berfoto-foto.

Jika kamu sampai di Hirosaki setelah matahari terbenam, kamu bisa langsung menuju Hirosaki Castle Park karena di sini ada 2.600 pohon bunga sakura lengkap dengan lampu iluminasi. Tenang saja, kamu bisa sekalian kulineran di sekitar sana karena pada malam hari akan ada banyak yatai (gerobak makanan). Kalau kamu mengunjungi tempat ini saat pagi hari, pemandangan akan berbeda namun sama indahnya.

Kalau kamu suka seafood, kamu bisa pergi ke Aomori dengan kereta Jalur Ou selama 40 menit dan makanan khas disini adalah Nokkedon yang merupakan semangkuk nasi dimana kamu bebas memilih topping seafood yang kamu suka. Selain itu, cobain produk buah apel A-Factory karena daerah ini terkenal akan apelnya. Kamu bisa menemukan segala jenis produk makanan dan minuman dari apel.

5. Hari kelima, Aomori Kembali ke Tokyo

Stasiun Shin-Aomori-Stasiun Tokyo, 3 jam 20 menit dengan shinkansen.

Jika kamu melanjutkan liburanmu di Tokyo, ada beberapa tempat di mana kamu bisa menikmati tempat wisata musim semi dengan pulang-pergi dalam sehari. Kamu bisa menggunakan Tokyo Wide Pass untuk 3 hari berturut-turut yang hanya bisa dibeli saat di Jepang. Kamu bisa menggunakan pass ini untuk naik shinkansen, kereta Narita Express dan kereta Fuji Excursion.

Ada Festival Fuji Shibazakura, 30 menit dengan bus dari Stasiun Kawaguchiko (2 jam dari Stasiun Shinjuku dengan kereta Fuji Excursion). Atau Ashikaga Flower Park, 45 menit dari Tokyo ke Oyama dengan shinkansen, dan transit ke jalur Ryomo menuju Stasiun Ashikaga Flower Park selama 35 menit, di sini kamu wajib mencoba es krim bunga Wisteria!

Adapun yang terakhir adalah Hitachi Seaside Park di mana kamu bisa melihat Baby Blue Flowers atau Nemophila dan bunga lainnya. Dari Stasiun Tokyo kamu bisa naik kereta Limited Express Hitachi selama 80 menit menuju Stasiun Katsuta. Dari sana naik bus 15 menit menuju Hitachi Seaside Park.

Ingin Melihat Indahnya Sakura? Coba Berkunjung ke Tohoku Mulai AprilHitachi Seaside Park (Foto: Dok. Prefektur Ibaraki)

Semua kereta shinkansen mempunyai ruang untuk koper jadi kamu tidak perlu khawatir. Jika kamu tidak mau ribet, bisa menyewa jasa kurir seperti Yamato Kuroneko atau Sagawa Express di mana servis ini memungkinkan kamu untuk mengirim koper kamu ke penginapan kamu berikutnya. Praktis dan terjamin aman asal waktunya cocok dengan itinerary yang kamu pilih.

Jadi bagi kamu yang khawatir melewatkan musim bunga sakura tahun ini, datang saja ke Tohoku di mana bunga Sakura mekar lebih lama daripada daerah lain di Jepang.

Semua tempat wisata ini bisa kamu akses dengan sangat mudah dan ekonomis menggunakan JR East Pass. Dengan Pass ini, kamu bebas transit selama lima hari ke mana pun kamu mau dalam rentang waktu dua minggu perjalanan. Akan lebih ekonomis jika kamu membelinya sebelum kamu berangkat ke Jepang. Selain itu, JR East juga mempunyai hotel chain bintang 4 yang lokasinya strategis, seperti tepat di sebelah stasiun kereta. Info selengkapnya tentang JR East hotel kamu bisa cek di sini.

JR East Pass ini bisa kamu beli di agen perjalanan seperti HIS Travel, Wendy Tour, dan lain sebagainya. Dengan pass ini kamu juga bisa naik kereta JR East sepuasnya termasuk shinkansen, kereta ekspres, Narita express, Tokyo Monorail dan Joyful Trains. https://www.jreast.co.jp/e/eastpass/ (adv/adv)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA