Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Des 2020 00:00 WIB

ADVERTORIAL

Jalan-jalan ke Thailand Belum Afdal kalau Tak Cicipi Kuliner Ini

Advertorial
detikTravel
adv
Foto: Shutterstock
Jakarta - Pekerjaan dan aktivitas yang padat membuat pikiran dan badan terasa lelah. Namun ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menyegarkan pikiran dan mengembalikan lagi energi positif dalam tubuh, salah satunya dengan traveling.

Sebagai salah satu negara yang cukup terkenal dengan kulinernya, Thailand bisa menjadi salah satu tujuan liburan. Negeri Gajah Putih ini memiliki beragam atraksi menarik mulai dari budaya hingga street food-nya yang sudah tersohor.

Lantas apa saja street food yang bisa kamu cicipi selama berada di Thailand? Berikut daftarnya yang dirangkum dari ithaka.travel.

Som Tam

adv


Som Tam (Foto: Shutterstock)

Ini adalah hidangan khas Thailand yang dapat dengan mudah kamu temukan hampir di setiap gerobak makanan di Thailand.

Paduan sempurna antara manis, asam, dan pedas menjadikan kuliner ini seakan nendang lidah dengan rasanya yang unik. Di dalam satu mangkuk Som Tam terdapat buah mentah yang diparut kemudian dicampur dengan gula, air jeruk nipis, cabai, udang, kacang tanah dan sayuran seperti tomat dan kacang hijau.

Untuk mendapatkan satu mangkuk Som Tam kamu bisa mengunjungi Soi 19 di jalan Udomsuk, Somtum Der di Bangkok, dan juga Cherng Doi di Chiang Mai. Untuk menikmati makanan ini, kamu bisa mengeluarkan uang sebesar 30 baht hingga 35 baht atau setara dengan Rp 35.000.

Pad Thai

adv


Foto: Shutterstock

Buat kamu yang menyukai hidangan mi pastinya tak bisa melewatkan sajian yang satu ini. Pad Thai menjadi salah satu kuliner populer di Thailand yang dinobatkan sebagai hidangan nasional.

Hidangan Pad Thai merupakan campuran mi yang ditumis dengan berbagai sayuran, daging, dan tambahan asam. Ada juga kacang tumbuk, telur, tauge dan jeruk nipis. Dengan banyaknya komposisi bahan, membuat Pad Thai kaya rasa.

Selain rasanya yang menggugah selera, Pad Thai bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Untuk mendapatkan satu porsi Pad Thai kamu bisa mendatangi Thip Samai Pad Thai di Maha Chain Road dan Pad Thai Goong Sod Nai Sa Nga di Surawong, Bangkok. Untuk mencicipi makanan ini, kamu bisa membayar sebesar 50 baht atau setara dengan Rp 23.000

Sate

adv


Foto: Shutterstock

Tak cuma Indonesia, Thailand juga memiliki sajian satenya yang khas dan bisa ditemukan di pinggiran jalan Thailand. Kamu bisa mengambil langsung sate-sate yang sudah dibakar oleh para pedagang mulai dari ayam, babi, sapi, daging kerbau, bakso ikan hingga usus. Berbagai macam saus pedas dioleskan di atas daging saat dipanggang menjadikannya hidangan gurih. Tak perlu menunggu lama, kamu bisa langsung mengambilnya, membayar, dan memakannya sambil menikmati keindahan kota di Thailand.

Sajian ini bisa kamu temukan dengan mudah di pinggiran jalan di Bangkok dan kota lainnya di Thailand. Biasanya pedagang sate ini akan menjual dagangannya di kisaran 5 sampai 15 baht atau Rp 2.000 hingga Rp 7.000.

Khao Niew Ma Muang

adv


Foto: Shutterstock

Buat para sweet tooth, sajian yang satu ini bisa melepas rindu kamu akan makanan manis. Terkenal dengan nama Mango Sticky Rice, kuliner yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk hidangan penutup setelah berburu kuliner asin di Thailand. Nasi ketan manis yang disajikan dengan irisan mangga yang manis dan ditaburi krim kelapa dan sedikit biji wijen membuatnya cocok untuk camilan.

Kamu pun bisa mendapatkan makanan pencuci mulut ini di Boonsap Thai Desserts, Kor Panich di San Chao Pho Sua dan Bua Loy Nam King di Chinatown yang semuanya berada di Bangkok. Untuk pencuci mulut ini, biasanya tempat-tempat makanan membanderolnya dengan harga 50 baht atau Rp 70.000

Tom Yum

adv


Foto: Shutterstock

Makanan yang satu ini sudah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Rasanya mirip seperti sup yang ada di Indonesia. Namun, bila kamu memutuskan untuk datang langsung ke Thailand ada beberapa Tom Yum yang autentik dan biasanya berisikan seafood seperti udang, cumi, potongan ikan dan bahan-bahan lainnya.

Kamu pun bisa mendatangi P'Aor untuk menikmati satu mangkok Tom Yum yang segar. Restoran ini bahkan direkomendasikan oleh 19 food critics. Untuk memakannya kamu bisa membayar 100 hingga 150 baht atau setara dengan Rp 47.000 hingga Rp 70.000

Nah itu tadi beberapa kuliner yang tak boleh kamu lewatkan jika pergi ke Thailand. Namun, bila sampai saat ini belum punya kesempatan untuk berkunjung ke sana, kamu bisa membawa sensasi Thailand ke rumah hanya dengan satu bungkus mi instan YumYum, yang cita rasanya seperti rasa Tom Yum asli Thailand

YumYum merupakan produk mi instan yang diimpor langsung dari Thailand sehingga memiliki rasa yang otentik. Dengan varian rasa Tom Yum Udang Kuah Creamy, YumYum menghadirkan cita rasa gurih dan nikmat.

Mi instan ini juga sudah bergaransi halal dari MUI, jadi sudah teruji kehalalannya. Walaupun impor dari Thailand, harga YumYum tetap bersahabat dibandingkan mi impor lainnya, dan dengan mudah didapatkan di minimarket terdekat seperti Alfamart dan Indomaret.

Tak cuma di minimarket, produk YumYum juga bisa dibeli di official store Ajinomoto di Shopee. Eits, jangan lupa juga pakai kode vouchernya "AJINYUMV5" untuk mendapatkan promo menariknya.

Jadi bila saat ini belum bisa datang ke Thailand untuk mencicipi makanan-makanan ini, masukan saja menjadi bucket list yang harus kamu lakukan setelah pandemi ini berakhir ya. Atau kamu bisa membawa sensasi kuliner khas Thailand ketika berada di rumah saja dengan sajian YumYum yang nikmat. Enjoy the Authentic Thai Noodle!

(adv/adv)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Eureka
×
Bumi di Akhir Zaman
Bumi di Akhir Zaman Selengkapnya