Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Feb 2021 10:38 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Begini Keindahan Pulau Belitung Saat Musim Hujan

Salah satu kondisi awan dan laut saat musim hujan di belitung yang ditutupi dengan warna gelap.
Salah satu kondisi awan dan laut saat musim hujan di belitung yang ditutupi dengan warna gelap.
Selain hopping island, kamu juga bisa berwisata ke bekas pertambangan yang ada di belitung.
Selain hopping island, kamu juga bisa berwisata ke bekas pertambangan yang ada di belitung.
Kapal yang digunakan untuk hopping island
Kapal yang digunakan untuk hopping island
Salah satu pulau yang bisa kam nikmati dari atas kapal.
Salah satu pulau yang bisa kam nikmati dari atas kapal.
Sisi lain pula-pulau kecil di belitung.
Sisi lain pula-pulau kecil di belitung.
detikTravel Community -

Pulau Belitung terkenal dengan keindahan Pantai yang dipenuhi dengan bebatuan banyak dan besar. Perjalanan menuju Belitung tidak lah sulit karena ada penerbangan langsung dari Jakarta.

Harga tiket Jakarta-Belitung saat musim liburan seperti saat keberangkatan kami pada tanggal 25 Desember 2020 hingga 27 Desember 2020 berada di angka 1,5 juta rupiah. Sedangkan saat hari biasa berkisar Rp 700 ribu per orang.

Traveling di akhir tahun yang notabene adalah perjalanan ekstra karena musim hujan sudah tentu memerlukan persiapan ekstra seperti tambahan baju, payung hingga jas hujan. Salah satu tujuan kami adalah mengunjungi beberapa pulau dalam 1 hari atau istilah kerennya hopping island.

Meskipun typical atau jenis pulau di Belitung ini hampir-hampir sama, namun tetap ada ciri khas yang ditawarkan. Beberapa diantaranya mercusuar dan goa yang berada di pulau berbeda.

Nyaris saja kami membatalkan keberangkatan untuk Hopping Island karena cuaca yang tidak bersahabat sejak kedatangan kami di pulau ini. Mengendarai motor menyebabkan banyak hal harus tertunda dan berubah rencana karena harus merasakan kehujanan di tengah perjalanan.

Hopping Island tidak dilakukan jika sedang hujan lebat di daratan. Biasanya kapal-kapal akan berangkat pada pukul 09.00 pagi. Namun, hingga pukul 08.30 hujan tidak kunjung reda dan membuat kami sempat berpikir untuk membatalkan saja karena risiko di laut yang tidak bisa di prediksi.

Meskipun masih sedikit gerimis, kami coba menghampiri pelabuhan tempat penyeberangan. Ternyata, prediksi kami meleset, menurut nelayan di sekitar pantai, gerimis di darat menandakan kondisi laut yang cukup bershabat untuk diseberangi.

Kami pun akhirnya berangkat dengan kapal yang sudah kami sewa seharga Rp 700 ribu untuk satu hari. Dengan kondisi mendung dan angin laut yang cukup asing bagi kami membuat salah satu anggota ada yang merasakan mabuk laut.

Jangan lupa untuk isi perut ya sebelum melakukan hopping island apalagi di musim yang tak menentu seperti saat ini. Meskipun saat berangkat kami merasakan hujan dan gerimis, namun menjelang siang kami berhasil snorkeling di salah satu spot terumbu karang.

Menurut nelayan yang menemani kami, hari itu cukup memungkinkan untuk snorkeling meskipun saat pagi hujan deras. Karena ombak laut tidak dapat diprediksi, ada atau tidak nya matahari tidak menentukan apakah bisa snorkeling pada hari itu. Buat kamu yang mau ke Belitung, lebih baik kejar keindahannya saat musim kemarau karena akan memudahkan perjalanan mu!

---

Artikel ini kiriman pembaca detik Travel, Aulia Anugrah Intani, Anda juga bisa mengirim cerita perjalanan ke link ini

BERITA TERKAIT