Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Feb 2021 15:46 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Watu Nganten, Si Cantik dari Balik Gunung Merapi

Graece Tanus
d'Traveler
Paduan indah gagahnya Gn.Merapi dan Grojokan Ndelik
Paduan indah gagahnya Gn.Merapi dan Grojokan Ndelik
Merapi dan segala aktifitasnya dapat dilihat dari tempat ini.
Merapi dan segala aktifitasnya dapat dilihat dari tempat ini.
Menyambut matahari pagi
Menyambut matahari pagi
Merapi yang gagah dengan aktifitasnya berpadu dengan Grojokan Delik yang jernih airnya.
Merapi yang gagah dengan aktifitasnya berpadu dengan Grojokan Delik yang jernih airnya.
Grojokan Ndelik yang tak pernah surut debit airnya sepanjang tahun.
Grojokan Ndelik yang tak pernah surut debit airnya sepanjang tahun.
detikTravel Community -

Taman Nasional Gunung Merapi punya spot wisata menarik bernama Watu Nganten. Tempat ini sangat indah dan cocok untuk melepas penat.

Watu Nganten, mungkin belum banyak yang tahu dengan nama tempat ini, karena sejatinya tempat wisata alam Watu Nganten boleh dibilang masih baru. Terletak di Dusun Ngentak Desa Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dapat ditempuh sekitar 15 km dari Kota Mungkid, ibukota Kabupaten Magelang ke arah timur.

Watu Nganten masih termasuk di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Watu Nganten menawarkan udara segar di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dengan berlatar panorama Gunung Merapi yang gagah dan indahnya sungai Mbelan yang mempunyai debit air yang keluar cukup besar.

Sungai ini juga dijadikan sumber air dan irigasi persawahan untuk masyarakat setempat. Hampir sepanjang tahun sungai ini tidak pernah kering. Jadi tempat ini boleh dibilang paket lengkap wisata alam yang memadukan gagahnya Gunung Merapu dan aliran air sungaii Mbalen ditambah sebuah grojokan yang disebut dengan nama Grojokan Ndelik.

Bila mengunjungi tempat ini di pagi hari dan cuaca mendukung maka kita dapat menyaksikan sunrise indah dipadu dengan curahan air dari Grojokan Ndelik yang airnya mengalir menyatu dengan sungai Mbelan.

Sungguh suatu pemandangan indah yang menjadi daya tarik dari tempat ini untuk dikunjungi bersama keluarga. Ketika beberapa waktu yang lalu kami mengunjungi tempat ini di pagi hari sempat terlihat dengan jelas aktifitas Gunung Merapi dengan jelas.

Saat ini Watu Nganten masih dikelola oleh masyarakat Dusun yang tergabung dalam kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Permata Wisata dan mereka berencana terus meningkatkan pengelolaan secara profesional sebagai kawasan wisata air.

Sayangnya ketika masyarakat setempat sadar akan potensi Watu Nganten sebagai kawasan pariwisata tempat ini baru dijadikan sebagai area tambang pasir. Dari tempat ini juga ada cerita menarik tentang legenda Watu Nganten dimana terdapat 2 buah batu yang berdampingan tak terpisahkan walau sebesar apapun aliran sungai ini.

Hal ini secara garis besar menggambarkan seperti bahtera kehidupan dalam berkeluarga. Penasaran dengan semua keindahan yang ditawarkan dari kawasan wisata Watu Nganten ini? Ayo, ajak keluarga untuk mengunjungi tempat ini sekaligus memberikan dukungan untuk masyarakat setempat dalam mengembangan kawasan ini menjadi kawasan ekowisata terbesar di Magelang. Satu lagi nih, tiket masuknya masih terbilang ekonomis untuk tempat seindah ini.

BERITA TERKAIT