Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Feb 2021 12:34 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Backpacker, Ini Homestay Kapsul Murah Mepet Candi Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Homestay Halal Borobudur
(Eko Susanto/detikcom) Homestay Halal Borobudur
Magelang -

Di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terdapat sejumlah homestay. Homestay yang ditawarkan dengan beragam fasilitas dan harga sewanya, namun yang ini halal.

Dari sekian homestay yang ada di sekitar Candi Borobudur, salah satunya yang berada di Desa Bahasa, tepatnya di Dusun Parakan, Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur. Namanya Homestay Halal Borobudur.

Lokasi ini sangat cocok untuk bermalam bagi wisatawan yang mengajak keluarga dan anak-anaknya. Bonus yang nginap di homestay ini bisa berfoto-foto maupun selfie di 32 spot yang tersedia.

"Orang yang nginap di sini baik yang dormitory atau family mereka otomatis bisa menuju 32 spot selfie. Ada juga terapi ikan dan yang anak-anak itu ke trampolin. Panahan di sini kita setting tidak hanya jemparingan, tapi juga panahan dengan selfie," kata Hani Sutrisno, pemilik Homestay Halal Borobudur Desa Bahasa saat ditemui detikTravel, Selasa (9/2/2021).

Hani menuturkan, sekarang mulai banyak yang membuka penginapan syariah. Penginapan yang tersedia sehat dan tidak menyediakan alkohol.

Homestay Halal BorobudurHomestay Halal Borobudur Foto: (Eko Susanto/detikcom)

"Teman-teman sekarang mulai banyak yang membuka penginapan syariah. Ini bukan berarti sok Islami, tapi penginapan yang sehat. Sehat itu penting, nggak ada alkohol," tuturnya.

Dalam pengelolaan bisnis syariah, kata dia, pertama tidak menyediakan alkohol, kemudian menyediakan perlengkapan ibadah. Selain itu, yang bukan muhkrimnya tidak boleh satu kamar.

"Di dalam pengelolaan bisnis syariah, kita tidak menyiapkan alkohol. Kita menyiapkan perlengkapan ibadah, kemudian tidak boleh yang bukan muhrimnya jadi satu kamar," ujarnya.

Homestay Halal BorobudurHomestay Halal Borobudur Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Hani mengatakan, homestay yang tersedia juga membidik wisatawan backpacker dengan budget tipis. Untuk itu, bagi wisatawan backpacker bisa menginap di kapsul.

"Kami memang menyasar wisatawan backpacker," tuturnya.

Desa Bahasa, katanya, tetap mengikuti apa yang ditetapkan pemerintah. Sejauh ini juga telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Kita tetap ikut pemerintah, apapun keputusan pemerintah kita ikuti," ujar Hani.

Sementara itu, Manajer Homestay Halal Borobudur, Nurrofingatul Aziz menambahkan, pada masa pandemi Covid-19 ini ada promo harga kamar. Adapun kamar yang tersedia meliputi family room, standard room dan kapsul.

Homestay Halal BorobudurHomestay Halal Borobudur Foto: (Eko Susanto/detikcom)

"Pada masa pandemi ini, kami ada promo harga kamar," tuturnya.

Adapun harga kamar yakni untuk family room bisa untuk 4 sampai 6 orang Rp 800.000, kemudian saat pandemi ini Rp 400.000 sampai Rp 600.000. Untuk standar room hari biasa Rp 500.000, sedangkan saat pandemi ini Rp 265.000. Berikutnya yang kapsul Rp100.000, saat pandemi sebesar Rp75.000.

"Wisatawan yang nginap disini bisa foto-foto di 32 spot selfie yang ada," ujarnya.

Kemudian khusus yang kapsul, kata dia, menggunakan protokol Covid-19 juga karena antar kamar ada pembatasnya.



Simak Video "Menikmati Udara Sejuk di Dataran Tinggi Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA