Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Feb 2021 17:52 WIB

TRAVEL NEWS

Berkaca Harimau Lepas di Sinka Zoo, BKSDA Jateng Cek Kandang di Taman Jurug

Kartika Bagus
detikTravel
BKSA Jateng meninjau kelayakan kandang di Taman Jurug, Rabu (9/2/2021).
BKSA Jateng meninjau kelayakan kandang di Taman Jurug, Rabu (9/2/2021). (kartika bagus/detikTravel)
Solo -

Balai Konservasi Sumber Alam (BKSDA) Jawa Tengah melakukan pengecekan dan pemantauan beberapa kandang hewan di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Selasa (9/2/2021). Agar tidak sampai terjadi hewan lepas.

BKSDA berkaca kepada kejadian harimau keluar kandang di Sinka Zoo, Kota Singkawang, Kalimantan Barat pada Jumat (5/2/2021). Apalagi, Taman Jurug di Surakarta, Jawa Tengah mulai dibuka lagi untuk umum, termasuk anak-anak usia di atas 5 tahun.

Pantuan detik.com, tiga orang petugas BKSDA melakukan pengamatan dan pemotretan lokasi kandang singa dan harimau Jawa di bagian timur kandang. Selain itu, mereka mengecek dan melihat kondisi kandang buaya yang berada di selatan dekat dengan telaga.

Petugas BKSDA kemudian mengecek lokasi kandang harimau Sumatera, Vini dan Vidi, yang berumur 16 tahun.

Sudadi, Plt Kepala Seksi Wilayah 1 Surakarta, mengatakan bahwa kunjungan BKSDA Jateng ke Taman Jurug itu merupakan kunjungan rutin ke lembaga konservasi.

"Terkait kondisi kandang kandang di Taman Satwa Taru Jurug, kebetulan juga hari ini dibukanya TSTJ dibuka untuk umum," kata Sudadi.

"Pada prinsipnya, kami melihat kandang harimau, terus singa dan buaya serta binatang buas lain. Kami pastikan kondisi kandang masih bagus dan layak, tidak rusak dan masih layak untuk satwa tersebut," dia menambahkan.

BKSA Jateng meninjau kelayakan kandang di Taman Jurug, Rabu (9/2/2021).BKSA Jateng meninjau kelayakan kandang di Taman Jurug, Rabu (9/2/2021). Foto: kartika bagus/detikTravel

"Kami mewanti wanti agar kandang selalu dirawat dan bagus, sehingga hewan tidak akan lepas, tidak akan mengancam dan membahayakan bagi pengunjung," dia menjelaskan.

Ya, dua ekor harimau, Eka dan Tora, milik kebun binarang Sinka Zoo di Singkawang Kalimantan Barat, lepas dari kandang dan mengakibatkan salah satu petugas kebun binatang tewas diterkam.

Hujan lebat yang mengguyur Kota Singkawang berhari-hari menyebabkan tanah longsor di sekitar kandang harimau Sinka Zoo, yang terletak di kawasan perbukitan.

Diduga tanah di bawah terali kandang harimau longsor dan menyebabkan adanya lubang yang cukup besar. Sehingga harimau bisa keluar dan sempat berkeliaran di jalanan. Hal inilah yang diantisipasi BKSDA Jawa Tengah dengan melakukan monitoring dan kunjungan rutin.

Sementara itu, Taman Jurug mulai dibuka lagi setelah sempat tutup pada 1-8 Februari karena sepi pengunjung. Pembukaan Taman Jurug itu seiring dengan dikeluarkannya aturan anak-anak berusia 5 tahun ke atas bisa mendatangi tempat wisata.



Simak Video "BKSDA Jateng Pantau Kandang Taman Satwa Taru Jurug"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA