Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Apr 2021 16:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

4 Rekomendasi Wisata Kuliner di Nanggulan, Kulonprogo

Abdul Hadi
d'Traveler
Foto: detik
Foto: detik
Foto: detik
Foto: detik
detikTravel Community -

Traveler tentu saja tidak asing dengan kota Yogyakarta. Tapi bagaimana dengan Kulonprogo? Jangan salah, ada 4 wisata kuliner yang direkomendasikan di kota ini.

Kota ini memiliki berbagai kuliner yang lezat, destinasi wisata yang memukau, dan tentu saja terkenal murah. Salah satu tempat wisata kuliner yang populer tahun ini yaitu berada di Nanggulan, Kulon Progo.

Kabupaten Kulon Progo merupakan daerah bagian dari Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di sebelah barat DIY. Kulon Progo yang berjarak 50 menit perjalanan dari Kota Yogyakarta ini terkenal dengan destinasi wisata kuliner yang menyuguhkan keindahan alam area pegunungan yang dikelilingi oleh area persawahan.

Kulonprogo juga terkenal sebagai salah satu tempat berwisata sepeda karena memiliki latar belakang perbukitan menoreh yang indah. Ya, wisata kuliner daerah Kulonprogo cocok untuk dijadikan tempat melepas penat dari kehidupan di Kota yang padat.

Selain memiliki tempat wisata juga memiliki sederet tempat nongkrong yang tergolong paling murah karena disuguhkan dengan keindahan alam perbukitan dan persawahan yang mungkin bisa menyegarkan mata.

Berikut, 4 rekomendasi wisata kuliner yang ada di Nanggulan Kulon Progo:


1. Kopi Ampirono

Kopi Ampirono terletak di Jalan Raya Kaligesing, Tileng, Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewah Yogyakarta. Dengan jarak tempuh sekitar 21 Km dari arah Kota Yogyakarta, tempat nongkrong ini cukup terkenal dikalangan muda maupun dewasa, karena berada di atas perbukitan yang menyuguhkan hamparan sawah dan suasana pedesaan yang indah.

Kalian juga dapat menyaksikan matahari terbenam yang sangat memukau keindahannya pada sore hari. Menu yang tergolong murah sehingga menjadi daya tarik bagi para anak muda, harga makanan dan minuman disini sangat terjangkau mulai dari 3.000 - 10.000 Rupiah.

Tidak hanya pemandangan yang indah, ada juga live musik yang akan menghibur kalian semua. Namun untuk sementara live musik ditiadakan karena dampak Covid 19. Jam operasional Kopi Ampirono mulai pukul 10:00 - 21:00 WIB setiap harinya.

2. Geblek Menoreh View

Geblek Menoreh View yang terletak di Pamonosutan, Kembang, Pronosutan, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, tidak kalah menariknya dengan Kopi Ampirono, Wisata kuliner Geblek Menoreh View juga menyuguhkan keindahan alam yang sangat indah. Disini kalian juga disajikan dengan berbagai macam makanan angkringan, dan menu favorite adalah Geblek (singkong) yang tentunya dengan harga bersahabat kisaran 1000 - 8000 Rupiah.

Berbeda dengan Kopi Ampirono yang memanjakan mata dengan pemandangan dari atas perbukitan. Geblek Menoreh View tak kalah menarik dengan keindahan alamnya dimana terdapat hamparan sawah yang sangat luas dilengkapi dengan pemandangan perbukitan di sekitarnya.

Kalian juga bisa berfoto-foto di tengah sawah. Di sini juga terdapat tempat penyewaan sepeda untuk pengunjung sehingga bisa menikmati pemandangan sambil mengendarai sepeda. Jam operasional Geblek Menoreh View dibuka pukul 07:00 - 19:00 WIB.

3. Kopi Ingkar Janji

Lalu ada juga tempat gak kalah menarik nih, Kopi Ingkar Janji yang berada di Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat nongkrong ini gak kalah ramai pengunjung dimana menyuguhkan ruang terbuka sehingga pengunjung dapat nongkrong santai menyatu dengan alam terbuka, sambil meminum berbagai kopi yang ada di menu dan ditemani pemandangan hamparan bukit-bukit yang sangat menawan.

Selain tempat terbuka, Kopi Ingkar Janji juga menyediakan ruangan di dalam berupa Joglo bernuansa etnik dan tradisional untuk para pengunjung. Pengunjung tidak perlu merogoh kocek banyak karena menu yang tersedia antara 2.000 - 15.000 Rupiah. Untuk jam operasional cafe dibuka pada pukul 09:00 - 21:00 WIB.

4. Geblek Pari Nanggulan

Yang terakhir ada Geblek Pari Nanggulan terletak di Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta. Rumah makan berkonsep pedesaan khas masyarakat Jawa. Nama Geblek Pari digunakan untuk hamparan sawah indah yang bersebelahan dengan tempat makan ini.

Kebanyakan pengunjung datang ke sini untuk sekedar bersantai di tepi sawah. Untuk urusan kulinernya, Geblek Pari menawarkan menu utama Geblek (singkong) yang merupakan ikon makanan Kulon Progo dan masih banyak menu lainnya.

Harganya di sini juga cukup terjangkau dengan kisaran harga 3.000 - 10.000 Rupiah. Jam operasional mulai pukul 08:00 - 20:00 WIB.

Gimana? Cocok bangetkan buat teman-teman yang ingin menikmati pemandangan dan nongki bareng keluarga, sahabat atau bahkan pacar, dengan harga kantong yang pas.

Apalagi buat anak muda yang berada di Yogyakarta di akhir bulan pengen wisata kuliner bernuansa alam cocok banget deh. Cus tunggu apa lagi gaes...

BERITA TERKAIT