Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Apr 2021 17:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Melihat Keindahan Purbasari Pancuran Mas Purbalingga, Ada Aquarium Raksasa!

Fadiyah Miftakhul
d'Traveler
Wisata Edukasi Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Wisata Edukasi Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Aquarium Raksasa
Aquarium Raksasa
Koleksi ikan air tawar berukuran jumbo
Koleksi ikan air tawar berukuran jumbo
detikTravel Community -

Selain terkenal dengan pabrik bulu mata palsu dan knalpot, Purbalingga juga terkenal dengan keindahan alamnya. Terutama pesona wisata air yang dimiliki.

Lokasi Kabupaten Purbalingga yang berada di bawah kaki Gunung Slamet, sehingga sumber airnya masih asri. Salah satu objek wisata air yang terkenal di kota ini adalah Purbasari Pancuran Mas.

Siapa sih yang tidak tahu Purbasari Pancuran Mas? Objek wisata ini berlokasi di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga. Diresmikan pada tahun 2001 oleh Bupati Triyono Budi Sasongko, setiap tahunnya wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar kota.

Saat ini, Purbasari Pancuran Mas terus berkembang hingga memiliki lebih dari 200 jenis ikan air tawar, 100 jenis burung, waterboom, wisata perahu dan yang terbaru adalah pusat oleh-oleh khas Purbalingga, wah lengkap banget kan? Selain itu, wisata edukasi ini juga terkenal dengan aquarium raksasa yang eksotis dan satu-satunya di Purbalingga.

Semua keindahan dalam wisata ini berada di tanah milik Pemerintah Kabupaten Purbalingga seluas 6 hektare dan akan terus diperluas. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, daya tarik utama wisatawan adalah koleksi ikan raksasa dan aquarium raksasanya.

Salah satu koleksi ikan raksasa di sini adalah ikan Patin Albino berukuran jumbo dan ikan Arapaima Gigas yang memiliki panjang 2-2,5 meter serta bobotnya mencapai 1,5 Kwintal. Wow fantastis banget ya trevelers!

Lalu, ada aquarium raksasa yang membuat pengunjung kagum akan keindahan serta keeksotisannya

"Koleksi ikan air tawarnya banyak banget dan lengkap, selain itu ada juga wisata-wisata lain yang ga kalah serunya. Pokoknya asik banget deh" ujar Khusni, wisatawan asal Banjarnegara.

Koleksi ikan berukuran kecil hingga sedang juga tak kalah menariknya, terdapat koleksi ikan leopard brush, ikan badut, lung fish, ikan reddevil lemon, ikan koi, ikan arwana, dan masih banyak lagi. Menjelajahi wisata seluas 6 haktare pasti membuat kita penat, tapi travelers tak perlu khawatir, karena pihak pengelola menyediakan gazebo di setiap sudut dan jumlahnya sangat banyak.

Tak hanya itu, terdapat juga masjid yang luas nan bersih, toilet, foodcourt, tempat cuci tangan serta kemudahan akses bagi kaum difabel. Memiliki koleksi ikan air tawar yang jumlahnya sampai ratusan tentunya dibutuhkan perawatan yang ekstra agar keindahan serta keeksotisannya tetap terjaga.

Untuk aquarium ukuran kecil paling tidak dikuras dua kali dalam satu bulan, sedangkan aquarium sedang satu kali dalam satu bulan dan aquarium raksasa satu kali dalam dua bulan. Pakan yang digunakan juga beragam serta berbeda setiap jenis ikan. Alvin selaku pengelola menuturkan bahwa tiap harinya menghabiskan 30 kg pelet, 15kg ikan kecil, dan 35kg daging cincang.

Untuk travelers yang ingin berlibur ke sini cukup merogoh kocek Rp 21.000 untuk dewasa dan gratis bagi anak di bawah 3 tahun. Sebelum memasuki wisata edukasi ini, traveler wajib mencuci tangan dan dicek suhu tubuhnya serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Gimana traveler? Tertarik untuk datang ke sini? Cus langsung ke Purbasari Pancuran Mas Purbalingga!

---

Artikel ini ditulis oleh pembaca detik Travel, Fadiyah Miftakhul. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini

BERITA TERKAIT
BACA JUGA