Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Apr 2021 19:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jelajah Bukit Siregol Purbalingga, Hutan Amazonnya Indonesia

Andi Saputra
detikTravel
Bukit Siregol Purbalingga
Foto bersepeda di Bukit Siregol Purbalingga. (Andi Saputra/detikcom)
Purbalingga -

Bukit Siregol yang berada di Purbalingga, Jawa Tengah lagi viral di media sosial. Disebut-sebut alam perbukitannya seperti Hutan Amazon, Amerika Selatan. Yuk kita lihat bersama.

Untuk menuju Bukit Siregol, dapat ditempuh dari pusat kota Purbalingga dengan berbagai jalur. Sebab, jalanan menuju Bukit Siregol mulus dan nyaris tanpa lobang jalan berarti. Sehingga pengunjung tidak perlu takut tersesat karena jalan antar desa pun sudah aspal tanpa kerusakan berarti. Oleh sebab itu, dari kota Purbalingga bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor 30-an menit, baik sepeda motor atau kendaraan pribadi.

Dari kota Purbalingga menuju lokasi, banyak sekali pemandangan yang sangat menawan dan sayang dilewatkan. Seperti hamparan sawah dan terasering layaknya di Ubud, Bali. Sawah yang berundak-undak dibelah sungai berbatu yang masih alami membuat traveler tidak ingin segera beranjak.

Bukit Siregol PurbalinggaBukit Siregol Purbalingga Foto: (Andi Saputra/detikcom)

Bukit Siregol menjadi batas antara Desa Sirau dan Desa Kramat Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga. Angin sepoi-sepoi dingin berbalut tebing menjulang puluhan meter dengan sungai membelah di tengahnya menjadi ikon seperti Hutan Amazon, Amerika Selatan. Hutan di sepanjang perbukitan berupa hutan pinus dengan daun yang menjulang tinggi ke angkasa.

Waktu terbaik ke Bukit Siregol adalah saat sunrise dan sunset karena langit terlihat merah merona sehingga lebih dramatis. Kabut yang masih membalut bukit semakin menambah ciamiknya landscape. Untuk penginapan terdekat di Kota Purbalingga.

Bukit Siregol PurbalinggaBukit Siregol Purbalingga Foto: (Andi Saputra/detikcom)

Di kawasan hutan ini juga masih banyak ditemui satwa Owa Jawa, elang Jawa, monyet ekor panjang, bajing jelarangan, bintorung, bubut besar, dan kukang Jawa. Bahkan di pedalaman hutan, masih kerap ditemui babi hutan.

Sungai berbatu dengan air yang sangat sejuk bisa memanjakan traveler untuk mandi berlama-lama atau sekedar bermain air. Tapi jangan lupa, jangan buang sampah sembarangan ya di Bukit Siregol.



Simak Video "Jalur Sepeda Dipermanenkan, Jalan Sudirman-Thamrin Dipasang Beton"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA