Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Des 2020 13:04 WIB

TRAVEL NEWS

19 Kosakata Bahasa Hokkien Mandarin yang Sering Didengar Tiap Hari

Rosmha Widiyani
detikTravel
Barongsai hingga Gambang Kromong Meriahkan Imlek di Bundaran HI
Foto: Rolando/detikcom/19 Kosakata Bahasa Hokkien Mandarin yang Sering Didengar Tiap Hari
Jakarta -

Indonesia dikenal memiliki beragam budaya termasuk dalam bidang bahasa, yang berasal dari berbagai etnis. Salah satunya adalah bahasa Hokkien atau Hokkian yang merupakan bagian dari bahasa Tionghoa.

Bahasa Hokkien atau Hokkian selanjutnya mengalami akulturasi dengan bahasa Indonesia yang digunakan masyarakat. Hal ini disebutkan dalam tulisan Pergeseran Bahasa Mandarin Dialek Hokkian pada Keluarga Etnis Cina Benteng di Kelurahan Sukasari, Tangerang.

"Bahasa masyarakat Cina Benteng mengalami akulturasi dan mulai beradaptasi dengan budaya lokal. Misalnya dalam percakapan sehari-hari, mereka sudah tidak dapat lagi berbahasa Hokkian," ujar penulis Yulia Nurul Irawan dari Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, UPI.

Sejumlah kata pada dalam bahasa Tionghoa, tidak cuma bahasa Hokkien, pada kenyataannya tidak asing dengan masyarakat Indonesia. Kata-kata ini sempat digunakan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama.

Dalam acara 2020 International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas itu, Ahok menggunakan tiga kata dalam bahasa Tionghoa. Ketiganya adalah cuan, cengli, dan cincai yang menjadi jurusnya dalam menarik investor ke Indonesia.

"Pertama adalah cengli, fairness. C kedua adalah cuan, profit, kita membutuhkan profit, win-win solution dan ketiga cincai sangat mudah. Kita tidak perlu bicara terlalu banyak," kata Ahok.

Selain tiga kata tersebut, masih ada kata-kata lain dalam bahasa Tionghoa termasuk bahasa Hokkien yang kerap didengar dalam kehidupan sehari-hari. Kata-kata tersebut mungkin juga sering digunakan saat berkomunikasi.

Kosakata bahasa Hokkien Mandarin yang sering didengar

1. Cici= kakak perempuan

2. Koko= kakak laki-laki

3. Bakpao= bungkusan daing

4. Bihun= tepung beras

5. Cap cay= 10 macam sayur

Kosakata bahasa Hokkien terkait angka (nomina)

1. 1= it/ce

2. 2= ji/no

3. 3= sa

4. 4= si

5. 5= go

6. 6= lak

7. 7= cit

8. 8= pek

9. 9= kau/kaw

10. 10= cap

11. Puluhan= ban

12. Ratusan= pek

13. Ribuan= ceng

14. Jutaan= tiau/tiaw



Simak Video "Rekaman CCTV Saat China Diguncang Gempa M 6"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA