Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 31 Mar 2021 16:47 WIB

TRAVEL NEWS

17 Tempat Wisata Unggulan Sentul, Cocok Buat Weekend Ini

Abdul Majid
detikTravel
air terjun
Leuwi Hejo (Foto: (Idris Hasibuan/d'Traveler)
Jakarta -

Sentul merupakan salah satu kawasan yang terdapat di Kabupaten Bogor. Setidaknya ada 17 destinasi wisata di sini dan cocok buat tempat rehat buat weekend ini.

Kawasan ini sangat terkenal karena menerapkan konsep eco green di tempat wisatanya. Wsata di Sentul dikelilingi oleh gunung dan kondisi tanahnya yang berbukit.

Penerapan konsep eco green pada kawasan ini dapat terlihat dari berbagai macam objek wisatanya yang unik dan berada di alam. Selain berlibur kita juga bisa belajar di kawasan ini.

Pastinya tempat wisata ini bisa menjadi destinasi favorit untuk berkumpul dengan teman terdekat hingga keluarga. Kalau kamu berkunjung ke daerah Sentul, wajib banget untuk datang ke tempat wisatanya.

Berikut objek wisata alam yang terdapat di daerah Sentul, yaitu:

1. Air Terjun Bidadari Sentul

Air terjun ini memiliki air yang sangat segar dan berada di kawasan yang tersembunyi tepatnya di Desa Bojong Koneng. Salah satu daya tarik dari air terjun ini adalah kolam renang dikhususkan untuk anak-anak yang terletak di bawah air terjun dengan kedalamannya sekitar 30 cm.

Sedangkan untuk kolam renang dewasa memiliki kedalaman 1,5 meter. Curug Bidadari ini memiliki debit air yang cukup deras dengan ketinggian mencapai 50 meter.

2. Curug Putri Kencana Sentul

Curug ini terletak di Desa Central Karang tidak jauh dari Gunung Pancar. Air terjun ini memiliki air yang berwarna hijau tosca dengan kedalaman 3 meter.

Untuk kamu yang suka tantangan, dapat mencoba melompat dari jembatan bambu ke dalam kolam. Tinggi dari jembatan ini sekitar 6 meter dengan bebatuan besar di sekitarnya.

3. Curug Hordeng Sentul

Keindahan dari curug Hordeng ini tidak kalah menarik dengan Curug Kencana. Letaknya pun berdekatan dengan curug Kencana.

Memiliki air yang jernih berwarna hijau tosca dan kolam kecil dengan kedalaman sekitar 1,5 - 2 meter. Curug Hordeng berlokasi di Jalan Gunung Wangun, Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

4. Leuwi Hejo

Merupakan sebuah air terjun yang indah dengan diselimuti oleh udara yang sejuk dan segar dan dihiasi juga oleh panorama alam yang masih hijau. Terdapat berbagai macam flora di sekitaran Leuwi Hejo yang tumbuh subur.

Untuk lokasi dari air terjun ini terdapat di Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

5. Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul

Gunung Pancar berada di Jalan Desa Kampung Ciburial RT 3/ RW 3, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor.

Di tempat wisata ini kamu akan disuguhkan dengan panorama Hutan Pinus, Zona Fun Games, Corporate Team Building. Tak hanya itu, kamu juga bisa menginap di area ini dengan mendirikan tenda tanpa membawa peralatannya, karena sudah disediakan di area ini.

6. Kampung Agrowisata Sentul

Tempat wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai media untuk kegiatan anak-anak PAUD hingga SMA karena menyongsong tema "Go Green" sehingga mampu menjadikannya sebagai tempat untuk belajar lebih dekat dengan alam.

Berlokasi di Jalan Raya Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor kampung ini terbagi menjadi beberapa area, yaitu area kolam ikan, sawah, kandang sapi, kebun palawija, dan Sungai Cikeas. Kawasan ini juga menyediakan beberapa fasilitas seperti fun games, mengenal teknologi biogas, morfologi tumbuhan dan hewan.

7. Epic Outbound Sentul

Kawasan ini terletak di Jalan Durian Raya No 6 Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor dengan menyediakan beberapa paket wisata yang terdiri dari glamping, outbound, dan meeting.

Untuk paket glamping menyediakan fasilitas berkemah seperti dapur, tempat tidur, kamar mandi, dan tenda. Paket outbound menyediakan fasilitas paint ball games, archery, rafting, dan glamping. Sedangkan untuk meeting menyediakan fasilitas ruangan, kopi, dan satu kali makan siang.

8. Eco Art Park Sentul City

Kawasan Eco Art Park Sentul menggunakan tema "Green Property", taman ini digunakan sebagai media edukasi seputaran energi. Maka dari itu, taman ini dikelola oleh Komunitas Migas Indonesia (KMI) dan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI).

Di taman ini terdapat beberapa patung seperti patung Optimus Prime, Pesumo, penyayang hewan, dan ikon teknologi dari Eco Art Park Sentul. Eco park ini memiliki luas kurang lebih 3.500 m2 dan berada di daerah Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

9. Garuda Farm Sentul

Garuda Farm terletak di Jalan Raya Bojong Koneng, Bogor dengan mengandalkan wisata dari segi pertanian dan peternakan dengan sasaran utamanya yaitu pelajar TK, SD, SMP, SMA, dan kalangan mahasiswa.

Tempat ini menyediakan beberapa pilihan paket yang terbagi menjadi pelatihan pertanian dan peternakan, wisata alam, camping edukasi, dan ceremonial.

10. Kampoeng Koneng di Sentul City

Kampoeng ini menyongsong tema pedesaan dengan gaya Jepang, memiliki luas tanah sekitar 2.300 meter. Tak hanya itu, kampoeng ini pun banyak sekali menyajikan berbagai macam kuliner khas Indonesia dari seluruh pelosok negeri. Kompoeng ini terletak di Jalan Raya Tapos RT.03/RW.04, Sentul Selatan, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

11. Goa Agung Garunggang Sentul

Goa Agung Garunggang terletak di Jalan Ptp Terusan, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Tempat ini menghadirkan keindahan goa yang sangat memanjakan mata bagi yang melihatnya. Namun goa ini cukup sempit dan perjalanan yang ditempuh untuk sampai ke goa agak sulit.

12. Jungle Land Sentul

Jungle land ini termasuk ke dalam salah satu objek wisata yang sangat hits di Sentul dengan menawarkan berbagai macam fasilitas yang ramah anak. Jungle land hadir dengan empat wahana utama yaitu Explora, Carnivalia, Tropicalia, dan Mysteria.

Wisata ini terletak di Jalan Jungle Land No.1, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

13. Sawah Segar Sentul

Di sini kamu bisa mendengar suara gemercik air alami dari sungai yang mampu menenangkan hati saat mencicipi berbagai macam santapan, serta kamu juga bisa mengambil foto yang bagus di tempat ini.

14. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong adalah pasar objek wisata kuliner, terdapat 80 jenis kuliner yang ada di sini. Berada di lokasi Jalan MH. Thamrin No. Kav. 8, Cipambuan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

15. Sentulfresh Education Farm

Objek wisata ini berada di Kampung Cijulang RT.03/RW.03, Cadas Ngampar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Menawarkan empat kategori zona edukasi yaitu Happy Kids, Super Kids, Edukasi Keluarga, dan wisata tambahan.

Sedangkan untuk kegiatannya terdiri dari memerah susu sapi, memberi makan burung-burung, dan observasi.

16. Taman Wisata Alam Fantasia Sentul

Taman wisata ini menyediakan beberapa permainan seperti trampolin, papan seluncur, ayunan, battery car, dan bom-bom car. Untuk lokasinya sendiri, taman ini berada di Jalan Siliwangi, di samping Taman Budaya Sentul.

17. Taman Budaya Sentul City

Taman ini menyelipkan konsep budaya dengan temanya yaitu tradisional Sunda. Taman Budaya Sentul berdiri di atas tanah seluar 6 hektare. Taman ini menyediakan empat paket wisata yang terdiri dari Recreation program, Education program, Meeting program, dan Development program.



Simak Video "Pesona Alam yang Indah Dibalik Kawasan Mewah Kota Sentul, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA