Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Apr 2021 18:42 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Seru-Seruan di Ngawi, Ini 3 Rekomendasi Wisata Air Terjunnya

Bagas Aditya
d'Traveler
Salah satu spot foto di Air Terjun Suwono
Salah satu spot foto di Air Terjun Suwono
Keindahan Air Terjun Srambang
Keindahan Air Terjun Srambang
Kolam alami yang berada di aliran Air Terjun Suwono
Kolam alami yang berada di aliran Air Terjun Suwono
Keindahan Air Terjun Pengantin
Keindahan Air Terjun Pengantin
detikTravel Community -

Ngawi merupakan salah satu kabupaten yang terletak paling ujung barat Provinsi Jawa Timur dan langsung berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah. Namun siapa sangka, wilayah yang rata-rata dataran rendah ini menyimpan beberapa wisata air terjun dengan panorama yang sangat indah dan mempesona.

Jika anda sedang berada di Ngawi dan ingin berlibur menikmati alam dan mencari udara segar, tidak ada salahnya anda berkunjung ke 3 rekomendasi air terjun berikut:

1. Air Terjun Srambang

Dulu Air Terjun Srambang yang sekarang disulap menjadi Srambang Park terletak di Dusun Manyul, Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Ngawi. Akses jalannya sudah cukup baik.

Tiket memasuki wisata air terjun hanya dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 per orang dan untuk tarif parkir kendaraan mulai dari Rp 5000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Wisata ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Dengan harga yang cukup terjangkau, traveler sudah dapat menikmati fasilitas-fasilitas yang ada di area wisata Air Terjun Srambang, seperti rumah makan, kolam renang buatan, dan berbagai spot foto yang instagramable, serta wisata utama Air Terjun Srambang yang memiliki panorama yang indah dan asri.

2. Air Terjun Suwono

Air Terjun Suwono letaknya tidak begitu jauh dari wisata Air Terjun Srambang, yaitu di Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe. Kawasan wisata ini memiliki akses jalan yang cukup ekstrem, karena letaknya sedikit terpencil.

Namun jangan khawatir, sesampainya di lokasi, Anda akan disambut dengan hutan pinus yang menjulang tinggi, suasana yang tenang, dan udara yang sangat sejuk. Air Terjun Suwono memiliki beberapa kolam alami sehingga pengunjung dapat berenang menikmati sejuknya aliran air yang berasal dari sumber air terjun.

Tarif tiket untuk memasuki wisata cukup terjangkau yaitu sebesar Rp. 15.000 per orang dan untuk tiket parkirnya mulai dari Rp. 5.000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Terdapat juga fasilitas kafe di depan pintu masuk air terjun, tempatnya juga sangat nyaman, tenang dan sangat cocok buat anda yang ingin menenangkan pikiran dan mencari inspirasi.


3. Air Terjun Pengantin

Sesuai dengan namanya Air Terjun Pengantin atau disebut juga air terjun kembar memiliki dua aliran air terjun yang bersebelahan. Jika diibaratkan, air terjun ini seperti sepasang pengantin.

Air terjun Pengantin terletak sangat dekat dengan Air Terjun Suwono yaitu di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe. Akses jalan menuju air terjun yang baik serta terdapat banyak spot foto yang instagramable sudah anda dapatkan dengan biaya tiket masuk Rp. 10.000 per orang dan biaya parkir Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp. 2.000 untuk motor.

Selain itu, air terjun ini memiliki ketinggian 12 meter sehingga anda diperbolehkan untuk bermain air di bawah air terjun langsung.

---

Artikel ini ditulis oleh pembaca detik Travel, Bagas Aditya. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini

BERITA TERKAIT
BACA JUGA