Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Apr 2021 09:31 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bukit Rimpi Pelaihari, Wisata di Atas Awan

M Karima
d'Traveler
Pemandangan di Puncak Bukit Rimpi
Pemandangan di Puncak Bukit Rimpi
detikTravel Community -

Keindahan di Indonesia memang tiada tara. Banyak sekali wisata wisata alam yang bisa memanjakan mata, mulai dari alam laut, tanah, dan udara. Wisata-wisata alam ini mungkin bisa menjadi destinasi anda semua untuk berlibur.

Salah satu wisata alam yang fenomenal di Kalimantan Selatan, ialah Bukit Rimpi. Banyak orang yang beranggapan jika belum ke Bukit Rimpi maka belum singgah ke Kalimantan Selatan.

Wisata alam ini bisa dibilang wisata alam yang baru terlihat oleh mata manusia, jika biasanya orang-orang akan berlibur ke pantai. Kini Kota Pelaihari memberikan tambahan destinasi berliburnya. Perjalan menuju bukit indah ini tidaklah sulit, hanya saja membutuhkan waktu yang cukup lama.

Lokasi Bukit Rimpi

Bukit Rimpi terletak di desa Tampang, Pelaihari, Tanah Laut. Sebelum menuju desa tersebut, anda akan lebih dulu berjalan menuju Kota Pelaihari. Dari kota Banjarmasin menuju Pelaihari, perjalanan yang anda tempuh akan memakan waktu sekitar 2 jam setengah.

Selama 2 jam setengah itu, anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang luar biasa dari Kota Pelaihari. Sesampainya di kota Pelaihari, perjalanan anda tidak lah berhenti, untuk menuju desa Tampang, anda dapat melanjutkan perjalanan menuju desa Tampang, sekitar 1 jam lagi dari Pelaihari.

Setelah satu jam perjalanan, maka anda telah sampai dan siap menuju Bukit Rimpi. Bukit ini ada di sebelah kanan jika dari kota Pelaihari. Perjalanan anda dari bawah menuju atas bukit Rimpi juga tidak sulit, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga sampai ke puncak bukitnya. Tanjakan yang dilalui juga tidak terlalu curam sehingga anda dapat menghemat energi untuk sampai ke puncak bukit Rimpi.

Perjalanan panjang yang anda tempuh untuk sampai ke puncak Bukit Rimpi bisa langsung terbayarkan. Bukit yang minim akan pohon-pohon tinggi ini memang sangat indah. Bukit Rimpi bisa dibilang sebagai salah satu wisata alam yang indah di Pelaihari.

Rumput-rumput ilalang di sekitar bukit menjadikan suasana sangat tenang, ilalang-ilalang tersebut akan berbunyi seiring dengan hempasan angin di sana. Di puncak bukit anda juga akan merasa segar.

Anda dapat melihat bukit-bukit lain yang indah di sekitar secara 360 derajat. Mulai dari perkebunan kelapa sawit sampai beberapa proyeksi pemerintah kabupaten Tanah Laut yang baru juga dapat terlihat disana.

Anda yang sedang menikmati indahnya pemandangan dari bukit Rimpi sangat disarankan mengunjunginya menjelang sore hari, sebab banyak para wisatawan yang mengunjungi bukit Rimpi ini hanya untuk melihat matahari terbenam.

Dipastikan jika anda melihat matahari terbenam disana, maka anda akan berasa sangat dekat dengan pemandangan indah tersebut. Uniknya lagi di Bukit Rimpi ini ialah pada saat waktu tertentu, anda dapat melihat perbedaan cuaca yang tidak kontras, bisa saja di daerah barat cuaca terlihat gelap namun di daerah timur cuaca terlihat terang.

Tidak hanya pemandangan luar biasa, bukit yang sering disebut sebagai Bukit Teletubbies juga menyajikan pemandangan beberapa hewan ternak di sana. Konsep ini terlihat layaknya daerah-daerah luar negeri seperti di Swiss ataupun New Zealand.

Pengujung juga dapat menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit di sana dengan nyaman. Dan yang paling wajib jangan lupa membawa kamera, karena sangat rugi sekali jika anda tidak mengabadikan pemandangan-pemandangan di sekitar bukit Rimpi.

Anda dapat berfoto bersama kerabat, pasangan, keluarga dari sudut manapun di bukit tersebut. Untuk biaya yang dikeluarkan juga tidak mahal, cukup 5 ribu per orang dan parkir 15 ribu per kendaraan, anda sudah bebas melakukan apapun di puncak Bukit Rimpi.

Beberapa Tips Sebelum ke Bukit Rimpi

Sebelum mengunjungi sebuah wisata, ada baiknya untuk menyiapkan beberapa peralatan. Hal ini berguna untuk mengurangi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Begitu pula dengan Bukit Rimpi. Beberapa tips ini dapat anda lakukan jika anda ingin bepergian ke Bukit Rimpi.

Seperti halnya sebuah bukit yang didaki, tentu sangat diperhatikan pada masalah pakaian. Sama seperti mengunjungi beberapa bukit-bukit lainnya, memang ada baiknya untuk menggunakan alas kaki yang nyaman. Seperti menggunakan sepatu olahraga ataupun sandal gunung.

Sangat tidak dianjurkan menggunakan sepatu hak tinggi ataupun sepatu-sepatu lainnya yang dapat menyusahkan diri sendiri. Selain pakaian yang harus diperhatikan, ketika anda menuju Bukit Rimpi ada baiknya membawa makanan sendiri.

Sebab di atas puncak Bukit Rimpi ini tidak ada orang yang berjualan, itulah mengapa untuk membawa makan atau minum dari luar bukit Rimpi. Selain makanan, anda juga dapat membawa payung agar dapat melindungi anda dari hujan dan panas.

Jika ingin bermalam di Bukit Rimpi, sangat disarankan untuk membawa tenda sendiri, daerah di sekitar Bukit Rimpi masih belum menyediakan penyewaan tenda ataupun alat alat berkemah lainnya, pengunjung yang ingin bermalam di puncak bukit harus menyediakan peralatan secara mandiri.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, M Karima. Anda bisa juga mengirimkan artikel perjalanan anda melalui link ini

BERITA TERKAIT
BACA JUGA