Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Apr 2021 20:34 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Taman Gandrung Terakota, Desa Seribu Penari dari Banyuwangi

Alex Zulfikar
d'Traveler
Taman Gandrung Terakota, salah satu destinasi wisata budaya sekaligus ikon wisata Banyuwangi.
Taman Gandrung Terakota, salah satu destinasi wisata budaya sekaligus ikon wisata Banyuwangi.
detikTravel Community -

Banyuwangi memiliki ragam destinasi wisata yang lengkap untuk dijelajahi. Dari gunung sampai pantai ada semua.

Khusus untuk wisata budaya, Banyuwangi yang terkenal dengan julukan "Sunrise of Java" ini memiliki obyek wisata menarik, yaitu Taman Gandrung Terakota. Di Taman Gandrung Terakota ini ada kurang lebih seribu patung penari gandrung yang terbuat dari terakota (tembikar) yang berderet di area taman dan persawahan.

Tari Gandrung merupakan salah satu ikon wisata Banyuwangi sekaligus representasi kekayaan budaya dan keindahan destinasi di ujung timur Pulau Jawa ini.

Saat cuaca cerah, pemandangan di area persawahan dan panorama bukit hijau menambah suasana semakin sejuk di Taman Gandrung Terakota. Dari lokasi ini juga tampak puncak Gunung Ijen.

Taman Gandrung Terakota berada di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, berjarak kurang lebih 17 kilometer dari kota Banyuwangi, melewati jalur yang sama dengan menuju Kawah Ijen.

Tiket masuknya sebesar RP 10 ribu per orang, sudah termasuk biaya parkir. Pengunjung juga bisa menikmati kopi dan coklat khas Ijen di kafe yang ada di dalam kawasan Taman Gandrung Terakota.

Selama masa pandemi, Taman Gandrung Terakota tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan. Traveler harus melakukan pengecekan suhu tubuh saat masuk, memakai masker, cuci tangan, dan anjuran jaga jarak selama di lokasi wisata.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA