Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Mei 2021 17:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ada Oleh-oleh Baru Nih dari Pekalongan, Namanya Iki Cak Wir

Deni Kurniawan
d'Traveler
Foto: detik
Foto: detik
Foto: detik
Foto: detik
detikTravel Community -

Ada oleh-oleh baru dari Pekalongan buat dibawa pulang traveler. Namanya Iki Cak Wir. Wujudnya berupa ikan cakalang suwir yang lezat.

"Kota Batik di Pekalongan", salah satu bait lagu yang selalu terkenang manakala berjalan ke salah satu kota yang terletak di Jawa Tengah ini. Maklum, kota ini merupakan salah satu sentra pengrajin batik yang sudah terkenal di Indonesia.

Tapi tunggu dulu, ternyata kota Pekalongan bukan hanya punya batik saja. Masih banyak hasil karya yang lain, yang bisa kita bawa pulang sebagai cindera mata ataupun oleh-oleh.

Terkenal dengan salah satu kota penghasil biota laut juga, ternyata ada salah satu kudapan unik dari sini. Datang ke Pekalongan, ketika itu saya mencoba untuk singgah dan bermalam di Santika Pekalongan, salah satu hotel yang letaknya tidak jauh dari Stasiun Kota Pekalongan.

Sudah begitu, letaknya juga strategis buat kita untuk mengeksplor lebih jauh Kota yang dekat sekali dengan garis Pantai Utara ini. Tidak terbayangkan memang, kita bisa mendapatkan kudapan yang unik ini dari salah satu Hotel berbintang tiga di Pekalongan. Tapi memang itu nyata adanya.

Oleh pihak hotel, kudapan ini diberi nama 'Iki Cak Wir'. Kalian bisa banget membawa pulang kudapan ini sebagai oleh-oleh.

Pihak hotel menjelaskan, kalau Iki Cak Wir ini adalah Ikan Cakalang Suwir. Dimana ikan jenis ini memang mudah sekali di dapat karena Pantai Utara terkenal dengan kekayaan ikan laut yang melimpah.

Iki Cak Wir ini merupakan ikan Cakalang yang proses pemasakannya sudah dipanggang lebih dulu agar tidak berbau amis dan sudah dipisahkan dari duri-durinya. Jadi, para pelancong tidak perlu repot lagi saat menyantap. Langsung hap saja.

Oleh-oleh unik ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 40.000. Makin lengkap, Iki Cak Wir diberikan tambahan sambal yang bisa menggugah selera, mulai dari sambal matah, sambal ijo dan sambal balado.

Tidak ada salahnya untuk mencoba, apalagi bagi kalian yang sedang mencari kudapan unik yang tak biasa. Memang jaraknya cukup jauh, ditempuh dengan waktu 5 jam dari Pusat Kota Jakarta. Tapi rasa lelah ketika menemukan makanan yang tidak biasa bagi Anda yang suka berburu kuliner-kuliner Nusantara akan terbayarkan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA