Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Jun 2021 15:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Musim Panas di Belanda, Memang Asyiknya Gowes Sepeda

Bersepeda di Belanda
Bersepeda di Belanda
Bersepeda di Belanda
Bersepeda di Belanda
Gerbang menuju Benteng Vechten
Gerbang menuju Benteng Vechten
Beragam atribut kelengkapan peserta tour
Beragam atribut kelengkapan peserta tour
Area Benteng Vechten
Area Benteng Vechten
Akhirnya saya dan suami dapat medali
Akhirnya saya dan suami dapat medali
detikTravel Community -

Setiap musim panas beragam kegiatan outdoors rutin diselenggarakan di Belanda. Salah satunya kegiatan tour sepeda. Paling asyik memang sepedaan di Belanda!

Sepeda memang menjadi satu di antara sarana transportasi utama warga Belanda. Setiap rumah umumnya memiliki sepeda, bahkan rata-rata jumlah sepeda melebihi jumlah penghuni rumah. Contohnya saya dan suami memiliki 4 sepeda, berbeda tipe dan penggunaannya.

Jadi jangan heran bila jumlah sepeda melebihi jumlah populasi penduduk Belanda. Parkiran sepeda terbesar di dunia pun ada di kota tempat tinggal kami, yaitu Utrecht.

Tour Sepeda musim panas tahun ini selain melewati perdesaan dan perkebunan, juga melewati beberapa Benteng Pertahanan ala Belanda yang dibangun di awal abad ke-19, yang dikenal dengan Hollandse Waterlinies.

Tour sepeda yang terselenggara berkat kerjasama ProvinsiNoord Holland, Provinsi Utrecht dan DeHollandseWaterlinies ini, sukses diikuti oleh sekitar 1.000 peserta. Pelaksanaan terbagi dalam 2 hari, yaitu, Sabtu, 19 dan minggu, 20 Juni 2021.

Lokasi start terbagi di 4 Kota yaitu, Purmerend, Abcoude, Utrecht dan Gorinchem. Ada sekitar 14 rute berbeda untuk setiap jarak tempuh, mulai dari 40 km, 60 km, 85 km dan 300 km.

Berdasarkan lokasi, saya dan suami memilih start di Benteng Lunet 1 Utrecht, dan memilih waktu start jam 10.00 pagi. Setiap peserta dibekali digital route, buku panduan, bendera peserta dan kartu stempel post.

Meski sinar matahari tak nampak, namun kami tetap bersyukur saat tour tidak turun hujan. Asyiknya bersepeda di area perdesaan, beragam perkebunan, dan tentu saja benteng atau "Fort" yang sarat sejarah, yang menjadi titik singgah kami, untuk meminta cap di kartu stempel post kami.

Kami pun menyempatkan diri berhenti di perkebunan petani, untuk membeli buah kersen dan stroberi, jus apel serta es krim stroberi.

Setelah semua kartu stempel post penuh terisi, pertanda kami sudah melewati semua pos singgah di berbagai Benteng yang dilalui, yaitu Benteng Lunet 1 dan Lunet 4, Benteng Batterijen, Benteng Vreeswijk, Benteng Werk aan de Korte Uitweg, Benteng Waalse Wetering, Benteng Vechten, lalu kembali memasuki garis finish di Benteng Lunet 1, dan menukarkan kartu stempel pos dengan medali.

Total kami bersepeda sehari itu 46 km, termasuk pergi dan kembali ke rumah. Semoga tahun depan kami bisa kembali berpartisipasi. Tetap jaga kesehatan jiwa dan raga, serta senantiasa bersyukur.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA