Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Jul 2021 19:49 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Traveler Tahu Cagar Budaya Dokterswoning di Metro?

Rohmatulloh
d'Traveler
Bangunan asli dokterswoning dari Leiden University Libraries
Bangunan asli dokterswoning dari Leiden University Libraries
Bangunan dokterswoning saat ini
Bangunan dokterswoning saat ini
Papan informasi cagar budaya dokterswoning
Papan informasi cagar budaya dokterswoning
detikTravel Community -

Siapa yang tidak kenal Metro sebagai kota pendidikan di Provinsi Lampung? Di sana terdapat cagar budaya bernama dokterswoning.

Di Metro ada Masjid Taqwa yang begitu megah berlokasi dekat Taman Merdeka. Tak jauh dari sana, ada bangunan cagar budaya peninggalan kolonial Hindia Belanda bernama dokterswoning.

Dokterswoning atau rumah dokter merupakan salah satu warisan hasil perencanaan kota yang secara integratif dilakukan Belanda pada saat itu. Bentuk asli bangunan dokterswoning dapat dilihat dari koleksi digital Leiden University Libraries. Melalui gambar digital ini maka kita dapat membandingkan dengan bangunan aslinya sekarang yang sudah berumur delapan puluhan tahun lebih.

Bangunan ini hanya sedikit mengalami perubahan di bagian luar maupun dalam. Perubahan merupakan sebuah keniscayaan karena kebutuhan setiap zaman berbeda-beda Namun, dari bangunan cagar budaya tersebut ada nilai-nilai inti yang tidak berubah.

Nilai ini dapat menjadi pelajaran baik bagi generasi sekarang untuk membangun karakter atau akhlak. Beberapa nilai atau budaya yang dapat digali dan mungkin dapat dikembangkan lebih banyak lagi kalau kita ingin memaknainya lebih dalam.

Nilai inti yang bersifat universal tersebut adalah nilai semangat pembangunan, kerja sama atau gotong royong, kemanusiaan dalam menjaga masyarakat yang tinggal di kota tersebut.

Dokterswoning saat ini sedang berbenah atau direnovasi. Harapannya ke depan dapat menjadi "Museum pendidikan" khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa domestik dan mancanegara untuk belajar tentang nilai yang membangun budaya dan peradaban kota pendidikan Metro dulu dan kini.

Untuk yang belum bisa menengok dari dekat karena pandemi COVID-19, dapat membaca buku kecil "Dokterswoning: Sejarah Rumah Dokter Kota Metro" tulisan Tim Ahli Cagar Budaya Metro. Temukan nilai-nilai budaya atau karakter sejarah perkembangan Kota Metro dan dokterswoning di sana.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA