Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Okt 2021 10:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Makam Keramat Solear dan Monyet Ekor Panjang

Gema Hakiki
d'Traveler
Wisatawan mengunjungi Makam Keramat Solear
Wisatawan mengunjungi Makam Keramat Solear
Wisatawan berziarah di Makam Syekh Mas Masad
Wisatawan berziarah di Makam Syekh Mas Masad
Betina sedang menyusui bayi Monyet Ekor Panjang
Betina sedang menyusui bayi Monyet Ekor Panjang
Potrait Pedagang Kacang di Kawasan Makam Keramat Solear
Potrait Pedagang Kacang di Kawasan Makam Keramat Solear
Monyet Ekor Panjang melakukan Grooming di Jembatan Sungai Cidurian
Monyet Ekor Panjang melakukan Grooming di Jembatan Sungai Cidurian
detikTravel Community -

Makam Keramat Solear bisa menjadi salah satu tujuan wisata religi di Tangerang. Di sini juga rumahnya monyet ekor panjang.

Letaknya dekat dengan aliran Sungai Cidurian, Makam Keramat Solear merupakan destinasi wisata ziarah sekaligus rumah bagi sekumpulan monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis). Keadaan tersebut menjadikan Makam Keramat Solear memiliki daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Lokasi wisata religi yang berada di Cisoka, Tangerang, Banten tersebut merupakan kawasan hutan lindung yang memiliki luas 4,5 hektar. Kalian dapat merasakan keteduhan saat menapaki kawasan ini.

Berbagai macam pohon yang sudah berusia cukup lama menjulang tinggi serta memayungi kawasan Makam Keramat Solear dengan rimbunnya dedaunan. Pohon bayur salah satu tanaman yang dapat banyak dijumpai di Makam Keramat Solear.

Terdapat banyak makam di Keramat Solear, salah satunya makam Syekh Mas Masad yang kerap kali dikunjungi wisatawan untuk berziarah. Menurut Durahman (74), salah satu kuncen, Syekh Mas Masad merupakan tokoh penyebar agama Islam di Banten.

Tidak ada biaya yang ditentukan saat wisatawan memasuki kawasan Makam Keramat Solear, seperti lokasi wisata pada umumnya. Hanya terdapat kotak amal yang berada di sisi kanan dan kiri jalan setapak, pengunjung hanya perlu memberikan biaya seikhlasnya untuk memasuki kawasan ini.

Saat memasuki Kawasan Keramat Solear, langkah wisatawan akan sedikit terhenti oleh sekumpulan Monyet Ekor Panjang yang sudah menunggu untuk diberikan makanan.

Entah sejak kapan sekumpulan monyet tersebut dapat memahami kehadiran wisatawan. Tapi tidak perlu khawatir, wisatawan dapat membeli kacang bungkusan yang ditawarkan oleh sejumlah pedagang yang berada di Kawasan Keramat Solear.

Populasi Monyet Ekor Panjang di Kawasan Keramat Solear dapat terbilang cukup banyak, mungkin karena kawasan ini berdekatan dengan salah satu habitat monyet ekor panjang yaitu sungai.

Jika anda ingin berwisata religi bernuansakan alam atau sekedar menikmati suasana alam serta berinteraksi dengan satwa liar, Keramat Solear cocok untuk anda kunjungi.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA