Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Okt 2021 16:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Saat Bendera Merah Putih Berkibar di Puncak Island Peak

Patuan Handaka
d'Traveler
Tim Ekspedisi STAPALA Island Peak Eko Santoso, Ilham R, Patuan Handaka, Mamad Rosidi, dan guide
Tim Ekspedisi STAPALA Island Peak Eko Santoso, Ilham R, Patuan Handaka, Mamad Rosidi, dan guide
Patuan Handaka dalam summit attact Island Peak
Patuan Handaka dalam summit attact Island Peak
Eko Santoso saat di puncak Island Peak
Eko Santoso saat di puncak Island Peak
Barisan Pegunungan Himalaya
Barisan Pegunungan Himalaya
Tim di Everest Base Camp saat aklimatisasi
Tim di Everest Base Camp saat aklimatisasi
detikTravel Community -

Gunung Everest menjadi impian dari semua pendaki. Kabar baik datang dari Tim Ekspedisi STAPALA yang mengibarkan bendera merah putih di salah satu puncaknya.

Tanggal 24 September, Tim Ekspedisi STAPALA yang berasal dari PKN STAN untuk pertama kalinya menjejakkan langkah ke Nepal alias Negara Seribu Kuil. Keempat anggota tim ekspedisi yang merupakan Aparatur Sipil Negara ini berasal dari instansi Direktorat Jenderal Pajak dan BPKP.

Tim Ekspedisi STAPALA menggunakan hak cuti tahunan dan dana pribadi dalam perjalanan ini. Misi tim menuju negara Nepal ini adalah mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin dalam pendakian di Himalayan Region sebagai bagian dari proyek STAPALA Road to Everest, menuju puncak tertinggi dunia.

Pendakian ke kawasan Himalaya ini dilakukan tim selama hampir tiga minggu lamanya. Tim melewati Everest Base Camp dengan tujuan utama adalah Imja Tse atau yang lazim disebut dengan Island Peak. Inilah salah satu puncak di Himalayan Region.

Dalam proses menuju Island Peak, dibutuhkan perjuangan berat. Selain harus menyesuaikan diri dengan suhu dan ketinggian, pendakiannya yang panjang juga menguras fisik dan stamina. Para pendaki tentunya dibayang-bayangi oleh resiko utama yaitu terkena Altitude Mountain Sickness (AMS).

Dalam proses menuju puncak Island Peak, pendaki harus melakukan dua kali percobaan. Pada summit attempt pertama, tim mengalami kendala pada tali yang terkubur dalam pada salju sehingga menguras stamina dan waktu.

Pada percobaan pertama tersebut juga, salah satu pendaki mengalami gejala AMS sehingga dibutuhkan perawatan dan harus kembali ke Basecamp. Selanjutnya, tim bersepakat untuk melanjutkan misi dan melakukan percobaan summit attempt kedua keesokan harinya.

Pada tanggal 8 Oktober 2021, tim ekspedisi STAPALA berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak Island Peak, dengan ketinggian 6.189 mdpl. Keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari doa dan dukungan tiada henti dari seluruh keluarga STAPALA di seluruh penjuru Indonesia.

Proses panjang yang dilakukan tim ekspedisi ini nantinya akan bermuara pada upaya pencapaian puncak tertinggi dunia, Gunung Everest dan menggenapkan pencapaian tujuh puncak tertinggi dunia.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA