Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Des 2021 15:42 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mari ke Pulau Onen, Rumah Penyu di Kepulauan Kei

Foto: detik
Foto: detik
Foto: detik
Foto: detik
foto tim ekspedisi kepulauan kei 2021 saat menikmati eksotika pulau onen

foto tim ekspedisi kepulauan kei 2021 saat menikmati eksotika pulau onen

view sunset di pulau onen

view sunset di pulau onen

detikTravel Community -

Kepulauan Kei dikenal dengan gugusan pulaunya yang indah. Salah satunya adalah pulau Onen yang jadi tempat tinggal bagi spesies penyu lucu. Mari simak kisahnya!

Dari sekian banyak pulau di Kepulauan Kei, hanya hitungan jari yang dikenal oleh kalangan traveler, baik lokal maupun mancanegara. Salah satu pulau yang belum terekspos dan kurang dikenal itu bernama Pulau Onen.

Pulau Onen dikenal juga sebagai pulau penyu, karena di pulau ini dampat dijumpai penyu beserta telurnya dalam jumlah banyak di bawah pasir.

Akses untuk menuju pulau ini bisa dimulai dari kota Tual dengan menyewa speed boat karena transportasi yang susah. Menggunakan speedboat merupakan alternatif transportasi yang paling efektif.

Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah menaiki kapal fery menuju Pulau Mangur dengan jarak tempuh kurang lebih 6 jam, lalu dilanjutkan menaiki perahu milik warga untuk menuju Pulau Onen.

Pilihan untuk turun di Pulau Mangur merupakan pilihan yang realistis, mengingat jarak tempuh untuk transit ke Pulau Onen jaraknya paling dekat di antara pulau-pulau lainnya.

BACAJUGA:

Bagi beberapa orang yang sudah mengunjungi Pulau Onen, tempat ini sangatlah cocok untuk melepaskan penat dan menenangkan pikiran. Kondisi pulau tanpa penghuni dan tanpa tempat untuk menginap menambah kesan hening dan sunyi dalam menikmati suasana dengan ditemani deburan ombak.

Pasir putih di sepanjang Pulau ditambahnya beningnya air warna biru semakin menambah eksotika pulau ini. Waktu terbaik menikmati pemandangan Pulau ini adalah sore hari sembari menunggu matahari terbenam.

Jika traveller tertarik untuk melihat penyu bisa datang malam hari ketika bulan purnama, karena penyu-penyu akan keluar. Pulau Onen juga memiliki keindahan luar biasa di bawah perairannya yang belum terekspos.

Keindahan karang, banyaknya macam ikan ditambah habitat akar bahar bisa dijadikan tempat snorkeling favorit traveller. Beberapa waktu lalu Tim Ekspedisi Kepulauan Kei 2021 mencoba untuk menelusuri eksotisme Pulau Onen.

BACAJUGA:

Tim ekspedisi menemukan beberapa titik spot untuk snorkeling di sekitar area Pulau Onen. Jalur perahu sepanjang Pulau Mangur sampai Pulau Onen merupakan spot rekomendasi untuk snorkeling.

Catatan penting lain untuk traveller sebelum ke sini agar menyiapkan bekal untuk konsumsi, karena pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni.

Selain itu, traveler perlu mengajak warga lokal di pulau seberang yang berpenghuni agar didampingi mengingat ada beberapa tradisi yang perlu dilaksanakan sebagai bentuk menghormati nenek moyang.

Bagaimana traveler tertarik untuk mengunjungi pulau Onen? Persiapkan cuti jauh jauh hari agar bisa menikmati pulau ini dengan penuh kepuasan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA