Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 26 Des 2021 13:53 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Hopping Island Asyik di 'Surga Belitung' yang Ikonik

Muhamad AzisFikri
d'Traveler
Eksotisnya pemandangan Pulau Lengkuas dari udara
Eksotisnya pemandangan Pulau Lengkuas dari udara
Indahnya Bebatuan Khas yang menjulang tinggi
Indahnya Bebatuan Khas yang menjulang tinggi
Persiapan Snorkling di sekitar Pulau lengkuas
Persiapan Snorkling di sekitar Pulau lengkuas
Pulang Kelayang dengan Background Batu Garuda
Pulang Kelayang dengan Background Batu Garuda
Wefie asyik di dengan view Mercusuar yang ikonik
Wefie asyik di dengan view Mercusuar yang ikonik
detikTravel Community -

Jalan jalan ke Pulau Belitung tak lengkap rasanya kalau belum main air. Tidak melulu soal Laskar Pelangi, ternyata keliling pulau-pulau cantik di sebelah utara Pesisir Belitung juga seru lho!

Untuk memulai Hopping Island, terlebih dahulu wisatawan harus ke Pantai Tanjung Kelayang untuk menyewa kapal dengan tarif mulai 500 ribu dengan kapasitas 10 orang. Biasanya, wisatawan akan diajak mengelilingi Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar, Pulau Kepayang, Pulau Goa Kelayang dan Batu Garuda. Sebetulnya, waktu terbaik mengunjungi Belitung antara bulan Mei sampai Juli, karena perairan tenang dan cenderung aman untuk berlayar.

Namun dikarenakan kami berangkat di akhir tahun hanya tiga spot saja yang kami kunjungi, agak kecewa tapi tetap asyik kok! Yang penting tetap utamakan keselamatan. Pulau Pertama yang dikunjungi adalah Pulau Lengkuas, Pulau bersejarah dengan ikon mercusuar ini jadi primadona para wisatawan.

Mercusuarnya setinggi 50 Meter dan 18 lantai, sayangnya sejak tahun 2017 pengunjung tidak diperbolehkan naik dengan alasan kebersihan dan keselamatan. Ciri khas bebatuan yang menjulang tinggi memang sangat Instagramable, apalagi air laut yang jernih kehijauan bikin betah berlama-lama.

Snorkeling merupakan pengalaman seru yang tidak boleh dilewatkan saat Hopping island. Ikan ikan dan terumbu karang yang cantik dengan birunya air laut yang belum tercemar tentunya jadi moment yang tak terlupakan. Pulau selanjutnya yang dikunjungi yaitu Pulau kelayang, terdapat Goa dengan view bebatuan granit yang menjulang tinggi. Pulau ini juga bersebelahan dengan Batu garuda.

Biasanya, wisatawan mampir ke pulau ini untuk rehat sejenak sebelum kembali ke Tanjung Kelayang. Untuk Hopping island, biasanya dimulai pagi hari sekitar pukul 09.00. Meskipun begitu wisatawan bebas menentukan jadwal dengan maksimal kembali ke Dermaga kelayang pukul 17.00. Jangan lupa selalu berkoordinasi dengan pihak kapal untuk mengetahui cuaca di Belitung sebelum berkunjung!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA