Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 25 Mar 2022 20:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tumpeng Menoreh, 3 Spot foto Healing Dengan Panorama indah

Muhammad Ibnu
d'Traveler
Spot foto dan pemandangan yang menawan di tumpeng menoreh
Spot foto dan pemandangan yang menawan di tumpeng menoreh
view tumpeng menoreh
view tumpeng menoreh
view tumpeng menoreh
view tumpeng menoreh
detikTravel Community -

Industri pariwisata adalah salah satu faktor penting yang menggerakkan perekonomian Indonesia, khususnya wisata yang ada di desa.

Di daerah Kulon Progo tepatnya desa Sumbersari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat wisata baru yaitu Tumpeng Menoreh. Destinasi ini merupakan salah satu objek wisata kuliner yang sangat populer dan menawarkan panorama alam yang menakjubkan.

Ada banyak jalur untuk menuju wisata Tumpeng Menoreh, tapi berdasarkan yang di rekomendasikan internet, saya memutuskan lewat Purworejo karena menurut informasi yang saya dapatkan akses jalannya bagus dan tidak berlubang. Restoran ini adalah garapan musisi kondang Erix Soekamti yang bekerja sama dengan warga lokal setempat untuk memberdayakan alam dan perbukitan yang ada.

Tagline 'Akamsi Berdaya' bertujuan agar masyarakat desa setempat termotivasi untuk lebih produktif dan memajukan perekonomian masyarakat desa. Restoran ini letaknya di gunung kukusan yang membentuk layaknya tumpeng. Sementara, Menoreh karena terletak di perbukitan menoreh.

Wisatawan yang akan memasuki objek wisata ini akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp50.000/orang sudah termasuk harga tiket makan Rp 25.000 dan tiket wisata Rp 25.000 untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua akan dikenakan tarif parkir Rp 2.000 sedangkan roda empat Rp 5.000. Objek wisata ini buka 24 jam setiap hari Senin-Minggu.

Tumpeng Menoreh tidak hanya menawarkan pemandangan dan spot foto yang instagramable tetapi juga menyediakan berbagai fasilitas yang memadai bahkan ramah untuk orang difabel dan lansia karena terdapat eskalator untuk menuju ke atas tempat utama.

Selain itu, terdapat fasilitas lainnya seperti mushola, toilet, smoking area, stop kontak dan kotak P3K. Tumpeng Menoreh termasuk objek wisata yang baru, jadi yang saya amati kemarin waktu kesana masih banyak pengembangan untuk ke depanya seperti sedang membangun penginapan, dan menambah spot-spot foto yang lebih menarik serta meningkatkan fasilitas keamanan yang ada.

Menurut testimoni saya, wisata ini sangat di rekomendasikan untuk semua kalangan baik remaja, dewasa dan keluarga karena selain pengunjung dapat menikmati fasilitas serta pemandangan yang indah secara tidak langsung kita juga ikut andil dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat desa setempat.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA