Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Jun 2022 15:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Di Taman Tersembunyi Ini, Bibit Pohon untuk Penghijauan Bersemi

Di dalam persemaian tonjong
Di dalam persemaian tonjong
contoh bibit yang ada di persemaian tonjong
contoh bibit yang ada di persemaian tonjong
detikTravel Community -

Sebelum mulai acara penghijauan, ada baiknya kamu berburu bibit pohon yang akan ditanam. Di Bandung Barat, ada taman persemaian bibit yang bisa kamu kunjungi.

Hi teman, di artikel ini saya akan mengupas sedikit tentang salah satu tempat yang sering kali menjadi tujuan bagi yang mencari bibit pohon untuk acara penghijauan. Tempat ini adalah Persemaian Tonjong, sebuah taman konservasi yang ada di wilayah lembang kabupaten Bandung Barat.

Alasan dari sering dikunjungi untuk penghijauan adalah karena Persemaian Tonjong ini merupakan persemaian terlengkap di Jawa Barat. Di tempat ini, membudidayakan sekitar 40 jenis kayu langka. Kayu yang ada di setiap hutan di Jawa Barat, yang memiliki kriteria tersendiri.

Posisi dari persemaian tonjong ini ada di wilayah Lembang, kabupaten Bandung Barat. Lokasi yang tersembunyi karena tidak memiliki petunjuk jalan menuju tempat ini.

Persemaian ini sudah ada di tahun 2012, dan tempat ini menggunakan metode sosialisasi sebagai media untuk masyarakat tahu tentang tempat ini. Persemaian ini berada di bawah pihak Taman Hutan Raya Ir Juanda atau Tahura.

Tahura mendirikan tempat ini karena merupakan tanah milik Dinas Kehutanan Jawa Barat, dan memfokuskan untuk penyemaian bibit kayu keras. Selain di bawah pihak Tahura, tempat ini yang turut serta mengelolanya adalah masyarakat mitra polhut.

Karena berada di bawah Tahura, untuk ke tempat ini dengan tujuan kerja sama perlu izin. Kerja sama yang ditawarkan adalah penyedia bibit untuk acara penghijauan, edukasi, serta tim survey untuk meneliti apakah tempat untuk penghijauan mendukung untuk berkembangnya bibit.

Intip proses prosedur untuk izin dari Tahura dan mendapat akses masuk ke persemaian Untuk bisa masuk ke persemaian perlu izin dan berikut penjelasannya: Pihak panitia acara yang akan mengadakan acara penghijauan akan datang ke Tahura, untuk membuat surat izin yang peruntukan nya adalah agar bisa mengeluarkan bibit dari tempat persemaian.

Ketika surat izin sudah selesai, maka surat itu akan dibawa ke tempat persemaian yang akan menjadi berita acara di persemaian. Semua selesai, bibit yang kita pesan atau inginkan akan segera keluar.

Namun pihak persemaian tidak secara langsung memberikan semua jumlah bibit yang dipesan, namun secara bertahap.

Jenis kayu apa saja ya, yang disemaikan di taman konservasi ini?

Untuk jenis kayu yang ada di tempat ini merupakan jenis kayu keras, yang selalu ada di wilayah kawasan hutan jawa barat.

Apa saja contohnya?

-Suren putih -Suren merah -Mahoni uganda -Kidamar -Johar

BERITA TERKAIT
BACA JUGA