Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 02 Agu 2022 15:04 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menelusuri Situ Mustika, Tempat Healing di Kota Banjar

AQILA
d'Traveler
Situ Mustika
Situ Mustika
Situ Mustika
Situ Mustika
Situ Mustika
Situ Mustika
Situ Mustika
Situ Mustika
Situ Mustika
Situ Mustika
detikTravel Community -

Kota Banjar, Jawa Barat menjadi salah satu tempat di Indonesia yang menyimpan sejuta alam yang mempesona. Salah satunya Situ Mustika atau disebut juga Wana Wisata Situ Mustika.

Yuk kita langsung saja simak info mengenai Wana Wisata Situ Mustika di Kota Banjar berdasarkan informasi dari tim KKN 40 Karangpanimbal Universitas Siliwangi.


Lokasi Situ Mustika Wana Wisata


Situ Mustika berlokasi di Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

Ketika memasuki kawasan Wisata Situ Mustika, pengunjung dapat melihat tulisan "SITU MUSTIKA". Setelah berjalan ke bawah pengunjung dapat membeli makanan atau minuman. Di Situ Mustika juga memiliki sebuah panggung untuk main karaoke dan tidak jarang mereka melakukan live music pada weekend.

Situ Mustika memiliki keindahan alam berupa sebuah situ danau terdapat pepohonan di tepi danau juga terdapat pulau kecil di tengah danau yang dihubungkan oleh jembatan kayu jembatan.

Harga Tiket Masuk Situ Mustika Banjar

Harga yang diberikan pada weekday atau weekend memiliki nominal yang sama yaitu Rp10.000 dengan parkir untuk mobil Rp5.000 dan motor Rp3.000.

Jam operasional

Pukul 08.00-17.00 WIB dan live music pada waktu yang ditentukan. Objek wisata ini buka setiap hari dengan jam buka yang sama. Baik untuk hari biasa maupun akhir pekan.

Fasilitas

Fasilitas wisata di Wana Wisata Situ Mustika Banjar adalah sebagai berikut:

  • Cafe
  • Taman
  • MCK
  • Shelter
  • Tempat duduk
  • Tempat Parkir
  • Gazebo
  • Mushola
  • Pos Penjaga
  • Sepeda air

Ragam Aktivitas Wana Wisata Situ Mustika

Daya tarik yang pertama dari Situ Mustika adalah keberadaan sebuah danau cantik yang di tengahnya terdapat sebuah pulau kecil yang dihubungkan oleh sebuah jembatan gantung.

Daya tarik selanjutnya dari Wana Wisata Situ Mustika adalah area tamannya yang tertata secara baik, lengkap dengan jalur tracking, ornamen kekinian, serta berbagai tanaman.

Situ Mustika juga sering mengadakan festival tahunan untuk memperingati hari-hari tertentu. Dari mulai festival seni hingga budaya. Terdapat yang event dilaksanakan pada kurun waktu dekat yaitu ngebumi pada tanggal 5 Agustus yang di dalamnya terdapat pertunjukan seni.

Orang-orang dapat menyewa Situ Mustika untuk foto wedding dengan harga Rp350.000 atau melakukan reuni seperti yang dapat kita lihat pada postingan di instagram situmustika_banjar.

Situ Mustika juga sering dipakai untuk pengambilan video dalam acara pentas seni pada waktu tertentu. Tidak berhenti sampai di situ saja, Situ Mustika juga menyajikan wisata kuliner dengan konsep alam yang didesain kekinian. Sehingga membuat betah berlama-lama di area tersebut.

Situ Mustika menyediakan wisata perahu sepeda atau sepeda air dengan harga yang bersahabat. Selain itu, terdapat tempat nongkrong dengan pemandangan yang mengarah ke danau dan furniture yang natural juga alami.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA