Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 18 Agu 2022 11:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Menganti Kebumen, Seribu Pesonanya Menantimu

Renita Novianti
d'Traveler
Berfoto di atas bukit Pantai Menganti
Berfoto di atas bukit Pantai Menganti
Berfoto di atas bukit Pantai Menganti
Berfoto di atas bukit Pantai Menganti
Suasana Pantai Menganti
Suasana Pantai Menganti
Suasana Pantai Menganti
Suasana Pantai Menganti
Suasana Pantai Menganti
Suasana Pantai Menganti
detikTravel Community -

Pantai Menganti bisa jadi salah satu pantai terindah dari Jawa Tengah. Sekilas, pantai ini mirip lokasi syuting film fantasi yang ada di film luar negeri.

Pantainya berpasir putih, landai dan halus. Sangat cocok untuk bersantai dan berjemur menikmati hangatnya sinar mentari, seperti banyak yang dilakukan oleh warga lokal Kebumen.

Nama Menganti berasal dari kata Menanti. Konon ada panglima perang Majapahit yang melarikan diri ke pesisir selatan ini karena hubungan asmara dengan kekasihnya tidak direstui raja.

Pantai Menganti berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kecamatan Gombong. Bisa ditempuh dalam waktu satu jam. Rute paling cepat menuju Pantai Menganti dari Gombong melalui Kecamatan Ayah.

Perjalanan kemudian diteruskan melewati jalan Pantai Menganti. Setelah sampai di tempat parkir, Anda harus menaiki beberapa anak tangga untuk sampai ke tepi pantainya.

Di timur, pantai bisa dilihat panorama Tanjung Karangbata. Letaknya menjorok ke lautan, mirip yang ada di Uluwatu dan Nusa Penida. Kawasan pantai pasir di Menganti berada di sisi barat. Kawasan ini merupakan pantai nelayan.

Ketika siang hari,banyak perahu nelayan yang berlabuh di tepi pantai. Di pantai nelayan, terdapat banyak warung makan dan kamar mandi yang disesuaikan untuk pengunjung dan juga sajian seafood yang langsung diolah oleh warga lokal sehingga para turis bisa menikmati sajian olahan laut yang enak dan lezat.

Di sekitar Tanjung berserakan bebatuan yang disebut merupakan sisa letusan gunung api purba. Para pengunjung biasanya mengabadikan keindahan pantai Menganti dari atas Tebing Keteb Widadari.

Dari atas tebing tersebut, terlihat pemandangan pesisir dilengkapi perbukitan hijau dengan pasir putih dan air yang jernih. Pengunjung bisa menjelajah kawasan bukit yang berada di timur-selatan Pantai Menganti untuk melihat keindahan pantai dari atas dan berfoto selfie dengan lanskap bukit-bukit yang indah.

Untuk pergi ke sana, tersedia tumpangan pikap gratis yang harus menunggu di dekat parkiran mobil. Gazebo Pantai Menganti dapat dipakai beristirahat oleh pengunjung sembari menikmati panorama laut yang berpadu dengan hijaunya pegunungan.

Untuk bisa beristirahat di pondokan, pengunjung tidak perlu membayar. Di sekitar sana terdapat Lembah Menguneng yang menjadi area outbound di atas ketinggian. Mulai dari sepeda gantung sampai balon udara jadi wahananya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA