Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 31 Okt 2022 15:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Air Terjun Bajuin yang Eksotis di Kalsel, Sudah Tahu Belum?

Maria Roeslie
d'Traveler
Air Terjun Bajuin Nan Eksotis
Air Terjun Bajuin Nan Eksotis
Alam di lokasi air terjun Bajuin
Alam di lokasi air terjun Bajuin
Jembatan Air Terjun Bajuin dari kejauhan
Jembatan Air Terjun Bajuin dari kejauhan
Ojek yang mengantar naik dan turun lokasi Air Terjun
Ojek yang mengantar naik dan turun lokasi Air Terjun
detikTravel Community -

Kabupaten Tanah Laut di Kalimantan Selatan punya air terjun eksotis bernama Air Terjun Bajuin. Keindahannya seakan tersembunyi di balik Pegunungan Meratus.

Air Terjun Bajuin, ya Bajuin. Setelah sempat terlupakan dari ingatan saya, karena sudah lama sekali tidak terdengar nama Bajuin.

Saat ini, di depan mata terpampang indahnya air yang jatuh deras menyusuri batu-batu besar dan tertampung di kolam bawah. Tempat wisata ini telah berbenah.

Pemerintah Kabupaten Tanah Laut telah memfasilitasi berbagai fasilitas seperti jalan, toilet, jembatan serta tangga yang mumpuni. Pokdarwis setempat juga dikaryakan untuk mengelola lahan parkir dan ojek, sehingga membuat wisatawan nyaman dan aman.

Jalan menuju obyek wisata ini cukup mulus, aspal sampai parkiran. Biaya masuk lokasi sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang. Tersedia jasa ojek dari parkiran menuju titik lokasi air terjun, dengan Rp 15.000 (PP) saja. Kita tanpa berlelah mendaki diantar jemput oleh ojek itu.

Namun jika ingin sedikit berolahraga juga sangat dimungkinkan, karena hanya berjarak sekitar 700 meter untuk naik ke atas. Berjalan kaki menyusuri jalan semen dan anak-anak tangga akan menemani kita mendaki menuju lokasi air terjun yang eksotis ini.

Saat tiba di lokasi, kita disuguhi dengan pandangan alam yang indah dari ketinggian, bisa menikmati indahnya alam kabupaten Tanah Laut dengan background bagian dari Pegunungan Meratus.

Bunyi gemuruh air cukup keras terdengar menandakan titik lokasi air terjun sangat dekat. Terdapat juga spot foto untuk mengabadikan air terjun dari ketinggian. Terdapat 2 tangga, satu naik ke atas dengan ujungnya adalah jembatan gantung berwarna kuning.

Dari sini kita dapat mengabadikan pemandangan bagian bawah jembatan, air jernih yang mengalir melewati batu-batu alam yang besar. Tangga yang satunya akan mengantar kita turun menuju air terjun utama.

Di air terjun ini kita dapat mandi berendam, karena ada dinding beton buatan yang membuat kita merasa aman untuk nyebur. Dengan kedalaman air sekitar 1 meter, kaki kita akan menginjak batuan alam di dasarnya. Segar.

Saya pun betah berdiri di samping bagian bawah air terjun, sambil menikmati bunyi air dan mencoba mengabadikan air terjun dan alam yang di sekitarnya.

Healing, lepas semua beban pikiran tergantikan dengan bunyi gemuruh air terjun Bajuin yang eksotis.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA