Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 14 Des 2022 12:19 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Keraton Ismahayana, Ada Pakaian Raja dengan Benang Emas

Eny Palina
d'Traveler
Ruang Tengah bangunan keraton
Ruang Tengah bangunan keraton
Foto: detik
Foto: detik
Singgasana Raja
Singgasana Raja
Ruang Tengah
Ruang Tengah
Foto: detik
Foto: detik
detikTravel Community -

Apakah anda pernah mendengar tentang Keraton Ismahayana? Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang keraton ini. Keraton Ismahayana merupakan Keraton Kerajaan Landak, keraton ini terletak di Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

Sumber-sumber yang membuktikan sejarah Kerajaan Ismahayana bisa dikatakan sangat terbatas. Namun untuk bukti arkeologisnya masih dapat kita jumpai, salah satunya yaitu bangunan keraton ini.

Memang tidak diketahui secara pasti kapan Keraton Ismahayana didirikan. Namun keraton ini sendiri telah dilakukan pemugaran dan direnovasi kembali sekitar pada tahun 1950-an dan 1960-an setelah terjadi peristiwa kebakaran yang mengakibatkan beberapa bagian bangunan rusak. Kondisi keraton untuk saat ini merupakan hasil dari pemugaran pada tahun 2000.

Ketika mengunjunginya, anda dapat melihat sebuah arsitektur bangunan berupa rumah panggung dengan nuansa Melayu dimana bangunannya berwarna kuning keemasan dan hijau. Komplek Keraton Ismahayana sendiri terdiri dari bangunan Istana Ilir (Istana Landak), Istana Ulu (Kediaman Permaisuri) dan Rumah Sultan (Kediaman Neang Raja).

Bangunan keraton ini memanjang ke belakang dimana bagian dari bangunannya berupa pondasi, lantai, dinding dan juga sirapnya berbahan dasar kayu belian. Pada bagian depan bangunan terdapat balairung atau tempat pertemuan.

Di dalamnya anda dapat menemukan berbagai foto dan juga penjelasan singkat mengenai sejarah Kerajaan Ismahayana. Saat anda memasuki ruang tengah, anda dapat melihat dan merasakan sensasi kemewahan.

Di ruang tersebut anda akan melihat sebuah singgasana Raja yang berkilauan karena dibalut dengan unsur emas, batu mulia dan juga berlian. Selain itu terdapat juga ruangan lain yang merupakan tempat tidur raja yang bertakhtakan batu mulia.

Di sana anda juga bisa melihat pakaian raja yang dibordir dengan benang emas. Walaupun dengan kemewahan tersebut, sampai saat ini tidak pernah terjadi kejadian pencurian di Keraton Ismahayana.

Hal ini dikarenakan warga sekitar masih memiliki hubungan darah dengan kerajaan Ismahayana ini sehingga tidak ada yang berani untuk melakukan tindak kejahatan. Demikian ulasan mengenai Keraton Ismahayana, sangat menarik untuk dikunjungi bukan? Jika anda sedang berada di Kalimantan Barat, tidak ada salahnya untuk anda mengunjungi bangunan bersejarah ini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA