Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Okt 2012 15:07 WIB

DESTINATIONS

Dikepung Ribuan Buaya di Medan!

Afif Farhan
detikTravel
Ada ribuan buaya di tempat ini (indonesia.travel)
Medan - Pernah berada di antara ribuan buaya? Jika belum, cobalah berkunjung ke Taman Buaya Asam Kumbang di Medan. Di sini terdapat lebih dari 2.000 buaya dan diklaim sebagai taman reptil terbesar di Indonesia. Bukan main!

Bagi Anda yang bernyali, cobalah datang ke Taman Buaya Asam Kumbang di Medan. Di sini terdapat buaya dengan berbagai macam ukuran, dari yang masih kecil hingga besar. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat mereka sedang makan. Inilah wisata yang menantang.

Dari situs resmi Pemerintah Kota Medan yang dikunjungi detikTravel, Kamis(11/10/2012), Taman Buaya Asam Kumbang terletak di Desa Asam Kumbang 5 km dari pusat kota Medan. Uniknya, penangkaran ini awalnya adalah hobi dari Lo Tham Muk yang gemar memelihara buaya. Awalnya di tahun 1959, dia memelihara 12 buaya. Lalu dari situlah dia mulai menggembangkannya sebagai tempat penangkaran buaya.

Ada berapa buaya di sini? Jumlahnya sekitar 2.400 buaya. Kebanyakan buaya di sini adalah buaya muara (Crocodyllus porosus). Buaya di sini pun umurnya dapat mencapai 35 tahun. Panjangnya? Dapat Anda bayangkan sendiri.

Cukup dengan Rp 15 ribu saja, Anda dapat memasuki penangkaran buaya ini. Anda akan melihat buaya-buaya tersebut di dalam kandangnya. Buaya-buaya yang berukuran kecil, atau baru beberapa tahun ditempatkan secara menumpuk di dalam satu kandang. Hiiii! Bulu kuduk akan merinding jika membayangkan Anda masuk ke dalam kandangnya.

Untuk buaya yang besar, sekitar usia 10 tahun ke atas tidak ditumpuk dalam satu kandang. Hanya beberapa buaya saja yang ada di kandang-kandangnya. Namun, ukurannya yang besar akan tetap membuat Anda merinding. Apalagi saat mereka membuka mulutnya!

Di bagian belakang tempat ini, ada kolam raksasa. Dengan air yang berwarna kehijauan, kolam ini bagaikan rawa. Lihatlah secara teliti ke dalamnya. Anda sekilas akan melihat kayu yang mengapung di atas air. Ups, jangan salah, itu adalah buaya.

Waktu buka Taman Buaya Asam Kumbang adalah pukul 09.00-18.00 WIB. Saat pukul 17.30 WIB, Anda akan melihat aktivitas seru dan menegangkan dari buaya-buaya tersebut. Sebabnya, saat itulah waktunya Anda melihat buaya sedang menyantap makanan. Dengan tubuhnya yang besar, mereka berenang dan berlarian di daratan untuk memakan mangsanya. Buaya-buaya tersebut akan saling rebutan dan mengadu kekuatan untuk makan.

Cukup satu jam dari Kota Medan, Anda dapat menuju ke penangkaran buaya ini. Parkirannya pun cukup luas. Selamat berkunjung ke Taman Buaya Asam Kumbang dan nikmati berwisata di 'rumah' buaya.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT