Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Des 2012 10:15 WIB

DESTINATIONS

Pondicherry, Kota India Bergaya Prancis di Film 'Life of Pi'

Beach Road, salah satu jalan terbesar di Pondicherry (pondicherryforu.blogspot.com)
Beach Road, salah satu jalan terbesar di Pondicherry (pondicherryforu.blogspot.com)
Pondicherry - Anda yang sudah menonton film 'Life of Pi' pasti tahu kota ini. Pondicherry, sebuah kota di selatan India punya julukan "French Riviera of the East". Rupanya, kota beratmosfer Prancis ini tersohor di kalangan traveler.

Film 'Life of Pi' berawal dari sebuah kebun binatang milik keluarga Patel di Pondicherry, India. Dalam film garapan Ang Lee itu, diceritakan Pondicherry sebagai kota bekas jajahan Prancis. Hal itu benar adanya. Pondicherry, sampai sekarang, punya julukan "French Riviera of the East".

Tak banyak yang tahu kalau Pondicherry, yang merupakan ibukota Union Territory of Puducherry, adalah destinasi wisata populer di kalangan traveler Eropa. Prancis menjajah kota ini sampai tahun 1954. Tak heran banyak bangunan kolonial, gereja, dan patung bergaya Eropa di sini. Tata kotanya pun layaknya Paris.

Inilah kota favorit liburan akhir pekan bagi wisatawan domestik asal Chennai dan Bangalore. Pondicherry punya deretan pantai cantik, yang paling terkenal adalah Promenade Beach. Pantai ini berlokasi di Beach Road, yang mulai sore jalanannya ditutup untuk kendaraan umum.

Dari situs resmi Kota Pondicherry yang dikutip detikTravel, Selasa (11/12/2012), Promenade Beach membentang 1,5 km di pinggir jalan. Namun pantai ini bukan untuk berenang, karena adanya pembatas langsung dengan jalanan. Pantai berpasir putih untuk berenang adanya di Auroville Beach, sekitar 12 km sebelah utara Pondicherry.

Ada satu destinasi menarik dengan filosofi yang tak ada duanya. 8 Km sebelah barat laut Pondicherry, terdapat Auroville. Ini adalah pemukiman yang dibangun pada 1968, hasil desain seorang arsitek Prancis. Auroville adalah kota di mana pria dan wanita dari seluruh dunia bisa hidup dalam damai dan harmoni. Tak peduli latar belakang sosial, politik, atau kewarganegaraan.

Tepat di tengah Auroville terdapat bangunan raksasa, berbentuk bunga teratai dan berwarna emas. Di dalamnya, terdapat tanah dari 124 negara yang melambangkan perdamaian dunia. Wah...

Mengingat nama 'Ponducherry' itu sendiri agak-agak Prancis, tak heran nama-nama jalannya masih berbahasa Prancis. Rue De La Marine misalnya, menjadi salah satu jalan padat wisatawan karena terdapat Sri Aurobindo Ashram. Ini adalah sebuah asrama untuk meditasi, salah satu destinasi wisata religi paling terkenal di India.

Perpaduan timur dan barat bisa dilihat di Jalan Dumas, dekat Botanical Garden. Terdapat patung Mahatma Gandhi setinggi 4 meter, dikelilingi 8 buah pilar dari granit. Tepat di seberangnya, terdapat patung Jawaharlal Nehru yang dikelilingi 4 pilar granit.

Pengaruh Prancis tak selesai di situ. Tepat di depan Church of Our Lady of the Angels, terdapat patung pahlawan Prancis yakni Joan of Arc. Patung ini terbuat dari marmer, dan sangat indah!

Dalam film tersebut dikisahkan Pi, sang pemeran utama, mengenal 3 agama yakni Hindu, Kristen Katholik dan Islam. Tak heran, di Pondicherry memang terdapat tempat-tempat ibadah untuk 3 agama itu. Kuil Hindu Sri Manakula Vinayagar dan Kanniga Parameswari Temple, gereja Church of the Sacred Heart of Jesus dan The Church of Our Lady of Angels, juga Meeran Mosque yang dibangun lebih dari 350 tahun lalu.

Salah satu masjid di Pondicherry, Khutba Mosque, punya arsitektur gaya Prancis dengan kolam air tawar yang asri. Di dalam masjid ini terdapat patung Ganesha, salah satu dewa dalam mitologi Hindu.

Nah, terbayang kan atmosfer Prancis di kota pesisir India? Kalau Anda traveling ke India, sempatkanlah datang ke "French Riviera of the East" ini. Mungkin Anda akan menemukan apa yang diceritakan dalam film 'Life of Pi'.



(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED