Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Mei 2013 09:47 WIB

DESTINATIONS

Sarapan Maknyuss di Ternate, Nasi Kuning Ikang Telur

Afif Farhan
detikTravel
Ini dia nasi kuning ikang telur asli Ternate (Afif/detikTravel)
Ternate - Bagi traveler pecinta wisata kuliner, jangan lewatkan untuk mencicipi aneka makanan ala Indonesia Timur. Di Ternate, Halmahera Barat, ada nasi kuning ikang telur. rasanya sangat gurih dan mampu menggoyang lidah. Dijamin nagih dan kenyang!

Kuliner jenis nasi kuning rupanya tak hanya ditemui di Pulau Jawa saja. Saat Anda melancong ke Ternate, ada nasi kuning ikang telur yang sangat digemari oleh masyarakat sekitar. Sarapan pagi pakai nasi kuning ini pun tak masalah.

detikTravel membuktikan kenikmatan nasi kuning ikang telur beberapa waktu lalu saat melancong ke Ternate, Jumat (16/5/2013). Ketika itu, pesawat dari Jakarta mendarat pada pagi hari di Bandara Sultan Babullah, Ternate.

Cuaca saat itu sedang mendung dan gerimis, menambah perut ini makin lapar. Perjalanan lebih dari 6 jam dari Jakarta memang menguras stamina. Lantas, supir penjemput pun menawarkan sarapan pagi yang digemari masyarakat Ternate. Ya, nasi kuning ikang telur.

"Ini makanan asli Ternate, nasi kuning pakai daging ikan tongkol, singkong, mie, dan telur," kata Ibu Ani, penjual nasi kuning ikang telur di Rumah Makan Al-Hikmah, Jl Nasution, Ternate.

Rupa nasi kuning ini tidak jauh beda dengan nasi kuning yang biasa Anda temui di Jakarta. Bedanya, lauknya lebih banyak dan memakai ikan tongkol. Begitu satu kunyahan satu sendok nasi kuning dan ikannya, rasanya benar-benar enak. Nyam!

"Ikan Tongkolnya dimasak kering, dengan kayu dan dikasih gula merah, kecap dan merica," ujar Ibu Ani.

Rasa nasi kuning ikang telur mampu membuat mata menjadi melek. Daging ikannya lembut dan sangat serasi dengan nasi kuningnya. Apalagi, ada singkong goreng yang berupa potongan-potongan kecil, mie, dan telur. Sungguh menggoyang lidah!

Saat itu, Rumah Makan Al-Hikmah diserbu banyak pembeli, yang kebanyakan masyarakat sekitar. Tak tanggung-tanggung, mereka memesan lebih dari satu porsi. Memang, nasi kuning ikang ini sangat enak rasanya. Tak hanya itu, Anda pun dijamin kenyang setelah menghabiskan satu porsinya.

"Nasi kuning ikang satu porsinya Rp 16 ribu. Kebanyakan orang sini sarapan pakai nasi kuning ini. Ada banyak penjual nasi kuning ikang di Ternate," papar Ibu Ani.

Setiap harinya, Ibu Ani mengaku menjual lebih dari 100 porsi. Nasi kuning ikang pun wajib masuk dalam daftar menu Anda saat traveling ke Ternate. Tak perlu embel-embel kata spesial untuk menamanakan nasi kuning ini, karena nasi kuning ikang rasanya memang sudah spesial!

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA