Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Apr 2019 10:28 WIB

DESTINATIONS

10 Oleh-oleh Khas Semarang, Kamu Harus Bawa Pulang!

Niken Widya Yunita
detikTravel
10 Oleh-oleh Khas Semarang, Kamu Harus Bawa Pulang!/Foto: Instagram
10 Oleh-oleh Khas Semarang, Kamu Harus Bawa Pulang!/Foto: Instagram
Jakarta - Kamu lagi ada di Semarang libur panjang minggu ini? Nah, oleh-oleh khas Semarang harus kamu bawa pulang nih.

Oleh-oleh di Semarang sudah terkenal lezat sejak dulu. Berikut oleh-oleh khas Semarang.



1. Bandeng Presto

Oleh-oleh Khas Semarang, Kamu Harus Bawa Pulang!Foto: dok. detikFood


Oleh-oleh khas Semarang yang sudah terkenal dan menjadi ciri khas Kota Semarang adalah bandeng presto. Semarang dikenal sebagai salah satu penghasil bandeng terbesar di Indonesia.

Ikan bandeng ini memiliki banyak duri kecil namub bisa diolah menjadi bahan pangan yang mudah dimakan. Caranya, ikan bandeng yang sudah dibersihkan langsung dimasak dengan alas daun pisang menggunakan presto (panci uap bertekanan tinggi) yang kemudian melunakkan seluruh tulang dan duri ikan. Rasa gurih dan lezat menjadikan makanan ini digemari dan dijadikan oleh-oleh khas Semarang. Lokasi untuk membeli bandeng presto yakni di Jalan Pandanaran, tepatnya di toko Bandeng Presto Pandanaran dan toko Bandeng Juwana Elrina.

2. Lumpia

Oleh-oleh Khas Semarang, Kamu Harus Bawa Pulang!Foto: Instagram


Lumpia merupakan makanan terkenal khas Semarang. Makanan mirip risol ini berisi campuran udang, telur, ayam, serta rebung (bonggol bambu muda yang dicincang halus). Setelah digoreng kering, lumpia biasa disajikan dengan daun bawang merah dan saus, atau cabai rawit. Lumpia bisa di-vacuum sehingga bisa bertahan lama untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

3. Wingko Babat

Oleh-oleh Khas Semarang, Kamu Harus Bawa Pulang!Foto: pool


Oleh-oleh khas Semarang lainnya yakni Wingko Babat. Wingko Babat merupakan kue berbahan dasar kelapa dan tepung beras ketan yang dibakar hingga coklat kehitaman, lalu dibungkus dengan kertas.

Bukan hanya rasa kelapa, Wingko Babat juga memiliki varian rasa lainnya mulai dari cokelat, nangka, hingga durian. Rasa Wingko Babat yang bentuknya bulat pipih ini legit.

4. Moci

Salah satu oleh-oleh khas Semarang yakni Moci. Moci berisi kacang halus yang ditambahkan wijen pada bagian luarnya seperti Onde-onde.

Moaci Wijen Gemini merupakan makanan paling terkenal. Kamu bisa mencarinya di sepanjang Jalan Pandanaran.

5. Tahu Bakso

Oleh-oleh Khas Semarang, Kamu Harus Bawa Pulang!Foto: Istimewa


Tahu Bakso merupakan oleh-oleh khas Semarang terkenal. Tahu ini berbentuk kotak dan isinya daging cincang dan campuran seperti bahan untuk membuat bakso. Salah satu merek tahu bakso terkenal yakni Tahu Baxo Bu Pudji. Toko pusatnya di Ungaran atau cabangnya di Jalan Pandanaran.

6. Tahu Petis

Camilan khas Semarang untuk oleh-oleh yakni tahu petis. Tahu Petis adalah tahu kuning yang diisi petis, lalu digoreng. Sambal petis inilah yang menjadikan kudapan ini memiliki rasa lezat karena berasal dari udang. Kamu bisa membelinya di kawasan Jalan Mataram atau sekitar Simpang Lima Semarang.



7. Tahu Pong

Olahan tahu lainnya untuk oleh-oleh khas Semarang yakni Tahu Pong. Tahu Pong tidak memiliki isi. Biasanya, Tahu Pong disajikan dengan telor dan gimbal (rempeyek udang berukuran besar) lalu dipotong kecil dan disiram dengan kuah sambal petis. Tempat terbaik untuk membeli Tahu Pong adalah di Jalan Gajah Mada.

8. Roti Ganjel Rel

Oleh-oleh Khas Semarang, Kamu Harus Bawa Pulang!Foto: Detikfood


Oleh-oleh tempo dulu khas Semarang yakni Roti Ganjel Rel. Roti ini berbentuk gelondongan besar yang padat dengan tekstur agak alot. Nama asli kue ini adalah roti gambang namun oleh masyarakat setempat kue ini dinamakan ganjel rel karena ukurannya mirip bantalan rel kereta api yang bentuknya panjang dan tebal.

Biasanya, di bagian atas roti berwarna cokelat ini ditaburi wijen dan memiliki rasa kayu manis yang khas. Kamu bisa menemukan kue ini di Pasar Johar Jalan KH Agus Salim atau Waroeng Semawis.

9. Kaos Costa Brava Van Java

Kaos khas Semarang berlabel Costa Brava Van Java bisa bisa kamu beli sebagai oleh-oleh khas Semarang. Kaos ini memiliki desain khas kota Semarang seperti Simpang Lima dan Lawang Sewu. Kamu juga bisa memesan online kaos ini.

10. Kue Artis

Oleh-oleh khas Semarang kekinian antara lain milik artis Chelsea Olivia dan Dewi Sandra. Milik Chelsea Olivia yakni Semarang Wife Cake. Toko ini berada di Jalan Kapten Piere Tendean. Wife Cake merupakan kue berbentuk bundar seperti panekuk yang terdiri dari beberapa lapisan, seperti krim dan pastry. Varian Semarang Wife Cake, mulai dari choconut, chocomelt, cheese, hingga green tea.

Sedangkan milik Dewi Sandra yakni Wingkorolls Semarang. Semarang Wingkorolls merupakan kue gulung yang terdiri dari roti lapis legit dipadukan dengan adonan wingko babat berbagai varian. Beberapa variannya adalah peanut nougat, cheese, cornflakes, dan hazelnut crispy.

Jadi tunggu apalagi untuk beli oleh-oleh khas Semarang?

10 Oleh-oleh Khas Semarang, Kamu Harus Bawa Pulang!
(nwy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Liburan Sekolah di Sea World Ancol

Selasa, 25 Jun 2019 06:50 WIB

Di Sea World Ancol, kita bisa liburan sekolah ditemani dengan aneka macam hewan laut. Bahkan kita bisa menyaksikan keseruan pemberian makan di akuarium.