Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Feb 2020 21:10 WIB

DESTINATIONS

Seperti Apa Pulau Sebaru yang Jadi Tempat Karantina 188 WNI?

Bonauli
detikTravel
Pulau Sebaru Kecil
Foto: (dok Istimewa)
Sebaru Kecil -

Nama Pulau Sebaru Kecil mulai terdengar di masyarakat. Bukan sebagai tempat wisata tapi justru sebagai pulau karantina WNI yang menjadi anak buah kapal (ABK) World Dream Hong Kong.

Kepulauan Seribu memang memiliki banyak pulau cantik yang dijadikan sebagai tempat wisata. Namun tak semua dijadikan obyek wisata, ada 11 pulau yang dijadikan sebagai kawasan penduduk dan 7 pulau resor.

Sisa dari pulau-pulau ini dibiarkan kosong, salah satunya adalah Sebaru Kecil. Nama Sebaru Kecil mencuat karena dijadikan sebagai tempat karantina dari 188 orang WNI dari kapal Pesiar World Dream.



Hal ini dilakukan karena ada seorang penumpang yang ditemukan positif terkena virus Corona. Mereka akan diobservasi selama 14 hari di Pulau Sebaru Kecil. Sebenarnya, seperti apa sih Pulau Sebaru Kecil?

Pulau Karantina itu Bernama Sebaru KecilFoto: (dok Istimewa)



Pulau ini memiliki luas 16,6 hektar. Secara administratif, pulau ini masuk Kelurahan Pulau Kelapa. Pulau Sebaru terbagi dua, ada Sebaru Besar dan Sebaru Kecil.

Alasan utama dipilihnya pulau ini karena jejak yang dimiliki oleh Sebaru Kecil. Pulau ini dibangun menjadi tempat rehabilitasi narkoba milik BNN pada tahun 2008.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan sendiri klinik rehabilitasi ini. Tempat ini bisa menampung sampai 200 orang dalam sekali perawatan.

Ada beberapa bangunan yang disediakan oleh pemerintah. Di salah satu gedungnya ada fasilitas Instalasi Gawat Darurat (IGD) dibuat dua lantai bersamaan dengan ruang isolasi dan ruang perawatan.

Pulau Karantina itu Bernama Sebaru KecilFoto: (dok Istimewa)



Namun kini klinik rehabilitasi tersebut tak lagi digunakan. Melihat fasilitasnya yang lengkap, Kemenkes akhirnya memutuskan Pulau Sebaru Kecil sebagai tempat karantina. Belum lagi keadaan pulau yang memang kosong tak berpenduduk.

Sebaru Kecil dinilai ideal karena memiliki fasilitas dapur, ruang makan hingga air dan listrik. Jarak dari Pantai Mutiara Pluit ke Pulau Sebaru Kecil pun hanya sekitar 1,5 jam dengan speed boat.



Sebelum ada pembangunan rehabilitasi narkoba, Sebaru Kecil hanyalah pulau kosong yang tak dijamah wisawatan. Tak ada akses menuju pulau ini kecuali penyewaan perahu nelayan. Cantik, hijau dan asri, beginilah wajah asli Pulau Sebaru Kecil.



Simak Video "Aktivitas WNI yang Dikarantina di Pulau Sebaru"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA