Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Jan 2018 16:05 WIB

TRAVEL INSIDE

Kenapa Kamu Harus ke Raja Ampat?

Afif Farhan
Redaksi Travel
Raja Ampat yang sungguh indah (Randy/detikTravel)
Raja Ampat yang sungguh indah (Randy/detikTravel)
Jakarta - Tanah Surga jatuh ke Bumi, itulah julukan untuk Papua. Termasuk untuk salah satu di dalamnya, Raja Ampat yang begitu luar biasa indah.

Raja Ampat merupakan kepulauan di Provinsi Papua Barat. Dari Jakarta terbang dulu ke Sorong, lalu menyebrangi laut ke 'pintu gerbang' Raja Ampat yakni Kota Waisai. Dari situlah kamu bisa menjelajahi Raja Ampat sampai ke Kepulauan Wayag di bagian paling utara.

Pasti semua traveler setuju, kalau Raja Ampat masuk dalam daftar tempat wisata paling indah di Indonesia. Disusun detikTravel, Jumat (12/1/2018) inilah alasan kamu harus datang ke Raja Ampat. Minimal sekali seumur hidup:

1. Alam yang luar biasa indah

Gugusan pulau karang, itulah highlight utama dari Raja Ampat. Terdapat 3 spot gugusan karang yang sungguh indah di sana yakni Pianemo, Kabui dan Wayag.

Kenapa Kamu Harus ke Raja Ampat?Gugusan pulau karang di Raja Ampat (Anton Chandra/d'Traveler)


Gugusan pulau karang tersebut merupakan kumpulan pulau-pulau kecil di tengah laut. Gradasi airnya sungguh menawan, pantainya berpasir putih nan halus, lautnya biru bersih dan pulau-pulau kecilnya bikin jatuh hati. Mau foto-foto, snorkeling, sampai diving silakan!

Bahkan, alam Raja Ampat sudah jadi langganan penghargaan dunia. Salah satunya website berita internasional, CNN Travel di pertengahan tahun 2017 lalu memasukan Raja Ampat dalam daftar Best Diving Spot in Asia.

2. Dunia bawah lautnya juara!

Raja Ampat adalah 'rumah' bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Maka kalau menyelam di Raja Ampat, siap-siap lupa daratan.

Puluhan spot diving terbentang di Raja Ampat, beberapa di antaranya yang terkenal seperti Chicken Reef, Mike's Point, Manta's Point dan Blue Magic. Keindahan bawah lautnya sungguh sulit digambarkan dengan kata-kata.

Kenapa Kamu Harus ke Raja Ampat?Foto: Bawah laut Raja Ampat (Thinkstock)

3. Orang-orang terkenal sudah banyak yang ke sana


Sudah banyak selebriti Indonesia dan tokoh-tokoh terkenal yang berlibur ke Raja Ampat. Sebut saja Pevita Pearce, Hamish Daud hingga Presiden Joko Widodo.

Pevita Pearce menyebut Raja Ampat dengan julukan 'Salam dari Salah Satu Surga di Indonesia'. Presiden Joko Widodo pun sudah beberapa kali ke Raja Ampat dan memuji keindahan alamnya.

Kenapa Kamu Harus ke Raja Ampat?Jokowi di Raja Ampat (Biro Pers Setpres/Agus Suparto)


"Keindahan alam Raja Ampat selalu membuat saya ingin kembali ke sini. Selain pemandangan pantai, laut yang sangat indah, Raja Ampat mempunyai keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Salah satu yang terbaik di dunia," ujar Presiden Jokowi dalam vlog pribadinya.

4. Banyak atraksi wisata

Diving dan snorkeling memang menjadi atraksi wisata utama di Raja Ampat. Tapi selain itu, masih banyak yang menarik lainnya yang dapat kamu coba.

Kenapa Kamu Harus ke Raja Ampat?Trekking di Raja Ampat (Sukma Indah Permana/detikTravel)

Silakan ikut kegiatan bird watching untuk melihat burung cendrawasih dari dekat di dalam hutan, trekking dan kemping di pulau-pulau tak berpenghuni, berburu sunrise, melihat kehidupan masyarakatnya dengan berbagai tarian dan kerajinan tangan.

Wisata di Raja Ampat, lengkap!

5. Mau jalan-jalan gratis ke Raja Ampat?

detikTravel bersama tiket.com menggelar #tiketkemanapun. Suatu acara jalan-jalan gratis buat kamu ke Raja Ampat, selama 5 hari 4 malam untuk 2 orang beruntung.

Bagaimana caranya?

1) Install aplikasi baru tiket.com di Playstore/Appstore
2) Login dengan akun kamu, atau register bagi yang belum mempunyai akun
3) Screen shoot Tix Point kamu
4) Submit data diri kamu di sini
5) Upload screen shoot Tix Point kamu di form pendaftaran

Ayo rebut hadiahnya! #tiketkemanapun

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Lokomotif Tertua di Blora

Kamis, 18 Jan 2018 21:58 WIB

Liburan akhir pekan ke Blora, ada atraksi baru yang bisa traveler coba, namanya Loco Tour. Traveler akan diajak jalan-jalan dengan lokomotif tertua di Blora.