Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Feb 2021 15:14 WIB

DETIKTRAVEL

Tak Ada Kemeriahan di Perayaan Ulang Tahun Kaisar Naruhito

Putu Intan
detikTravel
Kaisar Jepang Naruhito berulang tahun ke-61
Kaisar Naruhito berulang tahun ke-61. Foto: Rodrigo Reyes Marin/Pool Photo via AP
Tokyo -

Kaisar Jepang Naruhito berulang tahun hari ini. Tak tampak kemeriahan perayaan hari jadinya karena pandemi COVID-19.

Perayaan ulang tahun kaisar Jepang biasanya ramai dengan kunjungan masyarakat ke istana. Mereka akan datang untuk mengucapkan selamat, memanjatkan doa, dan mengisi buku tamu.

Sementara itu kaisar akan muncul di balkon istana dengan anggota keluarga lainnya untuk menyapa para tamu. Setidaknya itulah tradisi ulang tahun kaisar sejak 1948.

Akan tetapi dengan adanya pandemi COVID-19 ini, seluruh kegiatan itu dibatalkan. Kaisar Naruhito sendiri memang jarang muncul ke publik selama setahun belakangan karena pandemi ini. Bahkan pada perayaan tahun baru pada bulan lalu, ia hanya menyapa masyarakat Jepang melalui video.

Ulang tahun Kaisar NaruhitoMasyarakat biasanya datang untuk memberikan harapan saat kaisar berulang tahun. Foto: AP Photo/Koji Sasahara

Meskipun begitu, Kaisar Naruhito menyempatkan diri untuk berkumpul bersama keluarga di hari ulang tahunnya yang ke-61 ini. Ia juga menyampaikan harapan akan masa depan cerah untuk Jepang usai pandemi COVID-19.

Dilansir dari Reuters, Selasa (23/2/2021) Kaisar Naruhito mengungkit soal penanganan COVID-19 di Negeri Sakura yang berjalan dengan baik. Kasus sudah mulai turun dan program vaksinasi telah dimulai.

"Untungnya, jumlah infeksi baru tampaknya menurun secara nasional. Selanjutnya vaksinasi virus sudah dimulai," katanya kepada wartawan.

"Saya menantikan masa depan yang cerah, seiring orang-orang berusaha mengatasi krisis yang disebabkan Corona dengan rasa sakit dan saling membantu," ujar Kaisar Naruhito.

Vaksin COVID-19 di Jepang sudah dimulai sejak awal Februari. Akan tetapi negara ini menghadapi sejumlah tantangan untuk melakukan program ini.

Jepang memiliki pasokan dosis vaksin yang terbatas dan digunakan dalam waktu beberapa bulan ke depan. Vaksin untuk orang tua juga akan didistribusikan secara bertahap.



Simak Video "Jepang Perpanjang Masa Darurat Corona Jelang Olimpiade Tokyo"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA