Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Sep 2021 13:05 WIB

DETIKTRAVEL

Hiu Paus, Ikan Terbesar Dunia yang Sering Disebut 'Bodoh'

bonauli
detikTravel
Hiu paus di Nabire, Teluk Cendrawasih
Ilustrasi hiu paus (mcnugraha/d'Traveler)
Jakarta -

Hiu paus (Rhincodon typus) menjadi viral karena sebuah video dari Tiktok. Hiu paus ini diberi makan sambil diinjak-injak.

Video tersebut datang dari akun Dandung Dany. Pria ini diketahui tinggal di Kainama, Papua.

Dalam video tersebut Dany memamerkan kegiatannya berenang bersama hiu paus atau whale shark. Ada dua ekor hiu paus yang berenang di dekatnya, namun yang satunya tak cuma diberi makan tapi juga diinjak-injak.

Aksi ini tentu mengundang amarah netizen. Karena hewan ini masuk dalam daftar yang dilindungi oleh Indonesia.

Supaya tak kejadian lagi, detikTravel ingin mengajakmu untuk mengenal soal hiu paus. Dirangkum dari berbagai sumber, hiu paus atau biasa di sebut whale shark ini termasuk dalam jenis ikan.

Hiu paus memiliki nama lokal hiu totol atau hiu bodoh. Alasannya sederhana karena hiu ini jinak tak seperti hiu lainnya.

@dandung37

episode 03@iwank861

♬ suara asli - faisalhky

Iya, meskipun ada nama paus di depannya, spesies ini bukanlah mamalia. Tubuhnya yang besar membuatnya mirip dengan paus, tapi sejatinya hewan ini adalah ikan.

Ukuran tubuhnya tumbuh dari 18-20 meter dengan berat sekitar 20 ton. Ini mengapa, hiu paus adalah ikan terbesar di dunia.

Lebar mulutnya bisa sampai 1,4 meter, sehingga ia makan dalam jumlah yang besar. Kebiasaannya ini mirip dengan paus.

Makanan dari hiu paus adalah plankton dan ikan-ikan kecil. Saat membuka mulutnya, plankton dan ikan-ikan kecil akan masuk dan disaring melalui insang.

Saat mulutnya terbuka, traveler tak akan menemukan taring di sana. Bahkan kelihatan tak memiliki gigi sama sekali. Padahal, hiu ini punya 3.000 gigi kecil.

Hal unik yang membuat hiu paus berbeda adalah totol-totol di tubuhnya. Totol-totol ini bukan cuma sekedar kulit tapi juga identitas. Karena ternyata pola totol-totol di tubuh hiu paus berbeda satu sama lain, seperti sidik jari manusia.

Habitat hiu paus ini berada di permukaan air makanya disebut sebagai ikan pelagis. Karena itu pula aktivitasnya cukup tinggi dengan selalu berenang untuk menjaga keseimbangan tubuh dengan air agar tidak tenggelam.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ada Hiu Paus Muncul di Perairan Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA