Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Okt 2021 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Ternyata, Hiu Paus Enggak Boleh Dikasih Makan Lho

bonauli
detikTravel
A divemaster can be used as scale to see the size of a pregnant female adult whale shark underwater
Ilustrasi whale shark (iStock)
Jakarta -

Viral video hiu paus diinjak-injak oleh pemuda demi konten menunjukkan rendahnya edukasi soal ikan terbesar di dunia itu. Termasuk, memberi makan hiu paus yang lumrah dilakukan oleh operator wisata.

Video itu menunjukkan pemilik akun TikTok Dandung Dany itu menginjak-injak hiu paus sembari memberi makan dengan ikan-ikan kecil. Padahal, hiu paus atau whale shark adalah hewan liar yang masuk dalam kategori dilindungi. Menyentuh hiu paus juga amat membahayakan, baik untuk orangnya atau buat si hiu paus.

Selain itu, video tersebut mengungkap gunung es persoalan wisata hiu paus. wisata hiu paus dibuka, tetapi tidak diikuti edukasi yang tepat.

Berkaca kepada Filipina yang lebih dulu mengembangkan wisata whale shark, banyak contoh dan kasus yang bisa dipelajari agar perlindungan whale shark berjalan dengan baik.

"Ada beberapa pelajaran yang bisa kita pelajari dari Filipina yaitu, whale shark bisa terkena luka fisik jika terlalu dekat dengan perahu. Bisa kena baling-baling atau badan kapal. Kemudian whale shark pasti stress dan bisa menyebabkan mereka mudah sakit karena turunnya imunitas," ujar Benaya Simeon, peneliti hiu dari Wildlife Conservation Society, sebuah perusahaan non-profit yang bergerak di bidang konservasi lingkungan hidup.

Benaya mengatakan bahwa kesadaran soal hiu paus di Indonesia masih kurang bagus. Tiap kali muncul hiu paus di suatu perairan, daerah tersebut akan langsung dijadikan tempat wisata whale shark.

"Padahal, pemahaman dan kesadarannya masih rendah banget," katanya dalam perbincangan dengan detikTravel.

Cara tercepat untuk memanggil hiu paus adalah dengan umpan ikan. Para nelayan biasanya akan mengumpan ikan-ikan kecil sehingga hiu paus muncul di permukaan.

"Dikasih makan terus juga enggak bagus, whale shark jadi ada di permukaan terus buat makan, itu enggak alami. Dia perlu nyelam lebih dalam untuk menyeimbangkan metabolismenya," kata dia.

Ya, hiu paus bisa menyelam lebih dari 1.000 meter di lautan. Sebagai ikan terbesar di dunia, hiu paus memang tidak hidup di permukaan perairan. Bayangkan, kalau mereka jadi sakit karena dipaksa untuk terus makan oleh manusia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ada Hiu Paus Muncul di Perairan Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA