Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Agu 2020 09:12 WIB

UGC-BRIDGE

Kondisi Geografis Pulau Papua Berdasarkan Peta Lengkap dengan Batasnya

Pasti Liberti Mappapa
detikTravel
Ilustrasi Pulau Papua
Ilustrasi kondisi geografis Pulau Papua berdasarkan peta (Foto: Google Maps)
Jakarta -

Pulau Papua merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Kondisi geografis Pulau Papua berdasarkan peta terletak di paling timur Indonesia. Terdapat dua negara yang menguasai pulau ini. Papua Nugini di bagian timur, dan Indonesia di bagian barat.

Dahulu Indonesia memberi nama Provinsi Irian Jaya untuk kawasan bagian barat Pulau Papua. Namun saat masuk era reformasi ada tuntutan mengganti nama Irian Jaya kembali menjadi Papua. Presiden Abdurrahman Wahid memenuhi permintaan itu. Dalam acara kunjungan resmi kenegaraan ke Jayapura, Gus Dur mengumumkan perubahan itu pada 1 Januari 2000.

Belakangan Indonesia membagi wilayahnya di pulau ini menjadi dua provinsi yakni Papua dan Papua Barat. Pulau Papua sangat terkenal kaya akan sumber daya mineral logam baik tembaga, emas, dan perak. Sejumlah perusahaan tambang raksasa melakukan eksplorasi di Pulau Papua baik di wilayah Indonesia maupun Papua Nugini.

Nah, berikut kondisi geografis Pulau Papua berdasarkan peta:

1. Letak astronomis Pulau Papua

Secara astronomis, Pulau Papua terletak di posisi 0º 20' Lintang Selatan (LS) sampai 10º 42' LS dan membentang dari 131º Bujur Timur (BT) hingga 151º BT.

2. Luas Pulau Papua

Pulau Papua yang memiliki luas 785,753 km2 ini didiami ratusan suku bangsa. Pulau ini juga terkenal dengan hutan hujan tropis yang menjadi rumah bagi puluhan ribu jenis flora dan ratusan tumbuhan endemik. Selain itu beragam hewan eksotis juga bisa dijumpai di pulau ini antara lain burung cendrawasih, kasuari, Kuskus scham-scham, dingiso, dan labi-labi moncong babi.

3. Batas Laut Pulau Papua

Sebelah timur : Laut Seram dan Laut Halmahera
Sebelah utara : Samudra Pasifik
Sebelah barat : Laut Solomon dan Laut Bismarck
Sebelah selatan : Laut Arafura dan Laut Coral

4. Gunung di Pulau Papua

Pulau Papua memiliki gunung tertinggi di Asia Tenggara bernama Puncak Jaya dengan ketinggian sekitar 4.884 meter. Selain itu terdapat gunung-gunung lain seperti:
- Puncak Mandala
- Puncak Trikora
- Puncak Ngga Pilimsit
- Puncak Yamin
- Gunung Ulawun
- Gunung Karewa
- Gunung Koranga
- Gunung Yelia

5. Sungai di Pulau Papua

Sejumlah sungai di Pulau Papua memiliki panjang lebih dari 1.100 km seperti Sungai Sepik dan Sungai Fly di Papua Nugini. Artinya panjang sungai tersebut hampir sama dengan jarak antara Pelabuhan Merak, Banten di barat Pulau Jawa sampai ke Pelabuhan Ketapang, Jawa Timur di ujung timur Pulau Jawa. Kondisi geografis Pulau Papua berdasarkan peta dengan kontur beragam mulai dari pegunungan, lembah, hutan, rawa sampai pantai dilewati sungai-sungai panjang tersebut. Beberapa sungai lainnya diantaranya:

-Sungai Mamberamo
-Sungai Digul
-Sungai Purari
-Sungai Baliem
-Sungai Keerom



Simak Video "Mantan PM Papua Nugini Ditangkap"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA