Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Agu 2020 12:02 WIB

UGC-BRIDGE

Dataran Tinggi yang Terdapat di Provinsi Sulawesi Selatan, Ini Daftarnya

Tim Detikcom
detikTravel
Hutan Pinus Malino di Tinggimoncong
Hutan pinus di Malino, salah dataran tinggi di Sulawesi Selatan (Foto: ANTARA FOTO)
Jakarta -

Provinsi Sulawesi Selatan memiliki luas sekitar 45 ribu km persegi memiliki sebanyak 7 gunung. Gunung tertinggi di provinsi ini adalah Gunung Rantemario dengan ketinggian 3.470 m diatas permukaan air laut. Gunung ini berdiri tegak di dataran tinggi di Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di perbatasan Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Luwu.

Selain dataran tinggi di Kabupaten Enrekang itu masih ada sejumlah dataran tinggi yang tersebar di sejumlah kabupaten. Untuk diketahui Provinsi Sulawesi Selatan meliputi 21 Kabupaten dan 3 Kota. Kabupaten terluas adalah Luwu Utara dengan luas 7.502,68 km persegi atau luas kabupaten tersebut merupakan 16,39 persen dari seluruh wilayah Sulawesi Selatan.

Berikut dataran tinggi yang terdapat di Provinsi Sulawesi Selatan:

1. Dataran tinggi Seko

Dataran tinggi Seko berada di bagian utara Provinsi Sulawesi Selatan. Kawasan ini masuk dalam wilayah Kabupaten Luwu Utara. Secara geografis Seko dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Seko Padang di bagian paling timur, Seko Tengah, dan Seko Lemo. Dataran tinggi ini tepat berada di tengah-tengah Pulau Sulawesi. Bagi para traveler, Seko merupakan sebuah "surga" yang tersembunyi. Wilayah pegunungan ini memiliki hamparan sabana sangat luas yang berpadu dengan bukit dan lembah.


2. Dataran tinggi Tinggimoncong atau Malino

Dataran tinggi Tinggimoncong terdapat di Kabupaten Gowa. Sering juga disebut dengan kawasan Malino. Malino terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Sulawesi Selatan. Selain itu daerah ini juga merupakan kawasan perkebunan.

Seperti yang dikutip dari laporan Kabupaten Gowa dalam Angka 2020, wilayah Kabupaten Gowa sebagian besar merupakan dataran tinggi yaitu sekitar 72,26 persen. Ada 9 wilayah kecamatan yang merupakan dataran tinggi yaitu Parangloe, Manuju, Tinggimoncong, Tombolo Pao, Parigi, Bungaya, Bontolempangan, Tompobulu dan Biringbulu.

3. Dataran tinggi Tana Toraja

Wilayah ini sekarang terbagi atas dua kabupaten yakni Tana Toraja dan Toraja Utara. Toraja merupakan salah satu destinasi wisata utama di Sulsel. Wilayah ini terkenal dengan budaya unik dipadu dengan keindahan alam yang memesona para traveler. Selain wisata, dataran tinggi Toraja juga masyhur sebagai kawasan penghasil kopi dengan kualitas terbaik.

4. Dataran tinggi Enrekang

Dataran tinggi Enrekang termasuk salah satu dataran tinggi yang terdapat di Provinsi Sulawesi Selatan. Kawasan ini berada di sebelah selatan dataran tinggi Tana Toraja dan juga berbatasan dengan dataran tinggi Luwu. Pada dataran tinggi ini berdiri Gunung Rantemario.

Tonton video 'Menteri LHK: 29 Taman Nasional dan Wisata Alam Dibuka Bertahap':

[Gambas:Video 20detik]



(pal/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA