Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Nov 2020 15:10 WIB

UGC-BRIDGE

Tarian Daerah 34 Provinsi Asli Indonesia dan Maknanya

Tim Detikcom
detikTravel
Penari menampilkan atraksi tarian Caci di desa wisata Liang Ndara, Manggarai Barat, NTT, Minggu (19/7/2020). Yuk kita lihat aksi mereka.
Tarian daerah 34 provinsi asli Indonesia beragam jenisnya. Salah satunya tari Caci dari Nusa Tenggara Timur (Foto: Antara Foto/Kornelis Kaha)
Jakarta -

Indonesia kaya akan seni budaya termasuk seni tari. Tarian daerah dari 34 provinsi di Indonesia memiliki proses penciptaan yang beragam, tapi semuanya kaya akan makna dan nilai-nilai filosofis.

Tari-tarian ini memiliki gerakan yang beragam. Ada yang lembut seperti beberapa tarian di Jawa Tengah. Namun, ada juga yang terdiri dari gerakan cepat dan dinamis.

Berikut tarian daerah dari 34 provinsi asli Indonesia dan maknanya:

1. Nanggroe Aceh Darussalam

Aceh punya tarian terkenal bernama tari Seudati. Tarian ini dibawakan secara berkelompok oleh 8 orang penari laki-laki atau lebih. Seperti yang dikutip dari situs web Institut Seni Budaya Indonesia Aceh, tarian ini diperkirakan tercipta sejak masuknya agama Islam ke Aceh.

Seudati tidak menggunakan alat musk melainkan diiringi lantunan syair serta tepukan ke dada dan pinggul penari, hentakan kaki, dan jari. Tari Seudati berasal dari kata Syahadat, yang berarti saksi/bersaksi/ pengakuan terhadap Tiada Tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad utusan Allah.

Selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa kata Seudati berasal dari kata seurasi yang berarti harmonis atau kompak. Tarian ini bermakna sebagai media dakwah untuk mengembangkan ajaran agama Islam.

Tarian Seudati dari AcehTarian Seudati dari Aceh Foto: (dok. Disbudpar Aceh)


2. Sumatera Utara

Salah satu tarian paling populer dari provinsi Sumatera Utara yakni tari Tor-tor. Tortor merupakan tarian seremonial yang disajikan bersamaan dengan penyajian musik gondang. Seperti yang dikutip dari situs web Kemendikbud, Tor-tor memiliki makna yaitu sebagai penyemangat jiwa, seperti makanan untuk jiwa dan sebagai penghibur.

tari tor torTari tor tor Foto: shutterstock

3. Riau

Tari Zapin Api merupakan salah satu tarian daerah dari Provinsi Riau yang penuh magis dan mistik. Pasalnya, penarinya bergoyang di tengah bara api tanpa kesakitan. Sajian tarian ini hanya ada di Pulau Rupat Utara, Bengkalis, Riau.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA