Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Apr 2021 13:40 WIB

UGC-BRIDGE

Pantai Legon Pari Banten yang Mempesona

detikTravel
Suasana pagi hari sebelum matahari terbit
Jakarta -

Pantai Legon Pari, mungkin terdengar asing di kalangan masyarakat bukan? Pantai ini terletak di pesisir Sawarna Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Jarak dari Jakarta menuju Pantai Legon Pari berkisar antara 175,9 KM jika menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil.

Dalam perjalanan, kita akan disuguhkan pemandangan yang indah jika melewati jalur Cikidang. Nama Legon Pari sendiri merupakan asal kata dari ngelagon dalam bahasa sunda yang berarti menjorok ke daratan atau teluk, sedangkan Pari dinamakan karena dahulu terdapat banyak sekali ikan pari yang dapat ditemukan di pantai ini sendiri.

Pantai Legon Pari sendiri masih terbilang perawan atau jarang ada yang tahu, akses menuju pantai sendiri hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua karena menyeberangi jembatan setapak yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Jika ingin menggunakan kendaraan mobil akan diarahkan untuk parkir di area pemancingan warga dan selanjutnya bisa jalan kaki menuju pantai yang akan memakan waktu sekitar 45 menit, tetapi itu pasti sangat melelahkan karena jarak dari parkiran ke pantai legon pari terbilang jauh.

Beruntungnya masyarakat sekitar menawarkan jasa ojek jika berminat diantarkan sampai pantai. Untuk harga tiket masuk sebenarnya masih seikhlasnya, namun untuk harga jasa ojek berkisar Rp 10.000 - Rp 25.000.

Berbicara tentang pantai ini sendiri, Pantai Legon Pari mempunyai pasir yang bersih dan air yang jernih membuat pengunjung betah ingin berlama-lama menikmati pemandangan yang indah. Pasir putih dan derai ombak yang membuat pengunjung ingin berlari-larian di Pantai Legon Pari.

Di saat pagi hari atau sunrise. Pada saat pagi hari nelayan akan pulang setelah melaut di malam hari, saat itu juga banyak masyarakat sekitar yang membantu mendorong kapal ke tepian pantai untuk menghitung hasil tangkapan ikan. Untuk harga makanan di warung terbilang relatif murah dan tidak ada permainan harga di sini karena warga lokal sangat ramah dan menyambut dengan baik pengunjung yang datang.

Untuk penginapan di Pantai Legon Pari ini terdapat warga lokal yang menyediakan, namun jika ingin berhemat disarankan menginap di warung. Untuk fasilitas terdapat toilet (terpisah), colokan kabel, kasur, bantal dan selimut yang terdapat di bilik warung warga lokal. Untuk harga penginapan di warung masih terbilang gratis yang penting membeli makanan dan minuman dari warung tersebut.

(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA